Cara Rekam Layar Windows 11, Mudah Banget!

Cara Rekam Layar Windows 11, Mudah Banget!

Cara Rekam Layar Windows 11, Mudah Banget! Hampir semua sistem operasi memiliki kemampuan bagi pengguna untuk screenshot apa pun yang ada di layar mereka, dan Windows 11 tidak berbeda. Tetapi tangkapan layar hanya menangkap gambar statis. Hal ini berarti bahwa jika kamu ingin menunjukkan kepada seseorang bagaimana melakukan sesuatu di komputer, kamu harus mengambil tangkapan layar satu per satu untuk mendokumentasikan prosesnya.

Dari situ, proses perekaman layar akan sangat berguna, di mana pengguna dapat merekam apa yang terjadi di layar mereka sehingga orang lain akan dapat melihatnya dan mengikutinya alih-alih melihat deretan gambar statis satu persatu.

Nah sobat bloggers, ada kabar baik nih buat kamu pengguna Windows 11. Ketika kamu ingin tahu cara membuat rekaman layar di Windows 11, itu sebenarnya sangat mudah dan Microsoft telah memasukkan fitur ke dalam OS itu sendiri. Hal ini berarti bahwa kamu tidak perlu lagi bergantung pada aplikasi pihak ketiga untuk membuatnya. Lalu bagaimana Cara Rekam Layar Windows? Berikut ini adalah yang perlu kamu lakukan untuk menangkap rekaman layar di Windows 11.

Cara Rekam Layar Windows 11

  1. Langkah pertama adalah dengan menekan Tombol Windows + G pada keyboard untuk memunculkan Xbox Game Bar (Fitur ini ada pada Windows 11).
  2. Klik pada tab Capture
  3. Lalu Klik ikon dengan lingkaran putih solid kecil di tengah untuk mulai merekam
  4. Jika kamu ingin menyertakan suara Saat merekam layar, pastikan untuk mengklik ikon mikrofon di sebelahnya untuk membunyikan mikrofon komputermu.
  5. Setelah perekaman dimulai, kamu akan melihat tab kecil di sebelah kanan layar dengan runtime
  6. Setelah selesai merekam, tekan tombol stop pada overlay
  7. Untuk membuka lokasi tempat rekaman kamu disimpan, tekan Windows + G untuk memunculkan overlay Xbox Game Bar lagi
  8. Di bawah pilihan Capture, klik “See my captures
  9. Jendela baru akan muncul yang menunjukkan semua tangkapan layar dan rekaman kamu sob.
  10. Atau, kamu juga bisa langsung masuk ke folder yang default ke C:\Users\<y name>\Videos\Captures
Baca Juga  Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing?

Perekaman layar akan disimpan sebagai file MP4 yang berarti kamu seharusnya bisa membukanya menggunakan hampir semua pemutar video atau mengeditnya menggunakan perangkat lunak pengeditan video apa pun.

Hal ini sangat berguna untuk membuat konten Youtube shorts, Instagram reels atau Video Tiktok dengan genre Tutorial. Plus, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan yang akan membebani Laptop atau PC kamu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.