Cara Backup iPhone

Cara Backup iPhone Kamu Dengan 2 Langkah Mudah

Cara Backup iPhone Kamu Dengan 2 Langkah Mudah – Walaupun saat ini smartphone selalu ada di samping kita dan selalu ada disaat kita membutuhkannya. Namun, hal hal yang tidak bisa kita duga bisa saja terjadi misalnya hilang, dicuri, atau rusak. 

Kamu memang bisa dengan mudah mengganti smartphone tersebut dengan satu yang baru. Namun apakah kamu yakin informasi apa pun di ponselmu seperti foto, rekaman, dokumen, atau data aplikasi yang disimpan akan kembali? Bahkan sesuatu yang sederhana seperti memperbarui sistem operasi dapat mengubah smartphone mahalmu menjadi kembali menjadi silikon, kaca, dan logam loh.

Hal itu tentunya bisa dihindari dengan cara rutin mencadangkan iPhone yang kamu miliki. Sehingga ketika kamu mendapatkan ponsel baru, kamu mungkin dapat mengunggah file yang disimpan ke perangkat baru dan mengunggah data data seperti ponsel lamamu. Dengan catatan “selama kamu membackup data data yang ada”. 

Untuk pengguna iPhone, kamu memiliki dua opsi backup yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Ada 2 Cara Backup iPhone yang pasti bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya. Yang pertama adalah dengan menyimpan cadangan ke komputer. Dan Cara Backup iPhone yang kedua adalah mencadangkannya ke akun iCloud. Yuk kita simak penjelasannya masing masing

Cara Backup iPhone Dengan Komputer

Berikut adalah cara backup iPhone dengan menggunakan komputer.

  1. Langkah pertama adalah sambungkan iPhone kamu ke Mac yang kamu miliki. Jika perangkatmu menjalankan MacOS 10.14 Mojave atau sistem yang lebih lama, Kamu harus membuka iTunes untuk mengakses ponselmu. Jika Laptopmu memiliki MacOS 10.15 atau yang lebih baru, kamu bisa menemukan ponsel melalui fitur Finder yang ada pada bagian bawah layar.
  2. Jika sebuah pesan meminta kode sandi perangkat atau Percayai Komputer Ini di ponsel atau komputer, ikuti langkah-langkah yang di tampilkan di layar. (Tenang saja, Apple memiliki sumber daya dukungan jika Anda lupa kode sandimu )
  3. Temukan perangkatmu di komputer (jika tidak muncul secara otomatis, gunakan petunjuk ini untuk menemukannya).
  4. Jika kamu memiliki informasi sensitif dalam bentuk apa pun, terutama informasi keuangan atau kesehatan, ada baiknya kamu mengenkripsi backup yang kamu lakukan demi keamanan. (Jika kamu tidak ingin mengenkripsi informasi itu, kamu bisa melewati langkah ini.)
  5. Bahkan jika kamu tidak memilih untuk mengenkripsi cadangan ini, telepon akan memperbarui aplikasi dan OSmu sebelum melakukan transfer konten.
  6. Klik Back Up Now dan tunggu kontennya ditransfer.
Baca Juga  3 Langkah Mudah Menghindari Plagiarisme dengan Alat Parafrase Online

Dan untuk pengguna Windows harus menggunakan perangkat lunak iTunes Apple untuk mencadangkan iPhone kamu . Klik iPhone pada jendela iTunes, dan klik Ringkasan. Kemudian klik Cadangkan Sekarang, dan kamu akan memiliki opsi untuk mengenkripsi cadangan tersebut.

Cara Backup iPhone Dengan iCloud

Cara Backup iPhone Dengan iCloud

Selain menggunakan Komputer, seperti disebutkan diatas, kamu juga bisa membackup iPhone secara online menggunakan akun iCloud . Berikut ini adalah Cara Backup iPhone Dengan iCloud:

  1. Hubungkan perangkat yang kamu miliki ke jaringan WiFi.
  2. Di System Preferences, ketuk opsi dengan nama kamu di bagian atas layar.
  3. Klik iCloud, lalu Cadangan iCloud.
  4. Klik Cadangkan Sekarang.

Yang perlu kamu perhatikan adalah melihat dan menghitung jumlah penyimpanan yang kamu miliki di akun iCloud akan menunjukkan dan membatasi seberapa banyak kamu bisa membackup data yang kamu miliki.

Sederhananya jika kamu memiliki akun 5 GB gratis sementara iPhone 256 GB, tentunya kamu harus membayar lebih banyak penyimpanan atau menggunakan opsi pertama yaitu mencadangkan data ke komputer. Bedanya, Tidak seperti backup yang ada pada komputer, semua cadangan iPhone ke iCloud sepenuhnya dienkripsi untuk keamanan.

Selain dengan menggunakan kedua langkah diatas, kamu sebenarnya juga memiliki opsi lainnya yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti

Ada juga solusi perangkat lunak pihak ketiga untuk membantu pencadangan Windows dan Mac, seperti Acronis True Image , iMazing , atau Dr.Fone . Aplikasi pihak ketiga mungkin menawarkan opsi pencadangan tambahan, termasuk kemampuan untuk memilih lokasi pencadangan dan memilih bagian cadangan yang akan dipulihkan.

Namun apapun Cara Backup iPhone yang akan kamu pilih akan lebih baik dan lebih aman pada saat kamu mengalami hal-hal yang tidak pernah kamu inginkan. Jadi mau pilih cara yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.