Kunci Jawaban Jenis Usaha Ekonomi Kelas 5 tema 9

Hai Sobat bloggers, kali ini kita akan coba membahas Kunci Jawaban Jenis Usaha Ekonomi Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 4, Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Pembelajaran kali ini terdapat pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Yuk coba kita simak baik baik pembahasannya

Kunci Jawaban Jenis Usaha Ekonomi Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 4

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui beberapa jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Ada iklan politik, pendidikan, dan kecantikan. Masih banyak jenis iklan elektronik lainnya dilihat dari isinya. Coba kamu identifikasi jenis-jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Tuliskan hasil identifikasimu dalam lembar tugas. Sertakan gambar iklannya. Setiap anak minimal membuat dua contoh iklan dari satu jenis iklan. Misalnya dua iklan tentang pendidikan atau dua iklan tentang kecantikan.

Jawab :

Iklan Ruang Guru:

Iklan tersebut mengajak masyarakat untuk membeli aplikasi pendidikan, sehingga iklan tersebut dikategorikan sebagai iklan pendidikan.

Ayo Berdiskusi

Banyak orang melakukan usaha di bidang ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Apa yang akan terjadi jika orang malas tidak mau berusaha? Coba diskusikan bersama teman kelompokmu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jawab :

Laporan Hasil Diskusi

Jika orang malas tidak mau berusaha maka kesejahteraan hidupnya sulit tercapai. Saat kesejahteraan hidup sulit tercapai, maka akan timbul permasalahan-permasalahan sosial seperti pengangguran. Ketika pengangguran meningkat, maka akan menimbulkan kerawanan di masyarakat, di mana tingkat kriminalitas di masyarakat akan meningkat.

Ayo Berkreasi

Kamu telah memahami beragam bentuk usaha berdasarkan pengelolanya. Ada usaha yang dikelola sendiri dan ada usaha yang dikelola kelompok. Sekarang buatlah kliping berkelompok tentang jenis-jenis usaha yang dikelola sendiri dan usaha yang dikelola kelompok dengan langkah-langkah berikut.

1. Cari informasi tentang jenis-jenis usaha perseorangan dan kelompok, baik informasi bergambar maupun tidak bergambar dari berbagai media cetak.

Baca Juga  Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 11

2. Gunting informasi yang kamu peroleh. Gunting pula sumbernya.

3. Kumpulkan hasil guntinganmu dan tempelkan pada lembaran kertas folio.

4. Pisahkan antara jenis-jenis usaha perseorangan dengan jenis-jenis usaha kelompok.

5. Bendel per kelompok hingga menjadi sebuah kliping.

6. Berilah judul kliping “Jenis-Jenis Usaha Perseorangan dan Kelompok”.

7. Tulis nama-nama anggota kelompokmu.

8. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

9. Berdasarkan kliping yang kamu buat bersama kelompokmu, isilah jenis usaha perseorangan dan kelompok pada kolom berikut.

Jawab :

NoJenis Usaha PerseoranganNoJenis Usaha Kelompok
1Petani padi1Firma
2Industri keramik2CV
3Pedagang kaki lima3PT
4Usaha salon4BUMN
5Usaha bengkel5Perusahaan Daerah

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, Bapak atau Ibu Guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Jawab : Pada hari ini, saya telah belajar sikap rasa ingin tahu, percaya diri, kerja sama dan bertanggung jawab. Pengetahuan tentang isi dan jenis iklan elektronik, usaha ekonomi, rukun untuk persatuan dan kesatuan, manfaat keberagaman karakteristik individu.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa yang dilakukan orang tuamu untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Coba tanyakan kepada mereka. Kemudian, tuliskan jawaban orang tuamu pada kolom berikut.

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Jenis Usaha Ekonomi Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 4, Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Semoga bermanfaat dan berguna dalam membantu belajar anak anak semuanya.

Jawaban diatas hanya sebagai acuan dalam menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa, sobat semua dapat mengembangakan jawaban sesuai dengan masing-masing.

Baca Juga  Latihan Soal PAT PPKn Kelas 8

Leave a Reply

Your email address will not be published.