Mengapa Kurikulum Merdeka dijadikan opsi, Apa kriteria sekolah yang boleh menerapkan Kurikulum Merdeka?

Komponen pembelajaran apa yang berubah di SMK pada Kurikulum Merdeka?

Komponen pembelajaran apa yang berubah di SMK pada Kurikulum Merdeka? – Sobat bloggers, terutama bapak dan ibu guru akhir akhir ini pastinya sering mendengar mengenai kurikulum merdeka. Namun apakah bapak ibu guru sobat bloggers semuanya sudah mengetahui beberapa poin penting pada kurikulum merdeka?

kali ini Bloggers akan membahas mengenai beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai kurikulum merdeka, salah satunya adalah Komponen pembelajaran apa yang berubah di SMK pada Kurikulum Merdeka?. Yuk langsung saja kita pahami satu persatu pada Pertanyaan seri Kurikulum Merdeka yang bloggers rangkum dari Kemendikbud.

Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Bagian 8

Kapan sebaiknya mengarahkan pemilihan mata pelajaran untuk pemilihan fakultas masuk ke Perguruan Tinggi?

Pemilihan mata pelajaran sebaiknya sudah mulai diarahkan sejak kelas X sesuai dengan minat dan bakat peserta didik, namun yang perlu diperhatikan adalah perlunya diskusi dan bimbingan dengan guru, guru Bimbingan Konseling, dan orang tua.

Apakah yang dimaksud dengan unit inkuiri pada kelas X?

Unit inkuiri adalah kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar, dari sudut pandang berbagai mata pelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA dan IPS dengan menggunakan metode inkuiri.

Komponen pembelajaran apa yang berubah di SMK?

a. Spektrum keahlian disesuaikan dengan kondisi dunia kerja. Ada 10 bidang keahlian dan 50 program keahlian.
b. Struktur kurikulum terdiri dari dua kelompok yaitu A. Umum, B. Kejuruan. Waktu Praktik Kerja Lapangan adalah 6 bulan di kelas XII pada SMK program 3 tahun dan minimal 10 bulan di kelas XIII pada SMK program 4 tahun.
c. Pembelajaran boleh disampaikan dengan menggunakan sistem Blok, dengan model belajar project based learning dan proporsi jam pelajaran yang disesuaikan dengan program keahlian
d. Bahan ajar digunakan untuk mendukung pembelajaran dan pelatihan terhadap kompetensi yang ada di dunia kerja
e. Guru yang mengajar diarahkan agar memiliki kompetensi setara dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja. Instruktur dunia kerja juga didorong untuk ikut mengajar.
f. Sarana dan prasarana diarahkan agar dilakukan analisis benchmarking sesuai dengan kebutuhan dunia kerja

Baca Juga  Kunci Jawaban Bab 6 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 154, Mari Refleksikan

Apa yang berubah pada spektrum keahlian SMK?

Jumlah Bidang Keahlian menjadi 10 dan dibagi menjadi 50 Program Keahlian. Kompetensi Keahlian tidak lagi masuk ke dalam Spektrum Keahlian.

Apakah satuan pendidikan diberi kebebasan membuka konsentrasi keahlian?

Capaian Pembelajaran (CP) pada level konsentrasi keahlian adalah kompetensi minimum pada keahlian tersebut. SMK dan mitra dunia kerja dapat mengembangkan tujuan pembelajaran sesuai dengan konteks ketenagakerjaan dalam dunia kerja tersebut.

Nah demikian tadi pembahasan mengenai beberapa pertanyaan seputar Kurikulum Merdeka. Sobat bloggers bisa mendapatkan pertanyaan dan jawaban seputar kurikulum merdeka melalui buku saku Kurikulum merdeka yang bisa diunduh melalui tautan dibawah ini

DOWNLOAD BUKU SAKU TANYA JAWAB KURIKULUM MERDEKA

Baca Juga:

Pencarian Populer : pelajaran smk yang berubah di kurikulum merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *