Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan Dan Kesatuan Kelas 5 tema 9

Hallo sobat bloggers, kali ini bloggers akan menyajikan Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan Dan Kesatuan Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 3, Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Kali ini kita akan membahas kunci jawaban tematik kelas 5. Pembelajaran kali ini terdapat pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Yuk coba kita simak baik baik pembahasannya!

Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan Dan Kesatuan Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 3

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang mampu menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.

Jawab :

1. Produk yang diiklankan : susu CLEVO

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan :

Iklan dengan pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan. Hal ini bisa dilihat dari iklan banyak diisi dengan kata-kata mengenai kandungan yang terdapat dalam iklan tersebut, yaitu mengandung Mineral, Kolin, Kalsium, Vitamin. Jadi diharapkan calon pembeli tertarik untuk membeli berdasarkan informasi yang diberikan, yaitu banyaknya kandungan dari minuman yang bermanfaat bagi tubuh.

2. Produk yang diiklankan: Mi Instant

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran, dengan menekankan pada kata “Puas Sedapnya”, sehingga khalayak terpengaruh untuk menikmati kesedapan mie tersebut.

3. Produk yang diiklankan : SPRITE

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan :

Iklan dengan pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata “segar”. Ini terlihat dari kata-kata “Nyatanya nyegerin”, sehingga khalayak tersugesti (terpengaruh yang dapat menggerakkan hati orang) untuk menikmati kesegaran minuman tersebut.

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan. Berdasarkan contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan. Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa? Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Mengapa Harus Menghemat Kertas?

Jawab :

Laporan Hasil Diskusi

Makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut.

1. Menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.

2. Menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.

3. Menepiskan semua perbedaan yang ada dalam masyarakat.

Ayo Berlatih

Menjalin persatuan dan kesatuan hendaknya kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kegiatan gotong royong dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Masih banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kamu alami atau kamu saksikan sebagai pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Sekarang, identifikasilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawab :

1. Piket kelas.

2. Kerja bakti di kampung.

3. Ronda malam.

4. Menjenguk tetangga yang sakit.

5. Kerja kelompok.

Ayo Berlatih

Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di lingkungan sekitar kita, misalnya jasa tata boga, jasa angkutan umum, jasa pangkas rambut, pembuat gula merah, dan usaha kepariwisataan. Sekarang coba kamu lakukan pengamatan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat tempat tinggalmu. Identifikasilah kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan dari masyarakat tempat tinggalmu.

Jawab :

No. Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar:             Produk Unggulan
1. Pertanian Padi, jagung, ketela, sayuran, dan palawija.
2. Perkebunan Karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu.
3. Peternakan Sapi, kerbau, kuda, kambing, domba, kelinci, dan babi, ayam, itik, entok, dan burung.
4. Perikanan Ikan gurami, nila, bawal, lele, dan ikan bandeng.
5. Kehutanan Kayu, rotan, damar, dan kemenyan.
6. Pertambangan Emas, minyak bumi, batu gamping, dan batu bara.
7. Perindustrian Pakaian, ban, keramik, gerabah, dan anyaman.
8. Perdagangan Distribusi barang dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri, ekspor, dan impor.
9. Jasa Tukang becak, ojek online, angkutan umum, dan bidang pariwisata.

Ayo Berdiskusi

Baca Juga  Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 11 dan 16

Banyak benda-benda bekas di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Tentu saja dengan cara mendaur ulang, misalnya memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral untuk bahan membuat bunga plastik. Selain itu, dapat pula memanfaatkan kerang-kerang sebagai bahan membuat hiasan atau pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kesemuanya itu dapat dijual di tempat wisata sebagai suvenir.

Pernahkah kamu menemukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan benda-benda bekas? Diskusikan bersama dua orang temanmu dengan menyebutkan benda bekas, cara pengolahan, dan cara penjualan hasil pengolahan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan Dan Kesatuan Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 3, Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Semoga bermanfaat dan berguna dalam membantu belajar anak anak semuanya.

Jawaban diatas hanya sebagai acuan dalam menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa, sobat semua dapat mengembangakan jawaban sesuai dengan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.