Ini Cara Mengedit Video YouTube Anda dengan Mudah
Ini Cara Mengedit Video YouTube Anda dengan Mudah

Simak Cara Mengedit Video YouTube Anda dengan Mudah

Bloggers.id – Setelah Anda merekam video, maka sekarang saatnya untuk mulai mengedit. Dengan pengeditan, Anda dapat menggunakan video yang biasa-biasa saja, namun mampu mengubahnya menjadi sesuatu yang benar-benar luar biasa dan terlihat profesional. Saat Anda masuk ke zona pengeditan, Anda juga pasti ingin segera mengedit hal yang menarik.

Tapi pertanyaannya, platform apa yang akan Anda gunakan untuk mengedit? Anda tentu menginginkan platform yang sederhana untuk dipahami dan dioperasikan tanpa membuat kewalahan.

Satu tempat di mana Anda dapat langsung mulai mengedit adalah di YouTube!

Cara Mengedit Video YouTube Anda dengan Mudah

Saat ini, Youtube merupakan tempat paling populer untuk konten video, dan banyak saluran terpopulernya juga menggunakannya untuk menghasilkan video yang spektakuler. Ini karena YouTube menawarkan sumber daya pembuatan dan pengeditan video yang hebat, yang disebut YouTube Studio, yang terintegrasi dengan alat efektif yang memberi Anda banyak opsi dalam satu aplikasi.

Jika Anda seorang pemula dalam mengedit, ini adalah cara yang tepat untuk mempelajari bagaimana teknik pengeditan dasar yang cocok supaya menghasilkan produk video yang lebih hebat.

Terus baca artikel ini dan Anda akan dapat membuat film seperti seorang profesional dalam waktu singkat!

Bagaimana Saya Menggunakan Penyunting Video YouTube?

Cara Mengedit Video YouTube menggunakan youtube studio

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengedit video Anda menggunakan YouTube Studio:

Langkah 1: Masuk ke YouTube Studio

Pertama, masuk ke YouTube Studio menggunakan akun Google Anda.

Setelah masuk, pergi ke sidebar di sebelah kiri.

Langkah 2: Unggah Video

Di sidebar, Anda akan menemukan opsi “Konten”, kemudian klik.

Di bawah “Video” di bagian Konten Saluran, klik ikon “Unggah” untuk mengunggah video pilihan Anda.

Baca Juga  Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot

Pilih video dari perangkat yang Anda gunakan.

Dalam beberapa menit, video akan diunggah ke platform.

Langkah 3: Buka Editor

Setelah video diunggah, di sidebar, klik opsi “Editor” yang tersedia untuk Anda di sidebar.

Langkah 4: Pangkas Video Anda

Untuk memangkas video Anda di awal dan akhir, klik opsi “Potong.” Ini akan tersedia tepat di atas panel timeline video.

Setelah Anda memilih “Potong”, kotak biru akan terlihat di timeline video.

Seret kotak dan potong bagian awal dan akhir yang tidak ingin Anda masukan dalam video.

Untuk melihat hasil edit, klik opsi “Pratinjau”.

Jika Anda senang dengan hasil editnya, klik ikon “Simpan”.

Untuk menghapus bagian tertentu dari tengah video Anda, pilih opsi “Potong” lagi.

Di panel timeline Anda, klik titik awal klip yang ingin Anda hapus. Klik “Split” setelah Anda menetapkan poinnya.

Kemudian, klik pada titik akhir dari klip yang sama yang ingin Anda hapus dan klik “Split” lagi.

Terakhir, klik pada sorotan biru di kedua ujung klip. Anda akan dapat menarik dan memindahkan klip yang akan dihapus.

Seret klip ke sisi lain timeline untuk memangkasnya dari video Anda.

Klik opsi “Pratinjau” untuk melihat tampilan hasil edit Anda. Klik “Simpan” setelah Anda selesai.

Langkah 5: Tambahkan Layar Akhir

Menambahkan “Layar Akhir” ke video adalah salah cara yang jitu untuk membuat viewer tetap berada di channel Anda dan juga menjelajahi konten YouTube Anda lainnya.

Fitur YouTube tersebut dikenal dengan istilah “End Screen” atau layar akhir.

Di editor video YouTube, opsi akan muncul di kiri bawah timeline video Anda. Klik dan pilih apa yang Anda ingin lakukan – Anda dapat memiliki video terkait, daftar putar, atau meminta pemirsa untuk berlangganan saluran Anda dan lainnya di akhir video Anda.

Anda juga memiliki opsi untuk mengunggah template layar akhir yang ada. Untuk melakukannya, pilih opsi “Terapkan Template” pada menu.

Alur Kerja Pengeditan Video

Alur Kerja Pengeditan Video Cara Mengedit Video YouTube

Anda dapat menggunakan penyunting video youtube online. Namun, penting untuk memiliki alur kerja yang akan membuat semuanya berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Baca Juga  Bagaimana Cara Blog Menghasilkan Uang ?

Alur kerja pengeditan adalah daftar langkah-langkah yang harus Anda ambil saat mengedit beserta serangkaian urutan penyelesaiannya. Ini adalah langkah dasar dalam tahap editing yang baik, dan terdapat berbagai cara untuk melakukannya.

Berikut adalah alur kerja yang umum digunakan untuk membantu Anda melakukan proses pengeditan dengan baik:

Impor rekaman Anda

Sederhananya, proses ini melibatkan Anda mentransfer rekaman video Anda dari perangkat yang Anda gunakan untuk merekam konten Anda, baik itu smartphone atau kamera profesional, ke perangkat tempat Anda akan mengedit rekaman Anda. Colokkan perangkat Anda ke komputer Anda dan unduh klip ke hard drive-nya.

Atur Materi Anda

Setelah Anda mengimpor klip, kami sarankan untuk melihatnya sekali lagi sebelum mulai mengedit. Untuk menjaga semuanya tetap bagus dan teratur, kami sarankan untuk mengganti namanya, sehingga terlihat jelas (dan bukan hanya saat Anda mengedit).

Beberapa program memungkinkan Anda mengganti nama klip dengan warna yang berbeda atau membiarkan audio disortir ke dalam tempat sampah terpisah. Tetapi jika milik Anda tidak terdapat fungsi tersebut, jangan khawatir. Anda tingga membuat folder baru di suatu tempat di komputer Anda yang mudah dijangkau.

Sama seperti koki mana pun yang tahu bahwa setiap bahan makanan diukur dan disiapkan dengan benar adalah faktor penting untuk membuat hidangan yang enak, sebuah editor video yang bekerja dengan file yang berantakan atau tanpa memikirkan struktur proyek mereka sebelumnya, dapat hilang dengan mudah

Kumpulkan Rekaman Anda

Mulailah dengan memutuskan klip mana yang akan Anda gunakan dalam pengeditan Anda. Selanjutnya, pilih atau buat ‘Trim’ dari tempat Anda ingin klip dimulai atau diakhiri. Anda dapat melakukan ini dengan memotong bagian klip yang tidak diperlukan. Misalnya, potong bagian awal jika terlalu panjang atau potong bagian akhir jika Anda rasa materi videonya tidak berhubungan.

Jika perlu, pindahkan dan atur ulang klip Anda ke dalam urutan yang benar. Terus lakukan ini hingga menyusun potongan terakhir video Anda!

Baca Juga  Merk Tripod yang bagus untuk kegiatan vlogging

Pertahankan Pengeditan yang Rapi

Periksa setiap adegan video Anda dengan cermat dan pastikan waktunya tepat. Jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak seimbang, cobalah untuk memotongnya lebih pendek atau membuatnya lebih panjang.

Ingatlah bahwa Roma tidak dibangun dalam sehari, jadi jangan mengharapkan kesempurnaan dari waktu editan video yang cepat. Pastikan Anda terus memeriksa semuanya sampai Anda merasa semuanya sesuai dengan rencana dan layak untuk ditonton.

Koreksi Warna

Tergantung pada proyek Anda atau cara Anda memotret, Anda mungkin ingin menggunakan aplikasi pembuat video yang dapat membantu Anda dalam mengedit atau mengoreksi warna sesuai kebutuhan Anda. Hal ini akan membantu Anda memasukkan efek gaya apa pun seperti keseimbangan warna putih (White balance), kesesuaian warna di antara klip, serta gradasi warna yang kreatif.

Membuat Keunikan

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan transisi, judul, grafik, dan efek yang unik untuk video Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa alat seperti penstabil video atau penggeser audio. Anda juga dapat menyertakan soundtrack musik favorit Anda serta efek suara untuk membantu menyatukan gambar.

Sesuaikan Volume Anda

Pastikan volumenya merata di seluruh trek. Jika Anda perlu, naikkan atau turunkan musik, dialog, atau sulih suara apa pun dalam proyek Anda, buatlah seimbang. Hal tersebut dapat memastikan bahwa bagian terpenting dari video Anda, pesan Anda, terdengar dengan jelas.

Ekspor dan Unggah

Luangkan waktu beberapa jam untuk meninjau video dan catatan Anda. Perhatikan kesalahan yang mungkin Anda lewatkan selama pengeditan. Lakukan modifikasi atau peningkatan yang Anda anggap tepat. Setelah Anda siap, ekspor video dalam format video yang Anda butuhkan dan unggah!

Siap Menaklukan Dunia

Membuat konten video di editor video YouTube, YouTube Studio, memang menyenangkan. Luangkan waktu yang Anda butuhkan untuk memahami apa yang berhasil untuk konten Anda, buat gaya pengeditan unik Anda, dan saksikan pemirsa Anda bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page