Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 9 BAB 2 Halaman 112

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 9 BAB 2 Halaman 112

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 9 BAB 2 Halaman 112 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang jawaban Uji Kompetensi BAB 2 IPA kelas 9 semester 1 halaman 112 yang terdiri dari pilihan ganda dan uraian. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang sistem perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.

Uji Kompetensi IPA Kelas 9 BAB 2 Halaman 112

Pilihan Ganda

1. Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah perkembangbiakan secara ….

A. alami
B. seksual
C. generatif
D. vegetatif

2. Perkembangbiakan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan ….

A. merunduk, setek, dan cangkok
B. merunduk, enten, dan umbi lapis
C. okulasi, stolon, dan tunas adventif
D. rhizoma, enten, dan tunas adventif

3. Berikut menunjukkan seekor kupu­-kupu hinggap pada tanaman bunga A lalu membawa serbuk sari dari tanaman bunga A ke tanaman bunga B. Hasil yang akan terjadi dari peristiwa tersebut adalah ….

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 9 BAB 2 Halaman 112

A. keturunan dari tanaman bunga A akan terlihat seperti tanaman bunga B
B. keturunan dari tanaman bunga B akan terlihat seperti tanaman bunga A
C. keturunan dari tanaman bunga B akan terlihat seperti tanaman bunga A dan tanaman bunga B
D. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda

4. Gambar berikut menunjukkan tanaman buncis pada tahap pertumbuhan yang berbeda. Urutan tahapan pertumbuhan yang benar adalah ….

A. 2, 1, 3, 4
B. 2, 1, 4, 3
C. 3, 2, 1, 4
D. 4, 2, 3, 1

5. Dayu meletakkan beberapa biji kacang di piring yang diberi kapas basah. Siti juga menaruh beberapa biji kacang di piring dekat piring Dayu dan merendamnya dalam air. Setelah dua hari biji kacang milik Dayu tumbuh berkecambah sedangkan biji kacang milik Siti tidak tumbuh. Penyebab tidak tumbuhnya biji kacang milik Siti adalah ….

A. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak udara
B. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak cahaya
C. Siti tidak menaruh piring di tempat yang cukup hangat
D. Siti seharusnya menggunakan jenis biji kacang yang berbeda

6. Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah ….

A. pembelahan sel telur
B. perkembangan embrio
C. produksi sel sperma dan sel telur
D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur

7. Perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk ….

A. menghasilkan spesies baru serangga
B. meningkatkan jumlah serangga betina
C. mengurangi jumlah populasi serangga
D. mencegah serangga melakukan fertilisasi

8. Untuk mencari tahu apakah biji tumbuh lebih baik di tempat terang kita dapat melakukan kegiatan ….

A. meletakkan biji di tempat gelap dan hangat
B. meletakkan biji di tempat hangat dan terang
C. meletakkan biji tersebut di tempat terang dingin dan gelap dingin
D. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap

9. Ketika ulat menjadi dewasa, bentuknya akan menjadi ….

10. Anak ayam tumbuh di dalam telur selama 21 hari sebelum menetas. Cadangan makanan anak ayam sebelum menetas adalah ….

Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 27

A. makanan dari induk betina
B. kuning telur yang ada pada telur
C. putih telur yang mengandung protein albumin
D. kuning telur dan putih telur yang terdapat di dalam telur

Uraian

  1. Jelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan secara seksual!
  2. Terlihat sekumpulan kupu­-kupu yang hinggap pada bunga yang beraneka warna di halaman sekolah. Kupu­-kupu yang hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga. Jelaskan bagaimana kupu-­kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga!
  3. Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu dengan cara mencangkok dan satu dengan cara menanam bijinya. Dari kedua cara menanam tersebut analisislah, manakah di antara kedua cara penanaman tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya? Manakah yang akan cepat berbuah? Kaitkan dengan perbedaan sifat keturunan hasil perkembangbiakan vegetatif dan generatif!
  4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang banyak merugikan dalam kehidupan manusia yang dalam perkembangan hidupnya mengalami metamorfosis sempurna. Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita?
  5. Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur. Telur ayam yang dihasilkan oleh ayam petelur apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam. Analisislah mengapa telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi anak ayam!

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 9 BAB 2 Halaman 112

Pilihan Ganda

  1. D. vegetatif
  2. A. merunduk, setek, dan cangkok
  3. D. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda
  4. B. 2, 1, 4, 3
  5. A. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak udara

  1. D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur
  2. C. mengurangi jumlah populasi serangga
  3. D. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap
  4. A.
  5. B. kuning telur yang ada pada telur

Uraian

  1. Cara perkembangbiakan tumbuhan secara seksual dilakukan melalui 2 tahapan. Pertama, tahap penyerbukan. Pada tahap ini terjadi proses penempelan serbuk sari ke kepala putik. Kedua, tahap fertilisasi. Pada tahap ini inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) dan membentuk zigot, dan inti sel sperma yang membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk angiosperma atau cadangan makanan. Zigot yang terbentuk akan berkembang menjadi biji.
  2. Kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga dengan cara ketika serbuk sari dari suatu bunga yang dihinggapi kupu-kupu menempel pada kaki maupun tubuh kupu-kupu. Ketika kupu-kupu menyinggahi bunga lain, serbuk sari yang menempel tadi akan ikut berpindah dan serbuk sari dapat menempel pada putik sehingga dapat terjadi proses penyerbukan.

  1. Pengembangbiakan pohon mangga dengan cara mencangkok dan menanam biji. Dari dua cara tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan indukannya adalah pohon mangga yang ditanam dengan cara mencangkok. Sedangkan pada pohon mangga yang ditanam melalui biji akan memiliki sifat yang bervariasi.
  2. Upaya yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita yaitu dengan cara 3M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur.
  3. Telur yang berasal dari ayam petelur tidak dapat berkembang biak menjadi anak ayam, hal tersebut dikarenakan telur yang dihasilkan tidak melalui proses fertilisasi atau pembuahan. Sehingga telur tersebut tidak mengandung embrio dan apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam.
Baca Juga  Kunci Jawaban Bab 4 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 99, Percobaan 1

Tahukah Kamu

  1. Ketika serbuk sari yang tidak sesuai (tidak berasal dari tumbuhan yang sejenis) melekat pada kepala putik (stigma) maka serbuk sari tidak akan berkecambah membentuk buluh serbuk sari sehingga proses pembuahan atau fertilisasi tidak dapat terjadi. Bagaimana ini dapat terjadi? Ternyata serbuk sari yang berasal dari tumbuhan lain tidak dapat melekat dengan kuat pada kepala putik. Tahukah kamu mengapa hal ini dapat terjadi? Cobalah ingat materi tarik menarik antara molekul, yaitu adhesi dan kohesi. Gaya tarik­ menarik antara molekul yang berbeda atau adhesi pada serbuk sari dengan kepala putik pada tumbuhan yang berbeda jenis amat lemah, sehingga menyebabkan serbuk sari mudah lepas dari kepala putik. Selain itu, pada permukaan serbuk sari terdapat senyawa kimia berupa lipid (lemak) dan protein termasuk enzim. Senyawa kimia ini akan bereaksi dengan senyawa kimia pada kepala putik. Jika serbuk sari tidak cocok, maka reaksi kimia dalam serbuk sari terhambat. Akibatnya, serbuk sari tidak dapat berkecambah membentuk buluh serbuk sari.

  1. Ukuran biji anggrek sangat kecil, hampir menyerupai tepung. Kecilnya ukuran ini menyebabkan jumlah cadangan makanan dalam biji juga sangat sedikit, sehingga sangat sulit bagi biji anggrek untuk tumbuh. Biji anggrek dapat tumbuh jika kondisi lingkungan cukup lembap dan dibantu oleh jenis jamur tertentu yang dikenal dengan mikoriza. Rendahnya daya tumbuh biji anggrek inilah yang menyebabkan anggrek cukup langka. Para peneliti dan petani anggrek telah mengembangkan teknik perkembangbiakan anggrek dengan menggunakan kultur jaringan untuk mengatasi permasalahan perkembangbiakan pada anggrek. Tunas atau biji anggrek yang telah diambil kemudian ditanam pada medium agar-agar yang berisi nutrisi dan zat pengatur tumbuh. Biji anggrek dapat tumbuh lebih cepat dan lebih banyak melalui cara tersebut. Setelah proses penanaman, biji anggrek akan mengalami tahap pengakaran atau tumbuhnya akar. Tumbuhnya akar menandai bahwa proses kultur jaringan yang dilakukan mulai berjalan dengan baik. Selanjutnya, dilakukan pemisahan biji yang telah mengalami pengakaran atau yang disebut plantlet. Plantlet akan tumbuh menjadi tanaman anggrek dengan struktur organ yang lengkap, yaitu akar, batang, dan daun. Jika telah memiliki struktur  emikian, tanaman anggrek dapat dikeluarkan dari botol kultur dan ditanam pada media dalam pot. Tanaman anggrek terlebih dahulu harus ditempatkan pada ruangan atau disebut dengan proses aklimatisasi, yang bertujuan agar tanaman anggrek yang baru dapat mengenali kondisi di luar botol kultur. Jika akar tanaman anggrek telah tumbuh kuat, maka tanaman anggrek siap dipindahkan ke media tanam yang baru dan dapat ditanam di luar ruangan.

  1. Serangga dapat bermanfaat bagi tumbuhan dan manusia tetapi ada pula serangga yang menjadi hama. Hama dapat dikendalikan secara efektif dengan menggunakan insektisida. Sayangnya, beberapa serangga dapat berkembang dan menjadi tahan terhadap insektisida atau resisten terhadap insektisida. Keadaan ini biasanya timbul sebagai akibat penggunaan satu jenis insektisida secara terus­menerus dalam waktu yang cukup lama. Racun pada insektisida dapat membunuh hama dan dapat pula membahayakan makhluk hidup bukan hama. Berbagai cara untuk melakukan pengendalian biologis terhadap hama telah dikembangkan dan diuji. Pengendalian biologis terhadap hama dilakukan dengan bantuan berbagai jenis bakteri, jamur, dan virus. Makhluk hidup parasit dan pemberian predator alami bagi hama juga berhasil dilakukan untuk mengendalikan hama tertentu. Dikembangkan pula metode pengendalian hama dengan melibatkan hama jantan. Hama jantan diberi perlakuan tertentu sehingga tidak dapat melakukan perkembangbiakan. Cara lain dengan diberikan suatu bahan kimia tertentu yang dapat mengganggu perilaku perkembangbiakan hama.
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 131

Rangkuman

  1. Tumbuhan dan hewan dapat melakukan perkembangbiakan secara seksual dan aseksual.
  2. Reproduksi aseksual adalah perkembangbiakan tumbuhan atau hewan tanpa melewati proses fertilisasi. Perkembangbiakan aseksual menggunakan organ tubuh ataupun bagian tubuh hewan ataupun tumbuhan.
  3. Reproduksi seksual adalah perkembangbiakan yang melalui proses fertilisasi, yaitu proses peleburan inti sel kelamin jantan (sel sperma) dan inti sel kelamin betina (sel telur).
  4. Reproduksi aseksual alami tumbuhan Angiospermae dengan menggunakan rhizoma, stolon, umbi lapis, umbi batang, kuncup adventif daun, dan anakan. Perkembangbiakan aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung, menempel, dan setek. Perkembangbiakan seksual merupakan cara perkembangbiakan yang melibatkan sel kelamin dan fertilisasi. Perkembangbiakan seksual pada tumbuhan melibatkan sel kelamin berupa sel sperma yang dihasilkan oleh serbuk sari dan sel telur yang dihasilkan oleh putik.

  1. Reproduksi pada tumbuhan Gymnospermae secara seksual melalui penyerbukan dan pembuahan yang terjadi pada strobilus. Perkembangbiakan aseksual terjadi melalui tunas akar pada tumbuhan pinus dan bulbil pada tanaman pakis haji.
  2. Tumbuhan paku (Pteridophyta) mengalami tahap gametofit dan sporofit. Perkembangbiakan seksual terjadi pada tahap gametofit yaitu dengan dihasilkannya sel kelamin. Sel kelamin jantan dan betina yang dihasilkan akan mengalami fertilisasi. Tahapan selanjutnya ialah tahap sporofit, yaitu dimulai ketika zigot hasil fertilisasi akan tumbuh menjadi tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora. Perkembangbiakan aseksual pada tumbuhan paku dapat melalui rhizoma.
  3. Tumbuhan Lumut (Bryophyta) mengalami perkembangbiakan seksual dan aseksual pada satu kali perkembangan hidupnya. Perkembangbiakan seksual dengan menghasilkan gamet jantan dan gamet betina, yaitu pada tahap gametofit. Pada tahap sporofit tumbuhan lumut menghasilkan spora. Perkembangbiakan lumut secara aseksual dapat melalui gemmae dan fragmentasi.

  1. Teknologi perkembangbiakan pada tumbuhan meliputi vertikultur, hidroponik, dan kultur jaringan tumbuhan.
  2. Hewan dapat melakukan perkembangbiakan aseksual melalui tunas, fragmentasi, dan partenogenesis.
  3. Berdasarkan cara perkembangan dan kelahiran embrionya hewan yang berkembang biak secara seksual dibagi menjadi hewan vivipar, ovipar, dan ovovivipar.
  4. Beberapa hewan dapat mengalami tahap perkembangbiakan seksual dan tahap perkembangbiakan aseksual dalam satu kali perkembangan hidup, misalnya pada ubur­-ubur.
  5. Beberapa hewan dapat mengalami metamorfosis atau perubahan struktur tubuh tiap tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Metamorfosis dapat digolongkan menjadi metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
  6. Teknologi perkembangbiakan pada hewan misalnya melalui inseminasi buatan.

Nah, itu dia pembahasan Uji Kompetensi IPA kelas 9 BAB 2 semester 1 halaman 112 tentang proses perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca juga

Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 73

Jawaban Ayo Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 76

Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 77

Jawaban Ayo Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 80

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 81

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 88

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 92

Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 95

Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 103

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *