Kunci Jawaban Contoh Iklan Elektronik Kelas 5 tema 9

Hallo sobat bloggers, kali ini bloggers akan menyajikan Kunci Jawaban Contoh Iklan Elektronik Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 1, Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Pembahasan kali ini adalah seputar contoh-contoh iklan. Pembelajaran kali ini terdapat pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Yuk coba kita simak baik baik pembahasannya

Kunci Jawaban Contoh Iklan Elektronik Kelas 5 tema 9 Subtema 2 pembelajaran 1

Ayo Berlatih

Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik. Sekarang, coba kamu pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Buatlah contoh iklan elektronik. Cantumkan naskah iklannya jika iklan yang kamu pilih iklan radio atau iklan televisi. Kemudian, tuliskan skrip dan papan ceritanya. Jika kamu memilih iklan internet, tempelkan iklan pada lembaran kertas. Selanjutnya, buat kesimpulan isi dari iklan elektronik yang kamu buat. Tuliskan kesimpulan di bawah naskah iklan, skrip dan papan cerita, atau gambar iklan yang kamu buat. Presentasikan hasil berlatihmu dalam mengidentifikasi iklan elektronik di depan kelas. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Jawab :

Jawaban Contoh Iklan Elektronik

Merek : My Baby Shampoo dan Milk Bath

Media : Televisi

Waktu : 1 menit

Iklan :

Waktu mandi menggunakan Shampoo My Baby, lembut di mata, pakai sabun My Baby lembut di kulit, busanya banyak. Usapkan pada tangan dan kaki. Bilas sampai bersih dan wangi dari kepala sampai kaki. Kulit dan rambut wangi sehat menggemaskan sepanjang hari. My Baby bikin mandi jadi hepi. My Baby kepercayaan ibu cerdas.

Kesimpulan Isi Iklan :

Berdasarkan iklan televisi tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan tersebut berisi ajakan menggunakan Shampoo dan Sabun cair My Baby. Shampo My Baby lembut dimata, Sabun My Baby lembut dikulit dan busanya banyak sehingga kulit dan rambut wangi sepanjang hari. My Baby membuat mandi menjadi menyenangkan dan menjadi kepercayaan ibu cerdas.

Ayo Berkreasi

Baca Juga  Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 175 dan 179

Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik, salah satunya iklan televisi. Sekarang, pilihlah salah satu iklan di televisi yang menarik menurutmu. Tuangkan kembali benda yang diiklankan dalam televisi yang kamu anggap menarik dalam bentuk gambar iklan. Buat gambar semenarik mungkin pada kotak berikut.

Jawab : Gambar sesuai dengan kreativitas siswa

Kamu telah memahami tentang materi, zat tunggal, dan zat campuran.

Apa sebenarnya materi, zat tunggal, dan zat campuran itu?

1. Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis materi di lingkungan sekitarmu. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas. Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.

2. Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

a. Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. Contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

b. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. Contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.

3. Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.

a. Zat Campuran Homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. Contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).

Baca Juga  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 SD Tema 6 Sub Tema 2 Pembelajaran 2

b. Zat campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. Contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.

Ayo Berlatih

Buatlah kesimpulan tentang materi berdasarkan uraian di atas. Buatlah kesimpulan dalam bentuk bagan tentang materi lengkap dengan jenis materi berdasarkan komponen penyusunnya beserta contohnya. Bentuk bagan seperti contoh berikut.

bagan zat tunggal dan zat campuran

Laporan Hasil Percobaan

Anggota Kelompok :

Dayu, Siti, Udin dan Edo

Percobaan yang dilakukan :

Zat campuran Homogen dan zat campuran heterogen

Alat dan bahan percobaan :

– Gelas plastik transparan

– Sendok plastik

– Air

– Gula putih

– Kopi bubuk

Langkah-langkah Percobaan:

1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

2. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan.

3. Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air.

4. Aduk gula hingga larut dalam air.

5. Diamkan beberapa saat.

6. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan.

7. Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air.

8. Aduk kopi hingga larut dalam air.

9. Diamkan beberapa saat.

10. Amatilah yang terjadi pada kedua gelas tersebut!

Hasil Percobaan :

Dari percobaan pertama dan kedua terdapat perbedaan antara larutan gula dan larutan kopi :

1. Sifat larutan gula: tercampur sempurna dan tidak mengendap setelah didiamkan beberapa saat.

2. Sifat larutan kopi: tidak tercampur sempurna dan mengendap setelah didiamkan beberapa saat.

Kesimpulan :

Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Larutan gula merupakan zat campuran homogen, sedangkan larutan kopi merupakan zat campuran heterogen.

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Contoh Iklan Elektronik Kelas 5 tema 9 Subtema 1 pembelajaran 1, Benda dalam Kegiatan Ekonomi. Semoga bermanfaat dan berguna dalam membantu belajar anak anak semuanya.

Baca Juga  Kunci Jawaban Mengenal Batik Jumputan Kelas 5 tema 9

jawaban diatas hanya sebagai acuan dalam menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa, sobat semua dapat mengembangakan jawaban sesuai dengan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.