Kunci Jawaban Mengenal Batik Indonesia Kelas 5 tema 9

Bloggers.id – Kunci Jawaban Mengenal Batik Indonesia Kelas 5 tema 9 Subtema 3 pembelajaran 6. Kali ini bloggers akan membahas kunci jawaban tematik kelas 5. Pembelajaran kali ini terdapat pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Yuk coba kita simak baik baik pembahasannya

Kunci Jawaban Mengenal Batik Indonesia Kelas 5 tema 9 Subtema 3 pembelajaran 6

Ayo Mengamati

Ketika Edo, Beni, Lani, Dayu, dan Siti sedang asyik mencari-cari suatu artikel, tiba-tiba muncul sebuah iklan. Iklan tersebut muncul ketika mereka membuka sebuah situs untuk mencari artikel yang telah menjadi tugas sekolah mereka. Iklan apa yang ternyata muncul?

Amatilah iklan yang telah muncul saat Edo dan teman-teman membuka sebuah situs.

Iklan BPJS

Tuliskanlah isi iklan di atas pada kolom berikut

Jawab :

Isi iklan tersebut dibuat oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang isinya mengingatkan kepada warga masyarakat untuk segera membayar iuran JKN-KIS tepat waktu, dengan waktu maksimal tanggal 10 setiap bulannya.

Ayo Berlatih

Untuk dapat lebih memahami tentang isi dari iklan di media elektronik, cobalah kamu segera mengamati salah satu iklan di media elektronik, baik televisi, radio atau internet. Kemudian buatlah kesimpulan isi dari iklan yang telah kamu amati secara visual atau dengan menggunakan gambar

Buatkanlah gambar serta kesimpulan isi dari iklan pada kotak di bawah ini

Iklan Komersial

Kesimpulan Isi Iklan:

Iklan di atas merupakan iklan komersial yang menginformasikan tentang produk Smartphone Vivo V15. Tampil dengan segudang teknologi terkini, seperti pop-up kamera depan, layar bezel-less, dan dukungan tiga kamera belakang yang bertenaga, diharapkan mampu menarik minat calon pembeli seperti yang diharapkan oleh pemasar/produsen.

Ayo Bersdiskusi

Bagaimana akibatnya jika tidak ada kerukunan hidup? Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, kamu bisa bergabung dengan teman-temanmu untuk membentuk kelompok yang terdiri atas tiga anak. Kemudian diskusikan dengan anggota kelompokmu tentang akibat-akibat yang terjadi jika hidup kita tidak rukun. Kemudian buatlah kesimpulan dari hasil diskusi dengan kelompokmu pada kolom di bawah ini dan presentasikan di depan kelas

Baca Juga  Jawaban Proses Terjadinya Siklus Air Kelas 5 Tema 8

Jawab :

Laporan hasil diskusi

Akibat hidup tidak rukun :

Akan mudah terjadi pertengkaran

Kehidupan jadi tidak tenteram, tidak harmonis

Mudah terkena hasutan dari orang lain

Timbul sikap saling curiga

Mudah diadu domba

Akan terjadi perpecahan disebabkan tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan

Kesimpulan : Tidak ada manfaatnya sama sekali dalam kehidupan jika tidak ada kerukunan hidup.

Ayo Berlatih

Agar pengetahuanmu tentang hidup rukun itu lebih mendalam, sekarang cobalah mengerjakan latihan berikut ini.

1. Apakah yang dimaksud kerukunan hidup?

    Jawab :

Adalah suatu perilaku yang mencerminkan adanya suatu saling pengertian supaya tercipta persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian dalam kehidupan

2. Bagaimanakah ciri-ciri dari keluarga yang hidup rukun itu?

    Jawab :

Adanya hubungan yang baik antar anggota keluarga, sikap saling menyayangi, menghormati, menghargai

3. Sebutkan manfaat dari hidup rukun itu!

    Jawab :

Kehidupan lebih harmonis, aman, tenteram, damai, tidak adanya pertengkaran serta dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan

4. Sebutkanlah akibat-akibat yang terjadi bila tidak terciptanya kerukunan hidup bermasyarakat!

    Jawab :

Akan mudah terjadi pertengkaran/perselisihan, hidup tidak tenteram, mudah terkena hasutan, mudah timbul kecurigaan, mudah diadu domba, akan terjadi perpecahan karena tidak adanya persatuan dan kesatuan

Ayo Berdiskusi

Persiapkanlah suatu pameran hasil karya bersama dengan teman-teman satu kelas setelah ujian kenaikan kelasmu. Apa saja persiapan yang akan kalian lakukan? Coba diskusikanlah bersama teman dalam satu kelas. Kemudian, tuliskanlah hasil dari diskusi pada kolom berikut.

Hasil Diskusi:

Dengan membuat panitia pameran

Dengan membuat pembagian kerja panitia pameran

Dengan menentukan waktu pameran (hari, tanggal, jam)

Dengan menentukan tempat pameran

Dengan menentukan karya yang akan dipamerkan

Dengan menentukan rencana pembuatan laporan hasil pameran

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Mengenal Batik Indonesia Kelas 5 tema 9 Subtema 3 pembelajaran 6 Benda – Benda di Sekitar Kita. Semoga bermanfaat dan berguna dalam membantu belajar anak anak semuanya.

Baca Juga  Jawaban PMM Topik Disiplin Positif (Topik 10)

Jawaban diatas dapat digunakan sebagai panduan menjawab pertayaan pada buku siswa kelas 5 namun, sobat dapat mengebangkan jawabannya sesuai dengan keadaan di daerah masing-masing ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *