8 Tips Pinterest ramah pencarian Untuk Traffic Situs

8 Tips Pinterest ramah pencarian Untuk Traffic Situs

8 Tips Pinterest ramah pencarian Untuk Traffic Situs-  Apakah Anda Ingin meningkatkan lalu lintas situs yang bersumber dari akun Pinterest Anda? Jika iya, Anda berada pada artikel yang tepat, Kali ini bloggers akan mengulas cara mengoptimalkan akun pinterest Anda sebagai salah satu strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan traffic situs yang Anda Kelola dengan 8 Tips Pinterest ramah pencarian

Setiap pin yang Anda buat memiliki potensi ditemukan oleh ribuan pengguna Pinterest dan menciptakan reaksi berantai. Google sendiri menyukai platform Pinterest dan menempatkan halaman pinterest di posisi teratas. Termasuk fitur SERP pada pencarian Gambar Google bahkan beberapa pencarian artikel.

Dengan Menautkan akun Pinterest dan situs web Anda bersama-sama bisa membuat kinerja SEO situs menjadi  lebih baik. Selain itu, dengan menggunakan dasbor Pinterest Analytics akan dapat membantu Anda memahami kinerja akun pinterest atau situs yang dikelola. Untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan riset kata kunci pada niche Anda untuk mengoptimalkan pin dan papan dengan menggunakan frasa kunci yang relevan.

Platform Pinterest baru-baru ini menjadi salah satu platform media sosia dengan jumlah pengguna yang cukup besar dari jaringan media sosial yang ada di Dunia. Bahkan popularitas media sosial ini mulai mengalami peningkatan jumlah pengguna baru-baru ini. Dengan mengingat hal itu, Anda tentunya bertanya-tanya apa alasan kesuksesan platform situs berbagi foto ini.

Apa yang membuat Pinterest menonjol?

Yang membuat Pinterest lebih menonjol dari situs berbagi foto lainnya adalah fokusnya penemuan dan kurasi bukan hanya pin atau konten milik Anda, namun pin atau konten orang lain juga. Hal ini berarti Setiap Pin yang dibuat berpotensi untuk disematkan kembali oleh pengguna lain. Ketika hal ini terjadi akan membuat pin sematan ini kemudian ditemukan oleh pengikutnya ( yang menyematkan pin) lalu menciptakan reaksi berantai dari aktivitas mereka.

Hal lain yang membuat Pinterest menonjol adalah banyak bisnis yang menggunakan Pinterest sebagai katalog produk mereka. Ada sekitar 90% Pengepin mingguan menyimpan gambar untuk membuat keputusan pembelian di Pinterest dari gambar yang mereka simpan. Hal ini tentunya membuat Pinterest menjadi platform yang potensial bagi pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka.

Bagaimana memanfaatkan Pinterest?

Pinterest memiliki banyak pengguna dan dapat menciptakan reaksi berantai yang masif. Lantas, Bagaimana Anda dapat memanfaatkannya? Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah  memastikan pin Anda populer di kalangan pengguna lain. Caranya adalah dengan memperlakukan akun Pinterest sebagai mesin pencari . Optimalkan semua pin Anda agar mudah untuk ditemukan, ikuti praktik SEO yang ada dan visibilitas Pin Anda dijamin akan naik seiring waktu berjalan.

Yang perlu diperhatikan disini adalah perlakuan preferensial Google terhadap Pinterest. Tidak seperti postingan Gambar Anda pada halaman Facebook atau Instagram, Pin Anda lebih berpeluang muncul di hasil pencarian tradisional. Biasanya, Google mengarahkan pengguna ke Pinterest saat mereka hanya mencari. Untuk mengoptimalkan itu, berikut ini adalah langkah yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga  Menghitung dan Meningkatkan Tingkat Konversi Landing Page

8 Tips Pinterest ramah pencarian

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, halaman pertama hasil pencarian gambar secara  praktis dipenuhi dengan halaman Pinterest. Namun pertama, kita akan fokus pada Pinterest itu sendiri dan Anda akan dapat melihat bagaimana meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan oleh user lainnya.

Tip # 1: Buat akun bisnis

Mulailah dengan mendapatkan akun bisnis gratis . Jika Anda belum menggunakan Pinterest, Anda perlu membuatnya dari awal. Jika Anda sudah memiliki akun pribadi, Anda dapat membuat akun bisnis tertaut atau mengubah akun pribadi Anda menjadi akun bisnis. 

Mudahnya, dengan memiliki akun bisnis Anda juga akan memiliki sejumlah fitur berguna yang tidak dapat diakses dengan menggunakan akun biasa seperti

Header

Sebagai permulaan, Anda memiliki tajuk yang bisa Anda penuhi dengan pin terbaru Anda atau yang baru saja disimpan oleh pengguna lain. Atau, Anda dapat memilih papan apa pun yang Anda suka.

Antarmuka semacam ini secara visual menampilkan tujuan akun Pinterest Anda. Ini adalah cara cepat untuk menarik perhatian orang dan membantu mereka memahami jenis produk atau layanan yang Anda sediakan.

Analisis Pinterest

Selain itu, Anda dapat memeriksa analitik Pinterest dengan mengklik tombol Analytics. Pinterest Analytics akan menunjukkan siapa yang melihat pin Anda, jumlah tampilan yang Anda peroleh, konten apa yang paling banyak diklik dan disimpan oleh pengikut Anda atau pengguna lain, dan banyak data penting lainnya. Semua fitur ini penting untuk membantu Anda memahami kinerja Anda di Pinterest.

Iklan Pinterest

Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan iklan berbayar. Misalnya, Pin Promosi yang dapat ditemukan di halaman beranda dan hasil pencarian audiens target Anda. Atau Pin Sekali Ketuk, sehingga saat diketuk, alih-alih mengarahkan pengguna ke profil Anda terlebih dahulu, Pin tersebut akan mengarahkan mereka langsung ke situs web Anda.

Klaim situs web

Anda dapat mengklaim situs web dan akun sosial Anda. Dengan fasilitas ini, semua pin Anda ditampilkan dengan nama dan gambar profil Anda. Bahkan yang dibagikan oleh orang lain. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas pin yang memudahkan pin untuk ditemukan dan peringkat Anda secara umum.

Berikut tampilan akun bisnis yang diklaim:

Dan inilah tampilan akun reguler:

Tip # 2: Optimalkan profil Anda

Tips Pinterest ramah pencarian yang kedua adalah perhatikan juga profil Anda. Baik nama dan biografi Anda sangat penting dalam hal keterlihatan, kredibel dan dapat diandalkan. Anda dapat mengeditnya di bagian Pengaturan :

Gambar

Nama

Ada dua nama yang perlu Anda buat di Pinterest: nama tampilan dan nama pengguna Anda. Nama tampilan Anda adalah apa yang dilihat pengguna lain di Pinterest, sedangkan nama pengguna Anda lebih seperti ID unik yang digunakan terutama untuk URL Anda.

Untuk nama tampilan Anda, tujuan utamanya adalah untuk mewakili brand Anda sehingga akan mudah ditemukan di hasil penelusuran. Tambahkan beberapa kata kunci untuk memberikan pemahaman yang jelas  tentang konten Anda.

Gambar

Bio

Di sinilah Anda menyatakan tujuan akun Anda dengan singkat padat dan jelas. Pastikan untuk menampilkan kata kunci yang relevan di bagian pertama bio Anda. Tambahkan beberapa hal penting atau ajakan bertindak yang menarik. Hal Itu dapat memberikan kontribusi pada pencarian profil Anda dan keterlibatan pengguna.

Tip # 3: Siapkan situs web Anda

Menautkan akun Pinterest dan situs web Anda bersama-sama adalah langkah penting lainnya untuk mendapatkan kinerja  yang lebih baik.

Tag Pinterest

Pada dasarnya, tag Pinterest adalah potongan kode yang Anda masukkan ke halaman situs web Anda. Tag ini akan  memungkinkan Anda untuk memeriksa jenis konten Pinterest apa yang menghasilkan traffic yang paling banyak. Data ini dikumpulkan dan dikirim kembali ke akun Pinterest Anda, di mana Anda dapat memeriksanya dan menyesuaikan strategi yang akan Anda ambil.

Baca Juga  Rahasia di Balik Desain Galaxy S22 Series 5G

Anda dapat menggunakan tag Pinterest untuk melihat apa yang dilakukan pengunjung di situs Anda setelah berinteraksi dengan pin yang Anda miliki. Jenis konten apa yang menarik lebih banyak pengunjung, dan apa yang membuat mereka tertarik pada layanan Anda, atau bahkan mendorong mereka untuk membeli produk Anda. Pada saat yang sama, Anda dapat mengetahui jenis konten apa yang perlu dioptimalkan atau berkontribusi secara maksimal

Tombol simpan

Dengan bantuan  Simpan tombol pada halaman situs Anda, pelanggan Anda dapat menyimpan gambar dari website Anda ke Pinterest. Dengan cara ini konten Anda dapat dilihat oleh lebih banyak orang.

Berikut adalah contoh situs web yang menawarkan tombol Simpan Pinterest :

8 Tips Pinterest ramah pencarian Untuk Traffic Situs

Tip # 4: Temukan kata kunci yang relevan

Pinterest sendiri dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat. Mirip dengan Google, Pinterest memiliki sistem saran lanjutan, dan selalu menawarkan kata kunci atau konten serupa untuk yang ditampilkan pada hasil pencarian

Misalnya, jika Anda mencari kerajinan tangan , Pinterest akan menawarkan kepada Anda berbagai macam kueri pencarian yang populer dan sesuai. Anda dapat menambahkan kueri tersebut pada deskripsi Pin, hal ini akan dapat meningkatkan relevansi dan keterlihatan dari Pin Anda.

Tambahkan deskripsi untuk meningkatkan relevansi pencarian! Jika Anda ingin mencari kata kunci yang lebih akurat Anda dapat menggunakan alat SEO yang dapat membantu Anda membuat daftar kata kunci berpotensi tinggi untuk ditampilkan pada hasil pencarian.

Tip # 5: Optimalkan papan Anda

Kata Kunci

Kata kunci juga penting untuk digunakan pada saat Anda membuat papan untuk profil Anda. Buat agar SEO-friendly dan tambahkan beberapa istilah yang dapat dicari saat memberi nama Papan. Pada gambar di bawah, Anda dapat melihat contoh papan yang baik dengan kata kunci strategis

Gambar

deskripsi

Anda juga perlu mempertimbangkan deskripsi yang Anda tambahkan pada papan. Cobalah untuk membuatnya sangat detail, koheren, dan juga menarik. Menyertakan kata kunci di papan juga akan memberikan keuntungan pada Anda

Tambahkan foto sampul ke akun Pinterest Anda

Hal lain yang dapat meningkatkan visibilitas profil Anda adalah menambahkan foto sampul yang menarik dan mudah diingat( Saat ini pinterest akan menampilkan kumpulan kolase pin yang Anda miliki) Selain itu,

pastikan juga untuk mengategorikan semua pin Anda dengan tepat. Tiap kategori ini perlu mencerminkan nama dan tujuan papan yang Anda buat. Dengan cara ini Pinterest dapat menyebarkannya dengan sangat efektif.

Tip # 6: Optimalkan pin Anda

Jelas, pin Anda harus menarik dan kekinian dan sebagainya. Namun ada juga beberapa peluang teknis yang dapat membuat pin Anda jauh lebih menarik dan membuatnya sedikit lebih ramah penelusuran.

Rasio aspek terbaik

Karena tidak semua jenis pin ditampilkan sepenuhnya dalam hasil pencarian, perhatikan rasionya. Pinterest mengurangi peran gambar super panjang, sehingga tidak bekerja dengan baik dalam hasil pencarian. Dan saat mengupload video, hindari dimensi horizontal.

Rasio 2: 3 atau 600: 900 piksel adalah rasio terbaik Anda untuk gambar, sedangkan rasio 1: 1, 9:16, 4: 5, 2: 3 optimal untuk pin dengan jenis video. Rasio gambar dengan bentuk persegi akan lebih berguna ketika Anda memposting video dari Facebook atau Instagram Anda.

Rich Pin

Satu lagi alat yang dapat  Anda gunakan pada Pinterest adalah peluang unik untuk menggunakan Rich Pin . Dengan mengaktifkan ini, secara otomatis akan menyinkronkan informasi dari situs web Anda ke Pinterest. Dengan kata lain, Pinterest akan memperbarui pin Anda setiap kali ada perubahan pada situs web Anda.

Baca Juga  Mic Eksternal untuk Youtuber dan rekomendasi merk

Ada 3 jenis Rich pin yang ditawarkan Pinterest yaitu: produk , resep , dan artikel . Ada sedikit perbedaan di antara keduanya, tetapi yang utama adalah Pin Kaya memungkinkan bit informasi tambahan ditambahkan ke kiriman Anda, seperti dalam contoh pin resep ini:

Gunakan pin kaya untuk menentukan jenis konten. Anda dapat menambahkan judul, waktu masak, ukuran porsi, peringkat, dan daftar bahan. Rich Pin Resep juga memungkinkan Anda menentukan Pin Anda adalah Pin Resep vegetarian atau bebas gula.

Tip # 7: Dorong keterlibatan

Cobalah untuk mendapatkan lebih banyak keterlibatan di Pinterest. Semakin banyak keterlibatan yang Anda dapatkan, semakin besar kemungkinan Pin Anda direkomendasikan kepada pengguna lain.

Ikuti profil lain

Ikuti profil yang mirip dengan Niche Anda. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan rekomendasi pengikut mereka. Atau, Anda dapat mengikuti influencer dan selebriti yang sesuai dengan brand atau bisnis Anda. Akun dengan lalu lintas tinggi seperti milik mereka juga dapat berkontribusi pada visibilitas Anda.

Pilih waktu terbaik untuk memposting

Semakin cepat pengguna melihat posting Anda dan bereaksi terhadapnya, semakin besar peluang posting Anda diperhatikan oleh Pinterest dan membuat Pin Anda masuk ke dalam hasil pencarian.

Menurut sebuah studi yang menunjukkan bahwa pengguna Pinterest lebih cenderung menggulir  Beranda Pinterest mereka selama waktu luang atau di malam hari. Tapi, tentu saja, itu tergantung pada jenis konten Anda dan tujuan pengikut Anda. Mereka akan menggunakan Pinterest untuk mencari ide, tugas kerja, bersantai, atau berbelanja. Semua orang memiliki waktunya sendiri- sendiri, tugas Anda adalah dengan menganalisis hal ini dan membuat jadwal terbaik dalam menambahkan pin.

Hubungkan akun sosial ke Pinterest

Daripada membangun basis pengikut baru dari awal, Anda bisa menghubungkan semua akun sosial ke profil Pinterest Anda. Dengan cara ini Anda cenderung mendapatkan pengikut baru lebih cepat dan mendistribusikan konten Anda ke platform lain juga.

Jangan lupa  juga untuk membalas komentar dan menjawab pertanyaan pengikut Anda. Dengan berinteraksi juga satu cara untuk menciptakan basis pengunjung yang solid.

Tip # 8: Periksa analitik Pinterest

Analitik Pinterest  memiliki banyak metrik atau data yang dapat Anda gunakan untuk melihat, menganalisa dan meningkatkan kinerja Pin Anda. Dengan ini Anda dapat membuat strategi untuk menjangkau audiens yang tepat, meningkatkan penjualan Anda, atau meningkatkan kunjungan pada situs dan  banyak hal lainya lagi.

Sebagai contoh, Analitik dapat menunjukkan berapa kali orang menyimpan pin Anda ke papan mereka. Serta Klik yang menunjukkan pin tertaut mana yang lebih sering diklik. Data ini dapat membantu Anda memahami jenis konten apa yang mendapat lebih banyak perhatian dan hasilnya mungkin akan lebih menguntungkan bagi Anda.

Tayangan juga penting untuk kampanye SEO Anda. Impresi akan memberi Anda data jumlah total berapa kali pin Anda ditampilkan dalam hasil pencarian, sajian seseorang, dan melalui papan. Dengan bantuan analitik ini, Anda dapat menemukan konten yang populer dan menarik serta berkonsentrasi untuk mengadaptasi strategi SEO Anda.

Kesimpulan

Platform Pinterest yang sedang populer saat ini, Anda harus dapat memanfaatkan peluang ini sepenuhnya. Tidak hanya menjadi bantuan yang cukup besar dengan beragam fitur bermanfaat dan basis pengguna aktif bulanan yang besar, Pinterest juga merupakan cara untuk melihat kinerja situs Anda dari sudut pandang lain. Agar lebih efisien, sesuaikan kampanye SEO Anda pada platform ini, tarik pelanggan baru , dan tingkatkan popularitas Anda. Anda dapat melakukan semua ini sembari membuat konten yang menarik dan menarik melalui situs website Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.