Jenis Digital Marketing

Jenis Digital Marketing yang dapat diterapkan pada Bisnis

Jenis Digital Marketing yang dapat diterapkan pada Bisnis – Pada artikel sebelumnya kita sudah terlebih dahulu membahas mengenai pengertian Digital Marketing dan Anda sudah sedikit banyak mengetahui apa yang dimaksud dengan digital marketing? Dan Anda juga sudah mengetahui kelebihan digital marketing. Setelah mengetahui dan menyadari pentingnya digital marketing, tentunya Anda akan tertarik untuk mencoba digital marketing pada bisnis Anda. Namun Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu Jenis Digital Marketing. Sehingga Anda dapat dengan mudah menentukan jenis digital marketing apa yang memang cocok diterapkan pada bisnis yang dikelola.

Ada beberapa jenis digital marketing pada saat ini. Dari jenis tersebut memiliki pola yang berbeda dan cara yang berbeda untuk mengelolanya. Anda harus mengetahui jenis-jenisnya dengan baik. Setelah mengetahuinya, selanjutnya Anda akan dapat menerapkannya secara langsung pada bisnis yang dijalankan. Jenis digital marketing tersebut antara lain

Baca Juga: 5 Aplikasi Android untuk mengelola Bisnis Online wajib dimiliki!

Jenis Digital Marketing yang dapat Anda terapkan

1# Website

Pada dunia internet, Website bisa dikatakan sebagai rumah, kantor dan lahan yang Anda miliki di Dunia maya. Dalam website yang Anda miliki terdapat semua informasi yang ada mengenai bisnis Anda. Website Anda akan menampilkan semua informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan seperti Alamat, produk dan layanan yang Anda tawarkan, Nomor Kontak Bisnis Anda sampai dengan harga yang Anda tetapkan. Dengan website pelanggan akan dengan mudah mengetahui informasi bisnis Anda. Sehingga, tidaj diragukan lagi, website adalah yang paling penting dalam dunia digital.

Baca Juga: Daftarkan Usaha di Google My Bussines tingkatkan penjualan

Jika Anda akan membuat website, hal yang harus diperhatikan adalah tujuan. Website yang Anda buat harus memiliki tujuan baik sebagai profil perusahaan, penyedia katalog produk atau layanan, toko online atau e-commerce. Website berperan besar dalam menunjukkan profesionalisme bisnis Anda. Konsumen akan dengan mudah mengetahui profil bisnis yang Anda kelola, sehingga tampilan website pun harus professional juga. Website adalah muka bisnis Anda di dunia digital. Sehingga tak mengherankan Jika banyak perusahaan besar yang berani menginvestasikan dana pemasarannya bahkan sampai menghabiskan milyaran rupiah untuk hal ini. Memiliki website dengan tampilan yang menarik, responsif, dan mudah digunakan oleh pengguna internet memang menjadi hal yang krusial dalam Digital Marketing.

Baca Juga  Tren SEO Digital Marketing Populer untuk sukses 2021

2# Search Engine Marketing

Website dengan tampilan yang baik merupakan langkah pertama perjalanan bisnis Anda di dunia digital. Namun hal tersebut belumlah cukup dalam mempromosikan bisnis Anda disini. Kita ibaratkan dengan sebuah toko dengan bangunan yang sangat bagus, bersih, rapi dan menawarkan barang yang lengkap, namun tidak ada yang mengetahui keberadaannya. Oleh karena itu, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan agar website Anda “terlihat”. Dan hal ini berkaitan dengan mesin pencari (Search Engine). Ada 2 hal yang dapat Anda lakukan agar website Anda ditemukan oleh mesin pencari yaitu dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Lantas apa perbedaan SEO dan SEM?

Baca Juga: 5 cara menjalankan bisnis online selama masa pandemi

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu aktivitas untuk mendatangkan traffic secara gratis dan organic. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara mengoptimasi SEO off page maupun SEO on page. Dalam bahasa singkatnya, Anda harus mengoptimalkan website Anda agar direkomendasikan oleh mesin pencari dalam hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Sehingga website Anda akan mendapatkan pengunjung atau traffic yang organik. Berbeda dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing) adalah pilihan berbayar untuk mendatangkan pengunjung website atau traffic dalam waktu singkat, sesuai dengan budget yang sebelumnya Anda tetapkan. Anda dapat menggunakan layanan periklanan dari jasa periklanan seperti Adword, Facebook Ads, Instagram Ads atau jasa periklanan digital lainnya. Selain itu Anda dapat mengkombinasikan SEO dan SEM untuk memperoleh hasil yang maksimal.

3# Social Media Marketing

Berdasarkan riset pengguna Social Media aktif yang ada di Indonesia pada tahun 2019 mencapai jumlah 150 juta orang. Akun media sosial yang ada tidak hanya dimiliki oleh perseorangan. Saat ini, bahkan akun media sosial yang mewakili bisnis pun mudah sekali dijumpai di beranda media sosial.Platform media sosial  seperti Facebook, Twitter, Instagram serta media sosial lainnya memang sangat menjanjikan belakangan ini.  Hal ini karena jumlah pengguna aktifnya adalah target pasar yang sangat menjanjikan. Oleh karena itu diperlukan strategi Sosial Media Marketing yang mumpuni.

Baca Juga  Kelebihan Dan Kekurangan Google Classroom

Baca Juga: Cara Pasang Iklan Mobil Bekas Di Olx

Walaupun Anda dapat memasarkan produk dengan gratis melalui platform media sosial, namun sebagai pelaku bisnis, Anda pastinya menyadari bahwa bukan Anda sendiri yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk. Ada banyak competitor di dunia digital yang memasarkan berbagai produk seperti fashion, makanan, produk kecantikan, dan lain sebagainya.  Anda harus memanfaatkan platform sosial media sebagai tools digital marketing dengan professional. Hal ini dapat dilakukan dengan manajemen yang professional. Anda tidak bisa sembarangan dan asal-asalan dalam hal ini. Dengan mengelola sosial media secara professional, membuat konten yang menarik dapat mengkomunikasikan apa yang Anda taawarkan kepada masyarakat dan dapat menarik mereka untuk menggunakan produk dan layanan yang Anda tawarkan serta memenangkan kompetisi dalam ha ini. Anda juga dapat membuat landing page untuk memulai kampanye berbayar yang dapat menjaring target market Anda di sosial media.

4# Online Advertising

Promosi online dengan menggunakan media promosi dan konten yang menarik akan dapat menarik konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan mengeluarkan dana yang lebih mahal, Anda akan dapat mendapatkan konsumen dengan lebih cepat dan memuaskan. Hal ini lebih efektif daripada jenis yang disebutkan sebelumnya.

Baca Juga: 1o Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

5# Email Marketing

Pemanfaatan email atau surat elektronik (surel) juga salah satu langkah yang baik untuk digital marketing pada bisnis Anda. Seperti yang kita ketahui saat ini, hampir setiap orang memiliki dan menggunakan smartphone. Dan smartphone sendiri harus dikoneksikan dengan email atau surel agar dapat berfungsi dengan baik. Tentunya hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memberitahukan informasi terbaru dari produk dan layanan yang Anda tawarkan. Atau memberitahukan mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk dan jasa terbaru dari bisnis Anda.

Baca Juga  2 Cara Mendapatkan Blog Zombie Dengan Mudah

6# Video Marketing

Konten promosi saat ini sangat bervariasi, salah satunya adalah dengan menggunakan video. Dengan video,  Anda dapat menjelaskan profil bisnis Anda kepada konsumen. Anda juga dapat menjelaskan produk ataupun cara menggunakan produk serta layanan yang ada pada bisnis Anda. Saat ini banyak sekali platform yang digunakan untuk kampanye digital marketing dengan menggunakan video yang dimanfaatkan seperti Youtube, Facebook dan Instagram bahkan saat ini mulai merambah platform berbagi video yang sedang viral yaitu Tik-tok.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis digital marketing yang dapat Anda gunakan pada bisnis Anda. Dengan ini diharapkan, Anda dapat memilih dengan baik, jenis manakah yang cocok dan dapat diterapkan dengan baik pada bisnis yang Anda kelola. Nah, pada artikel berikutnya kita akan membahas tentang Bagaimana cara memulai digital marketing pada bisnis. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *