Kunci Jawaban Bab 3 Topik B Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 76

Kunci Jawaban Bab 3 Topik B Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 76

Kunci Jawaban Bab 3 Topik B Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 76 – Hai adik adik kelas 4 SD MI sobat bloggers mania, bagaimana kabar kalian hari ini, semoga selalu sehat dan tetap semangat dalam belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan Menurut kalian apa itu massa? pertanyaan tersebut terdapat pada buku siswa kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Bab 2 Topik A halaman 37.

Sebaiknya sebelum adik-adik menjawab pertanyaan Menurut kalian apa itu massa, yang terdapat pada buku siswa kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Bab 3 Topik A halaman 37, adik adik siswa kelas 4 membaca materinya terlebih dahulu pada halaman sebelumnya. Dengan membaca materi terlebih dahulu diharapkan adik-adik siswa kelas 4 SD/MI dapat menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa secara mandiri.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang materi pada Buku Siswa Kelas 4  Kurikulum Merdeka BAB 3 tentang Gaya di Sekitar Kita.

Adik-adik siswa kelas 4 SD/MI juga mencoba menjawab terlebih dahulu secara mandiri . Setelah itu meminta bantuan orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu untuk membandingkan hasil pekerjaan adik adik dengan kunci jawaban ini

Jawaban Bab 3 Topik B Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 76

Percobaan 2: Sifat Magnet

Langkah Percobaan:

1. Sebarkan benda-benda yang sudah kalian siapkan di atas meja.

2. Dekatkan ujung magnet pada benda-benda tersebut.

3. Amati apa yang terjadi pada benda tersebut.

4. Ulangi langkah nomor 2 namun dekatkan sisi lain magnet selain bagian ujungnya.
Setelah mencobanya, diskusikanlah bersama teman sekelompok pertanyaan-pertanyaan berikut.

Baca Juga  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Kurikulum Merdeka BAB 3 Topik A Halaman 71

a. Apa yang terjadi pada benda besi jika didekatkan pada magnet?

Jawaban

Yang terjadi pada benda besi jika didekatkan pada magnet adalah besi bergerak mendekat magnet kemudian menempel pada magnet.

b. Apa yang terjadi pada benda yang tidak terbuat dari besi jika didekatkan pada magnet?

Jawaban

Yang terjadi pada benda yang tidak terbuat dari besi jika didekatkan pada magnet ialah benda akan diam saja

c. Apa perbedaan saat mendekatkan benda pada ujung magnet dan pada bagian lainnya?

Jawaban

Perbedaan saat mendekatkan benda pada ujung magnet dan pada bagian lainnya adalah benda yang kutubnya sama dengan magnet, benda tersebut akan menjauh atau menolak. Benda yang kutupnya berbeda dengan magnet, benda tersebut akan mendekat atau tertarik.

5. Tuliskan hasil diskusi kalian pada lembar kerja.

6. Diskusikan bersama teman sekelompok kalian solusi yang bisa membantu Dara dan Mia berdasarkan hasil eksperimen yang kalian lakukan.

7. Tulis usul kalian pada buku tugas. Tambahkan gambar untuk mendukung penjelasan kalian.

8. Tulis simpulan mengenai pengaruh gaya magnet terhadap benda di lembar kerja.

Jawaban

BendaSaat didekatkan dengan kutub magnetSaat didekatkan dengan sisi magnet
Benda yang terbuat dari besiBenda yang terbuat dari besi akan ditarik dan menempel jika di dekatkan dengan magnetTidak terjadi apa apa
Benda yang tidak terbuat dari besiBenda yang terbuat bukan dari besi tidak akan ditarik dan tidak akan menempel jika di dekatkan dengan magnetTidak terjadi apa apa

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan Kunci Jawaban Bab 3 Topik B Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 76. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6

Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Jangan lupa belajar ya dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.