Mengapa Kurikulum Merdeka dijadikan opsi, Apa kriteria sekolah yang boleh menerapkan Kurikulum Merdeka?

Mengapa ada mata pelajaran pilihan terkait vokasi dalam Kurikulum Merdeka?

Mengapa ada mata pelajaran pilihan terkait vokasi dalam Kurikulum Merdeka? – Sobat bloggers, terutama bapak dan ibu guru akhir akhir ini pastinya sering mendengar mengenai kurikulum merdeka. Namun apakah bapak ibu guru sobat bloggers semuanya sudah mengetahui beberapa poin penting pada kurikulum merdeka?

kali ini Bloggers akan membahas mengenai beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai kurikulum merdeka, salah satunya adalah Mengapa ada mata pelajaran pilihan terkait vokasi dalam Kurikulum Merdeka?. Yuk langsung saja kita pahami satu persatu pada Pertanyaan seri Kurikulum Merdeka yang bloggers rangkum dari Kemendikbud.

Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Bagian 7

Apakah akan ada jam pelajaran khusus untuk Bimbingan Konseling, mengingat konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling memiliki peranan yang penting dalam mengarahkan minat peserta didik?

Tidak ada jam pelajaran khusus Bimbingan Konseling di kelas, namun guru Bimbingan Konseling memegang peranan penting dalam memimpin proses penelusuran minat dan bakat peserta didik bersama dengan wali kelas dan atau guru lain, serta berdiskusi dengan setiap individu peserta didik dan orang tua/wali. Waktu pelaksanaan kegiatan ini ditetapkan berdasarkan kesepakatan.

Bagaimana dengan seleksi masuk perguruan tinggi bila tidak ada penjurusan?

Akan ada penyesuaian terkait seleksi masuk perguruan tinggi. Seleksi masuk didasarkan pada mata pelajaran yang diambil oleh peserta didik bukan berdasarkan jurusannya.

Baca Juga  Jawaban Ayo Berlatih IPA Kelas 10 Halaman 116

Apakah peserta didik boleh mengganti pilihan mata pelajaran di kelas XII?

Peserta didik boleh mengganti pilihan mata pelajaran, namun hal ini kurang disarankan karena mata pelajaran di kelas XII pada prinsipnya adalah kelanjutan materi dari kelas XI. Peserta didik yang beralih mata pelajaran di kelas XII perlu mengejar ketertinggalan materi sebelumnya.

Mengapa ada mata pelajaran pilihan terkait vokasi?

Saat ini Indonesia memiliki 4.700 perguruan tinggi dengan ratarata lulusan SMA dan SMK adalah 2-3 juta per tahun, sedangkan persentase lulusan SMA dan SMK tersebut yang melanjutkan ke perguruan tinggi baru sekitar 38 persen. Oleh karena itu, satuan pendidikan perlu mempersiapkan peserta didik yang memiliki keterampilan dan kemampuan untuk bekerja apabila mereka tidak dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Apakah ada batas maksimum pengambilan mata pelajaran pilihan untuk SMA?

Total jam pelajaran (JP) per minggunya dialokasikan 42-47 JP, termasuk mata pelajaran pilihan. Alokasi mata pelajaran pilihan terdiri dari 20-25 JP. Mata pelajaran dari kelompok MIPA, IPS, dan Bahasa dan Budaya memiliki alokasi masing-masing 5 JP, mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan 2 JP, dan maksimal 5 JP untuk mata pelajaran Vokasi. Peserta didik memilih 4-5 mata pelajaran dari minimal dua kelompok mata pelajaran pilihan (maksimal mata pelajaran pilihan yang diambil dari satu kelompok mata pelajaran pilihan adalah 3 mata pelajaran

Nah demikian tadi pembahasan mengenai beberapa pertanyaan seputar Kurikulum Merdeka. Sobat bloggers bisa mendapatkan pertanyaan dan jawaban seputar kurikulum merdeka melalui buku saku Kurikulum merdeka yang bisa diunduh melalui tautan dibawah ini

DOWNLOAD BUKU SAKU TANYA JAWAB KURIKULUM MERDEKA

Baca Juga:

Baca Juga  Latihan Soal PAT Akidah Akhlak Kelas 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *