Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap Wajib Dipahami Designer Grafis

Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap Wajib Dipahami

Perbedaan Bitmap dan Vektor Ini Harus Terlihat Desainer Grafis – Siapa nih yang suka utak atik atau membuat desain untuk kartu ucapan, banner atau twibbon? tentunya jika kalian sedang atau baru saja memulai dunia design grafis perlu mengetahui gambar yang biasa kita gunakan pada desain grafis yang berasal dari internet terdiri dari dua tipe yaitu Bitmap dan Vektor.

Sobat bloggers yang memiliki hobi membuat desain gambar digital mungkin sudah mengetahui kedua istilah gambar tersebut. Namun, mungkin beberapa sobat bloggers juga masih awam dengan 2 tipe gambar yang yang sering kita temukan ini.

Kali ini bloggers akan memberikan informasi mengenai Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap. Hal ini cukup penting karena dengan mengetahui perbedaannya, kalian akan bisa menghasilkan kualitas gambar yang terbaik untuk baik untuk dibagikan di media sosial maupun untuk dicetak.

Namun sebelumnya, yuk kita bahas terlebih dahulu pengertian atau definisi bitmap dan vektor itu sendiri.

Pengertian Bitmap dan Vektor

Pengertian Bitmap

Bitmap (Raster) adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik yang diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna.

Pengertian Vektor

Gambar vektor adalah format file grafis berdasarkan ekspresi matematika komputer yang terdiri dari titik (point), garis (line), dan bentuk (shape). Gambar vektor juga punya istilah yang biasa disebut dengan point.

Maksudnya adalah setiap titik (node) yang saling bersambung untuk membuat bentuk-bentuk tertentu. Poin tersebut bisa ditambahkan, dihapus, atau dipindahkan jalurnya untuk membuat bentuk-bentuk tertentu sesuai keinginan.

Baca Juga  6 Aplikasi Editor Video YouTube Terbaik Untuk Android 2022

Nah itulah pengertian dari Bitmap dan Vektor. Selanjutnya berikut ini adalah Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap

Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap

Susunan Gambar

Gambar bitmap tersusun dari titik-titik berwarna (pixel) dalam suatu grid, sedangkan Gambar vektor tersusun dari titik, garis, dan bentuk.

Resolusi Gambar

Gambar bitmap memiliki resolusi tetap, sehingga apabila gambar bitmap diperbesar melebihi kualitas gambarnya, gambar tersebut akan pecah. Sedangkan gambar vektor memiliki resolusi yang fleksibel, sehingga diperbesar beberapa kali dari ukuran aslinya, kualitas gambar vektor tidak akan pecah.

Pixel

Piksel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada Gambar bitmap dipengaruhi oleh pixel, sedangkan Gambar vektor tidak terpengaruh pixel.

Format File

Gambar bitmap memiliki format file diantaranya: JPG, JPEG, PNG, GIF, TIFF, dsb, sedangkan Gambar vektor memiliki format file: AI (untuk Adobe Ilustrator), CDR (Untuk Corel Draw), dll

Ukuran Gambar

Untuk masalah ukuran, Gambar bitmap cenderung memiliki ukuran atau ukuran yang lebih besar, sedangkan. Gambar vektor cenderung memiliki ukuran atau ukuran yang lebih kecil.

Fungsi

Gambar bitmap biasanya digunakan untuk gambar yang memiliki desain yang kompleks dan memiliki banyak varian warna, seperti foto, fotografi, dll, sedangkan Gambar vektor biasanya digunakan untuk gambar yang lebih sederhana dan varians lebih sedikit, seperti desain logo, banner, brosur, pamflet, karakter kartun, desain twibbon dan sebagainya.

Nah, sob itulah beberapa Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap Wajib Dipahami Designer Grafis. Dengan mengetahui hal tersbut, kalian bisa dengan mudah membuat desain yang maksimal untuk kalian bagikan ataupun kalian cetak. Semoga bermanfaat sob.

Baca Juga  2 Cara Mendapatkan Blog Zombie Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published.