Kunci Jawaban Bab 2 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 61

Kunci Jawaban Bab 2 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 61

Kunci Jawaban Bab 2 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 61 – Hai adik adik kelas 4 SD MI sobat bloggers mania, bagaimana kabar kalian hari ini, semoga selalu sehat dan tetap semangat dalam belajar. Mari kita simak bersama pertanyaan Berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harusia lakukan! Pertanyaan tersebut terdapat pada buku siswa kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Bab 2 Topik C halaman 61.

Baca Juga  Bacaan Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara

Sebaiknya sebelum adik-adik menjawab pertanyaan Berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harusia lakukan, yang terdapat pada buku siswa kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Bab 2 Topik C halaman 61, adik adik siswa kelas 4 membaca materinya terlebih dahulu pada halaman sebelumnya.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang materi pada Buku Siswa Kelas 4  Kurikulum Merdeka BAB 2 tentang Wujud Zat dan Perubahannya.

Adik-adik siswa kelas 4 juga mencoba menjawab terlebih dahulu secara mandiri . Setelah itu meminta bantuan orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu untuk membandingkan hasil pekerjaan adik adik dengan kunci jawaban ini

Jawaban Bab 2 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 61

Uji Pemahaman

1. Kalian dan Shinta ingin membuat es dari jus mangga yang baru saja ia buat. Tetapi sayangnya Shinta kebingungan bagaimana caranya. Berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harus ia lakukan!

Jawaban

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat es dari jus mangga yaitu meletakkan jus mangga ke dalam cetakan es krim atau cup khusus. Setelah itu diberi tusuk atau pegangan es krim Setelah itu, masukkan atau simpan jus mangga tersebut di dalam freezer atau lemari es pendingin supaya membeku selama beberapa jam.

2. Kalian dan Shinta berhasil membuat es mangga! Kalian mengambil sepotong es mangga dan mulai menikmatinya. Tidak lama kemudian ibu Shinta memanggil dan meminta tolong Shinta untuk mengambil pakaian yang sedang dijemur. Shinta meletakkan es di dalam gelas yang ada di hadapan kalian. Beberapa menit kemudian kalian melihat es mangga yang ada di gelas Shinta berubah menjadi cair. Shinta datang dan menangis karena esnya tidak padat lagi. Menurut kalian mengapa hal itu bisa terjadi? Coba jelaskan kepada Shinta mengapa bisa terjadi hal itu.

Jawaban

Baca Juga  Kunci Jawaban Bacaan Wisata di Labuhan Bajo

Shinta meletakkan es krim yang baru saja dimakan di luar lemari pendingin, otomatis suhu lingkungannya lebih panas. Hal ini yang menyebabkan es mangga Shinta mencair.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa penyebab es mangga Shinta mencair adalah es yang diletakkan di luar lemari pendingin beberapa saat. Karena suhu di luar lemari pendingin lebih tinggi atau panas, menyebabkan es yang beku mencair atau meleleh

3. Ah, tidak! Kapur barus yang baru saja kalian beli terinjak dan hancur menjadi berbentuk serpihan dan serbuk. Padahal kalian baru saja berjanji pada ibu kalian untuk membawakan kapur barus yang utuh. Sekarang serbuk kapur barus itu bercampur dengan pasir yang ada di tanah. Menurut kalian, apa yang harus dilakukan agar bisa memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir?

Jawaban

Caranya yaitu memanaskan campuran kapur barus dengan pasir yang diletakkan dalam gelas kaca. Lalu, tutup gelas kaca menggunakan kaca arloji dan diberi potongan es batu. Tujuan pemanasan campuran kapur barus yang diberi tutup kaca arloji dan potongan es batu adalah untuk menguapkan kapur barus dan mendinginkannya kembali.

Sehingga, serbuk kapur barus yang menguap akan menempel ke permukaan bawah kaca arloji dan memadat kembali karena suhu dingin dari es batu.

Penutup

Demikian pembahasan pada pertanyaan Kunci Jawaban Bab 2 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 61. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Jangan lupa belajar ya dan semoga bermanfaat

Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *