Jika akan dilakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran, variabel terikat yang sesuai dengan kondisi kelas tersebut adalah ….

Di sebuah Sekolah Dasar, dalam satu kelas terdiri dari 26 peserta didik yang kemampuan belajarnya beragam. Tujuh peserta didik tampak sangat menonjol bagus dalam memahami pelajaran, sementara ada enam peserta didik yang kemampuannya sangat kurang dalam memahami pelajaran, sedang sisanya biasa saja. Tujuh peserta didik yang menonjol bagus kadang justru menggangu temannya yang belum memahami pelajaran. Jika akan dilakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran, variabel terikat yang sesuai dengan kondisi kelas tersebut adalah ….

A. model pembelajaran
B. pemahaman
C. jumlah peserta didik
D. kesulitan belajar.
E. kemampuan belajar

Jawaban

Jawaban: B

Pembahasan

Variabel yang terikat yang sesuai dengan kondisi kelas tersebut adalah pemahaman. Melalui penelitian akan dapat diukur bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta didik. Peningkatan pemahaman dapat dilakukan dengan melakukan eksperimen atau tindakan dengan menerapkan model, media, pengembangan materi, dan atau perlakuan lain dalam pembelajaran.

Secara garis besar, variabel penelitian dibagi menjadi dua macam, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Winarsunu (2006:4) menjelaskan variabel bebas dan variabel terikat seperti di bawah ini.

Baca Juga  Download Soal Latihan Pretest PPG Materi Pedagogik

Pengertian Variabel Bebas (Variabel X)

Variabel bebas adalah suatu variabel yang apabila dalam suatu waktu berada bersamaan dengan variabel lain, maka (diduga) akan dapat berubah dalam keragamannya. Variabel bebas ini bisa juga disebut dengan variabel pengaruh, perlakuan, kuasa, treatment, independent, dan disingkat dengan variabel X. Yusuf (2014:109) memaparkan bahwa variabel bebas adalah variabel yang memengaruhi, menjelaskan, menerangkan variabel yang lain.

Pengertian Variabel Terikat (Variabel Y)

Variabel terikat adalah suatu variabel yang dapat berubah karena pengaruh variabel bebas (variabel X). Variabel terikat sering disebut juga dengan variabel terpengaruh atau dependent, tergantung, efek, tak bebas, dan disingkat dengan nama variabel Y. Yusuf (2014:109) memaparkan bahwa variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau diterangkan oleh variabel lain, tetapi tidak dapat memengaruhi variabel lainnya.

Perbedaan Variabel Bebas dan Variabel Terikat

Variabel bebas dan variabel terikat memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat bisa dilihat dari judul suatu penelitian. Penjelasan perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat adalah sebagai berikut.
“Pengaruh Pendidikan dan pendapatan”
“Hubungan antara Pendidikan dengan Pendapatan”

Contoh judul penelitian di atas diawali dengan pendidikan, sehingga pada judul penelitian tersebut ingin berusaha mencari atau melihat apakah pengaruh pendidikan seseorang itu berdampak pada pendapatannya. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa pendidikan pada judul tersebut merupakan variabel bebas, sedangkan pendapatan merupakan variabel terikat (Yusuf, 2014:109-110).
Pendidikan sebagai variabel bebas (variabel X)
Pendapatan sebagai variabel terikat (variabel Y)

Berdasarkan perincian di atas, dapat diambil simpulan bahwa pendidikan sebagai variabel bebas karena pada judul penelitian tersebut pendidikan (variabel X) menjadi variabel yang mempengaruhi variabel terikat, yaitu pendapatan (variabel Y). Pendapatan disebut dengan variabel terikat karena pendapatan adalah variabel efek atau variabel yang dikenai pengaruh dari variabel bebas.

Baca Juga  Kunci Jawaban Bab 3 Topik D Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 88

Jika akan dilakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *