Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas

Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas

Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas – Halo sobat bloggers, kali ini kita akan meuraikan beragam soal dan pembahasan dalam upaya membantu Sobat Bloggers untuk menghadapi Uji Pengetahuan.

Untuk soal yang akan bloggers berikan mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) sebagai hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pedagogik maupun profesional.

Untuk soal dan pembahasan kompetensi pedagogik yang akan bloggers bahas kali ini disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta PPG dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Baca Juga :
Soal Latihan Pretest PPG Dalam Jabatan 2022
Download Contoh Soal Pretest PPG PGSD
Download Contoh Soal Pretest PPG Dalam Jabatan
Download Contoh Soal PPG Dalam Jabatan

Kali ini bloggers akan membahas soal latihan nomor 1 sampai dengan 5. terlebih dahulu Sobat bloggers stay tune ya untuk mendapatkan pembahasan Soal Nomor 6 dan seterusnya. Langsung saja yuk kita bahas satu persatu soalnya!

Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas

Pembahasan Soal Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas 1

Indikator Essensial

Merumuskan indikator kompetensi pembelajaran berdasarkan standar kompetensi

Contoh Soal

Manakah rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi
mempraktekkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik adalah …

A. Menjelaskan dan mengidentifikasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
B. Menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi yang berbeda dengan benar
C. Mempraktekkan shooting dengan 4 variasi berbeda dengan benar
D. Mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar.
E. Mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar.

Jawaban : C

Pembahasan

Ketentuan Perumusan Indikator

  1. Indikator dirumuskan dari KD
  2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur
  3. Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
  4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda
  5. Hanya mengandung satu tindakan.
  6. Minimal terdiri dari dua aspek yaitu tingkat kompetensi dan materi pelajaran
  7. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi & kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan daerah;

Pembahasan Soal Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas 2

Indikator Essensial

Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan standar kompetensi

Contoh Soal

keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik adalah …

A. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan dan mengidentifikasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
B. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi yang berbeda dengan benar
C. Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat mempraktekkan shooting dengan 4 variasi berbeda dengan benar
D. Setelah mempelajari materi ini anda dapat mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar.
E. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar.

Baca Juga  Jawaban Pengayaan IPA Kelas 10 Halaman 74

Kunci: C

Pembahasan

Tujuan pembelajaran adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dengan kata lain, tujuan pembelajaran merupakan arah yang hendak dituju dari rangkaian aktivitas pembelajaran. Maka, tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk perilaku kompetensi spesifik, aktual, dan terukur.

Tujuan pembelajaran

mengacu pada kompetensi dasar yang hendak harus dicapai dalam pembelajaran. Di samping itu, tujuan pembelajaran dijadikan acuan dalam pemilihan jenis materi, strategi, metode, dan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.

Terdapat empat unsur pokok dalam perumusan tujuan pembelajaran, diantaranya :

Audience

Secara bahasa audience berarti pendengar. Dalam konteks pembelajaran yang dimaksud audience adalah siswa. Audience merupakan subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Maka, dalam tujuan pembelajaran harus menempatkan siswa sebagai subjek sekaligus objek dalam pembelajaran.

Behavior

Behavior adalah tingkah laku atau aktivitas suatu proses. Dalam konteks pembelajaran, behavior nampak pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, pembelajaran tanpa adanya tingkah laku atau aktivitas dari siswa tidak mungkin dilakukan.

Dalam perumusan tujuan pembelajaran gambaran behavior aktivitas siswa ditulis menggunakan kata kerja operasional seperti : menyimak, menyebutkan, membedakan, menjelaskan, dan masih banyak lagi. Penggunaan kata kerja operasional dalam suatu tujuan pembelajaran tidak boleh lebih dari satu. Artinya dalam sebuah aktivitas pembelajaran, siswa tidak boleh melakukan lebih dari satu perbuatan. Maka, siswa
harus fokus pada satu perbuatan agar pembelajaran lebih optimal.

Condition

Condition atau kondisi diarti kan sebagai suatu keadaan. Dalam konteks pembelajaran, condition adalah keadaan siswa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas pembelajaran, serta persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai.

Dalam perumusan tujuan pembelajaran, condition ditulis dalam bentuk kata kerja. Kata kerja yang dimaksud adalah aktivitas yang harus dilakukan siswa agar tercapai suatu perubahan perilaku yang diharapkan.

Degree

Dalam konteks ini degree berarti suatu perbandingan. Hal ini dimaksudkan untuk membandingkan kondisi sebelum dan setelah belajar. Degree juga merupakan tingkat penampilan yang dapat dilakukan oleh siswa setelah melalui suatu rangkaian proses pembelajaran. Tingkat degree bergantung pada bobot materi yang akan disajikan, serta sejauh mana siswa harus menguasai suatu materi atau menunjukan suatu tingkah laku.

Pembahasan Soal Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas 3

Indikator Essensial

Menetapkan materi, proses, sumber pem belajaran dan media pembelajaran PJOK

Contoh Soal

Perencanaan pembelajaran harus dilakukan oleh guru PJOK sebelum pelaksanaan pembelajaran, dengan mempertimbangkan materi, proses, sumber belajar, dan juga media pembelajaran. Apabila ada guru yang akan mengajar senam di sekolah yang terletak di daerah pinggiran, tidak ada internet, belum memiliki proyektor. Media apa yang tepat digunakan oleh guru tersebut adalah:

A. Video
B. Gambar
C. Guru/Siswa
D. Boneka Peraga
E. Modul

Kunci: C

Pembahasan

Jawaban C guru/siswa sebagai media pembelajaran efektif dan efisien. Gambar dan Boneka Peraga perlu bahan (biaya).

Tujuan instruksional.

Media hendaknya dipilih yang dapat menunjang pencapaian tujuan instruksional yang telah ditetapkan sebelumnya. Mungkin ada sejumlah alternative media yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin pilihlah yang paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian karakteristik tujuan dan karakteristik media pembelajaran yang akan dipakai.

Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Latihan IPA Kelas 7 Halaman 13
Keefektifan.

Dari beberapa alternative media yang sudah dipilih, mana yang dianggap paling efektif (tepat guna) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Siswa.

Apakah media yang dipilih sudah sesuai dengan kemampuan, perbendaharaan pengalaman, dan menarik perhatian siswa? Digunakan untuk siapa? Apakah secara individual atau kelompok kecil, kelas atau massa? Untuk kegiatan tatap muka atau jarak jauh?

Ketersediaan.

Apakah media yang diperlukan itu sudah tersedia? Kalau belum, apakah media itu dapat diperoleh dengan mudah? Untuk tersedianya media ada beberapa alternatif yang dapat diambil yaitu membuat sendiri, membuat bersama-sama siswa, meminjam, menyewa, membeli dan mungkin dapat “dropping” dari pemerintah.

Biaya pengadaan.

Bila memerlukan biaya untuk pengadaan media, apakah tersedia biaya untuk itu? Apakah yang dikeluarkan seimbang dengan manfaat dan hasil penggunaannya? Adakah media lain yang mungkin lebih murah, tetapi memiliki keefektifan setara?

Kualitas teknis

Apakah media yang dipilih itu kualitasnya baik? Jika menggunakan media gambar misalnya, apakah memenuhi syarat sebagai media pembelajaran? Bagaimana keadaan daya tahan media yang dipilih itu?

Menurut Degeng, dkk (1993), pemilihan dan penggunaan sumber belajar haruslah didasarkan pada hal hal berikut ini:

  1. Analisis karakteristik siswa.
  2. Adanya tujuan dan isi instruksional.
  3. Adanya strategi pengorganisasian pembelajaran.
  4. Adanya strategi penyampaian.
  5. Adanya strategi pengelolaan pembelajaran.
  6. Adanya pengembangan prosedur pengukuran hasil pembelajaran.

Pembahasan Soal Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas 4

Indikator Essensial

Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus.

Contoh Soal

Merumuskan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir merupakan rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang diturunkan dari komponen pada silabus yang berupa …

A. Standar kompetensi
B. Materi pokok/pembelajaran
C. Langkah-langkah pembelajaran
D. Alokasi waktu
E. Sumber belajar

Kunci: C

Pembahasan

Langkah-langkah pengembangan RPP:
  1. Pengkajian silabus meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4)
    penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar;
  2. Perumusan indikator pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4;
  3. Materi Pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang di kelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial;
  4. Penjabaran Kegiatan Pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi siswa dan satuan pendidikan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber belajar;
  5. Penentuan alokasi waktu untuk setiap pertemuan berdasarkan alokasi waktu pada silabus, selanjutnya dibagi ke dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup;
  6. Pengembangan penilaian pembelajaran dengan cara menentukan lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta membuat pedoman penskoran;
  7. Menentukan strategi pembelajaran remedial segera setelah dilakukan penilaian; dan
  8. Menentukan Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.

Pembahasan Soal Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas 5

Indikator Essensial

Melaksanakan kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran PJOK

Contoh Soal

Seorang guru melakukan kegiatan pendahuluan sebagai berikut:

  • Membariskan siswa berbentuk 2/3 bersayap antara laki-laki dan perempuan terpisah secara rapih dilanjutkan berhitung
  • Berdo’a secara bersama-sama antara guru dan siswa.
  • Mengabsen kehadiran siswa
  • Memberikan apersepsi materi dan penyampaian materi yang akan diajarkan secara singkat dengan dihubungkan kemanfaatanya dan dorongan pemberian motivasi.
  • Mengadakan pemanasan (Warming Up) diawali dengan lari keliling lapangan permainan sebanyak 4 keliling.
  • Dilanjutkan dengan kegiatan latihan fisik sesuai/mendukung dengan materi drible dan passing dalam permainan bola basket
Baca Juga  Jawaban Ayo Berlatih IPA Kelas 10 Halaman 48

Aktivitas yang kurang tepat dalam kegiatan pendahuluan adalah:

A. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa.
B. Memastikan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
C. Melakukan apersepsi dan memotivasi siswa.
D. Menyampaikan manfaat pembelajaran.
E. Kegiatan latihan fisik sesuai/mendukung dengan materi

Kunci: E

Pembahasan

Kerangka pembelajaran merupakan rangkaian aktivitas yang dirancang oleh guru untuk mencapai keempat jenis kompetensi dasar tersebut, meliputi: pendahuluan, inti dan penutup.

Pendahuluan

Kegiatan pendahuluan yang dapat dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.

  1. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa.
  2. Memastikan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
  3. Melakukan apersepsi dan memotivasi siswa.
  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai.
  5. Menjelaskan skenario pembelajaran.
  6. Melakukan pemanasan yang terkait dengan materi pembelajaran.
Kegiatan Inti

Kegiatan inti merupakan penerapan secara operasional model/pendekatan/metode/gaya yang dipilih sesuai dengan kompetensi dasar dan karakteristik siswa. Contoh menggunakan gaya mengajar resiprokal sebagai berikut:

  1. Siswa mencari pasangan sesuai dengan petunjuk guru.
  2. Siswa bersama pasangannya menerima dan mempelajari lembar kerja yang dibagikan guru(berisi langkah kerja dan tugas gerak yang harus dilakukan).
  3. Siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat.
  4. Siswa yang berperan sebagai pelaku melakukan tugas gerak, dan pengamat mengamati. Jika pelaku melakukan kesalahan, pengamat memberi koreksi sesuai dengan kriteria yang terdapat dalam lembar tugas.
  5. Pergantian peran sebagai pelaku dan pengamat atau sebaliknya dilakukan sesuai kesepakatan masing-masing pasangan.
  6. Selama proses pembelajaran guru melakukan pengamatan dan penilaian, tanpa melakukan intervensi terhadap pelaku. Pada setiap kesempatan guru dapat menghentikan aktivitas pembelajaran untuk melakukan koreksi umum dan mengundang dialog terkait masalah teknik dan mekanika gerak dari gerak yang dipelajari.
  7. Di akhir pembelajaran guru mengundang beberapa pasangan siswa menampilkan hasil belajar di hadapan siswa lainnya.
Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup yang harus dilakukan oleh guru sebagai berikut:

  1. Melakukan pendinginan sekaligus menjelaskan fungsinya.
  2. Melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
  3. Guru membuka dialog atau mengingatkan kembali tentang nikmat dan karunia Tuhan atas kemampuan gerak yang dimiliki oleh siswa yang senantiasa harus disyukuri setiap waktu.
  4. Melakukan penilaian terhadap ketercapaian indikator
  5. Bersama siswa guru membuat simpulan materi, melakukan refleksi dan tindak lanjut dari materi pembelajaran yang telah diberikan.
  6. Setelah melakukan aktivitas pembelajaran seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
  7. Dari proses pembelajaran sebagaimana uraian tersebut dapat digambarkan bahwa kompetensi dasar yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan terintegrasi menjadi satu, dan diharapkan dapat dicapai melalui satu kegiatan pembelajaran secara bersamaan

Demikianlah pembahasan Soal Latihan Pretest PPG Pedagogik Penjas nomor 1 – 5. Jangan lupa untuk mengunjungi bloggers untuk pembahasan nomor 6 – 10. Selamat belajar dan semoga berhasil ya sob

>> Pembahasan Soal No 6- 10 Lihat Disini <<

One comment

  1. terimakasih, sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *