Kunci Jawaban Unsur Iklan Elektronik Kelas 5 tema 9

Hallo sobat bloggers, kali ini bloggers akan menyajikan Kunci Jawaban Unsur Iklan Elektronik Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 2, Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Kali ini kita akan membahas kunci jawaban tematik kelas 5. Pembelajaran kali ini terdapat pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Yuk coba kita simak baik baik pembahasannya

Kunci Jawaban Unsur Iklan Elektronik Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 2

Ayo Berlatih

Apakah yang dimaksud iklan elektonik? Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawab: Iklan elektronik adalah iklan yang ditayangkan melalui media elektronik seperti televisi, radio maupun internet

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan agar menarik.

1. Perhatian (Attention)

Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat (Interest)

Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan (Desire)

Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.

4. Rasa Percaya (Conviction)

Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Tindakan (Action)

Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum. Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.

Unsur Iklan Elektronik
No Radio Televisi Internet
1 perhatian perhatian perhatian
2 minat minat minat
3 keinginan keinginan keinginan
4 rasa percaya rasa percaya rasa percaya
5 tindakan tindakan tindakan

Beri penilaian terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar.

Baca Juga  Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 100

Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.

1. Penilaian :

Iklan tersebut sudah mengandung unsur-unsur seperti perhatian, minat, keinginan, rasa percaya, dan tindakan.

Alasan : Penilaian tersebut adalah karena iklan terlihat menarik sehingga menimbulkan hasrat untuk mencoba. Bahkan, penonton dibuat percaya dengan tindakan model iklan karena mau mencoba biskuit yang hendak dicelupkan dalam susu.

2. Penilaian :

Iklan tersebut sudah mengandung unsur-unsur seperti perhatian, minat, keinginan, rasa percaya, dan tindakan.

Alasan penilaian tersebut adalah karena iklan terlihat menarik sehingga menimbulkan hasrat untuk mencoba. Bahkan, penonton dibuat percaya dengan slogan iklan yang “PADAT GIZI, KAYA ENERGI, KALSIUM TINGGI”. Pembuktian slogan tersebut ditunjukkan melalui kegiatan seorang anak bermain basket.

3. Penilaian :

Iklan tersebut sudah mengandung unsur-unsur seperti perhatian, minat, keinginan, rasa percaya, dan tindakan.

Alasan penilaian tersebut adalah karena iklan terlihat menarik sehingga menimbulkan hasrat untuk mencoba. Iklan tersebut didukung oleh model iklan yang beradegan seolah terbang. Hal tersebut bertujuan untuk menimbukan kepercayaan dari penonton tentang diskon dan kecepatan yang didapatkan.

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Unsur Iklan Elektronik Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 2, Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Semoga bermanfaat dan berguna dalam membantu belajar anak anak semuanya.

Jawaban diatas hanya sebagai acuan dalam menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa, sobat semua dapat mengembangakan jawaban sesuai dengan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.