Silabus Kurtilas PJOK Terbaru Download Gratis

Silabus Kurtilas PJOK Terbaru Download Gratis

Silabus Kurtilas PJOK Terbaru Download Gratis – Hai sobat guru bloggers, pada postingan kali ini bloggers akan membagikan contoh silabus kurtilas PJOK terbaru. Seperti biasanya, bloggers akan mengingatkan sedikit tentang silabus yang tentunya sobat guru semua jadikan acuan dalam membuat rencana pembelajaran maupun perangkat pembelajaran kelas lainnya. Baiklah, mari kita bahas dulu sedikit sebelum sobat guru mengunduh silabus kurtilas PJOK terbaru di artikel ini

Silabus Kurtilas Revisi 2018

Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar. Sobat guru, silabus juga menjadi salah satu komponen perangkat pembelajaran kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu. Silabus yang lengkap mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan pada setiap satuan pendidikan.

Pengertian Silabus

Seperti yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Silabus dapat dijabarkan sebagai suatu rincian detail tentang rencana mengajar guru yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu.  Komponen yang dimuat dalam silabus antara lain Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator/Indikator Pencapaian Kompetensi, Materi Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan

Fungsi Silabus

Nah sobat bloggers, setelah mengingat kembali pengertian dari silabus, ada baiknya juga sobat guru semua mengingat kembali fungsi dari silabus. Fungsi dari silabus yang sobat guru kembangkan antara lain

  1. Sobat guru bisa menggunakan silabus sebagai suatu pedoman dalam pengembangan pembelajaran, yaitu sebagai dasar pembuatan buku siswa yang memuat tentang materi pelajaran, aktivitas peserta didik, dan evaluasi pembelajaran serta membuat bahan ajar lainnya sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa.
  2. Silabus juga merupakan sumber pokok  dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40)
  3. Hasil pengembangan Silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru melakukan pembelajaran
Baca Juga  Kunci Jawaban Mengenal Batik Indonesia Kelas 5 tema 9

Dapat digunakan sebagai alat yang berfungsi untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada satuan tingkat pendidikan tertentu sehingga dapat memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran. 

Prinsip Pengembangan Silabus

Sobat guru, ilabus dapat dikembangkan dengan memperhatikan beberapa prinsip pengembangan silabus yaitu:

1. Ilmiah

Ilmiah bermakna Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

2. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik pada satuan pendidikan.

3. Sistematis

Komponen-komponen silabus  harus saling berhubungan secara fungsional dalam mencaPJOK kompetensi.

4. Konsisten

Silabus harus memperlihatkan adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

5. Memadai

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian pada silabus cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

6. Aktual dan Kontekstual

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian dalam silabus memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

7. Fleksibel

Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

8. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Download Silabus Kurtilas PJOK Terbaru

Setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing namun tetap memperhatikan prinsip pengembangan silabus. Silabus yang diterapkan pada saat ini adalah silabus dengan kerangka kurikulum 2013. Sebagai acuan, sobat guru dapat mengunduh silabus kurtilas PJOK melalui tautan yang tersedia berikut ini

Baca Juga  Silabus Kurtilas Kelas 2 Terbaru Download Gratis

Download Silabus Kurtilas Kelas 1 (LINK)            

Download Silabus Kurtilas Kelas 2 (LINK)

Download Silabus Kurtilas Kelas 3 (LINK)

Download Silabus Kurtilas Kelas 4 (LINK)

Download Silabus Kurtilas Kelas 5 (LINK)

Download Silabus Kurtilas Kelas 6 (LINK)

Download Silabus Kurtilas PAI (LINK)

Cara Download Silabus Kurtilas PJOK terbaru di  bloggers.id

Sobat guru bloggers tinggal klik pada tautan yang tersedia di artikel atau pada link Download Silabus Kurtilas PJOK yang sobat bloggers butuhkan

Setelah klik pada link tersebut sobat online akan diarahkan menuju halaman google drive, sobat guru bloggers tinggal mendownload file tersebut ke perangkat.

Demikian artikel download Silabus Kurtilas  PJOK yang dapat bloggers berikan. Semoga artikel ini bermanfaat rekan guru sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *