Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 8 BAB 1 Halaman 66

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 8 BAB 1 Halaman 66

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 8 BAB 1 Halaman 66 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang Uji Kompetensi BAB 1 IPA kelas 8 semester 1 halaman 66 yang terdiri dari pilihan ganda dan uraian. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar.

Uji Kompetensi IPA Kelas 8 BAB 1 Halaman 66

Pilihan Ganda

1. Fungsi sistem rangka antara lain melindungi organ internal. Pada tubuh manusia tulang yang melindungi jantung dan paru-paru serta otak secara berturut-turut adalah ….

A. tulang belakang dan tulang rusuk
B. tulang rusuk dan tulang tengkorak
C. tulang tengkorak dan tulang rusuk
D. tulang belakang dan tulang tengkorak

2. Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah ….

A. otot jantung dan otot dahi
B. otot jantung dan otot trisep
C. otot bisep dan otot jantung
D. otot dahi dan otot gastronemius

3. Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah ….

A. sendi geser
B. sendi putar
C. sendi pelana
D. sendi engsel

4. Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut gerak ….

A. nasti
B. esionom
C. tropisme
D. higroskopis

5. Contoh gerak tumbuhan berikut yang bukan merupakan contoh dari gerak nasti adalah….

A. mekarnya bunga pukul empat
B. gerak menutupnya daun putri malu
C. menguncupnya daun tumbuhan Leguminoceae
D. merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan

6. Perhatikan pernyataan-pertanyaan di bawah ini!

(1) sebagian besar ikan memiliki bentuk tubuh torpedo
(2) ekor dan sirip ikan berfungsi untuk menahan laju air
(3) sirip tambahan diperlukan untuk melakukan berbagai gerakan di dalam air
(4) bentuk torpedo (streamline) tubuh ikan berfungsi untuk mengurangi hambatan di dalam air

Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, yang mendukung ikan untuk melakukan berbagai gerakan di dalam air adalah pernyataan nomor ….

A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)

7. Seseorang yang sedang mengendarai sepeda mampu menempuh jarak 5 meter dalam waktu 2,5 sekon. Berdasarkan informasi tersebut, kecepatan anak bersepeda adalah … m/s.

A. 2,0
B. 5,0
C. 7,5
D. 12,5

8. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan yang berubah-ubah seperti digambarkan pada grafik di bawah ini.

Titik yang menunjukkan mobil sedang mengalami peristiwa kelembaman adalah ….

A. A – B
B. B – C
C. C – D
D. D – A

9. Perhatikan gambar bola yang dilempar ke tembok akan memantul kembali seperti gambar di bawah ini!

Baca Juga  Jawaban Aktivitas 1.5 Ayo Cari IPA Kelas 10 Halaman 14

Berikut pasangan gaya aksi-reaksi yang benar adalah ….

A. F1, F2 dan F3, karena ketiga gaya tersebut menggambarkan gerak bola
B. F1 dan F2, karena bekerja pada benda yang sama dan arah gayanya saling tegak lurus
C. F1 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda dan arah gayanya saling tegak lurus
D. F2 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda dan arah gayanya saling berlawanan

10. Perhatikan posisi burung yang sedang terbang bebas seperti pada gambar di bawah ini!

Saat terbang di udara, burung tersebut menerapkan hukum ketiga Newton dengan cara memanfaatkan sifat gesekan udara. Berdasarkan fakta tersebut, maka perbandingan besarnya gaya aksi dan reaksi antara burung dengan udara yang benar adalah ….

A. sama, sehingga burung dapat melayang di udara
B. sama, sehingga burung dapat terbang dengan stabil di udara
C. sama, karena gaya yang dimilikinya melebihi besar gaya gesekan udara maka burung dapat maju ke depan
D. berbeda, karena gaya yang dimilikinya lebih kecil dari gaya gesekan udara sehingga burung dapat maju ke depan

Uraian

1. Perhatikan gambar ketiga jenis otot manusia berikut ini

Jelaskan nama masing-masing otot tersebut dan lokasinya dalam tubuh manusia, serta sebutkan satu (1) ciri yang nampak dari otot tersebut!

2. Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari?

3. Jelaskan perbedaan prinsip gerak yang dilakukan oleh burung, ikan, dan kuda berdasarkan bentuk tubuhnya!

4. Perhatikan gambar grafik berikut ini!

Berdasarkan gambar di atas,
a. Apa yang terjadi pada kecepatan mobil yang berada pada jarak di antara 2,6 km sampai 2,8 km?
b. Manakah dari gambar A, B, C, D, dan E berikut yang menunjukkan lintasan gerak mobil balap yang terekam pada grafik di atas?

5. Perhatikan gambar di bawah ini!

Seorang peloncat dengan berat w menekan tanah di bawahnya dengan gaya yang besarnya F dan sebagai hasilnya ia melambung ke udara.
a. Berapakah besar gaya yang dikerjakan tanah () terhadap peloncat? Apakah F´=w, F´>w, atau F´<w?
b. Berapa pula besar F’ dibandingkan F? Apakah F´=F, F´>F, atau F´<F? Jelaskan!

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 8 BAB 1 Halaman 66

Pilihan Ganda

  1. B. tulang rusuk dan tulang tengkorak
  2. C. otot bisep dan otot jantung
  3. D. sendi engsel
  4. D. higroskopis
  5. D. merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan
  6. C. (1), (3), dan (4)
  7. A. 2,0
  8. B. B – C
  9. D. F2 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda dan arah gayanya saling berlawanan
  10. C. sama, karena gaya yang dimilikinya melebihi besar gaya gesekan udara maka burung dapat maju ke depan

Uraian

  1. Jenis otot manusia:
    (a) Nama otot : otot rangka
    Lokasi otot : melekat pada tulang
    Ciri yang nampak : memiliki garis-garis melintang
    (b) Nama otot : otot jantung
    Lokasi otot : jantung
    Ciri yang nampak : memiliki garis-garis seperti otot rangka
    (c) Nama otot : otot polos
    Lokasi otot : dinding lambung, rahim, usus halus, dan lainnya
    Ciri yang nampak : berbentuk gelondong dan tidak bergaris-garis
  2. Kita dianjurkan karena pada pagi hari sinar matahari menghasilkan ultraviolet yang berguna untuk membantu tubuh untuk mengubah provitamin D yang ada pada jaringan kulit menjadi vitamin D yang diperlukan oleh tubuh dalam proses pengerasan tulang.
  3. Burung memiliki otot sayap yang sangat kuat dan rangka yang ringan sehingga memudahkan burung ketika terbang.
    Ikan memiliki memiliki bentuk stream line untuk mengurangi hambatan ketika bergerak di dalam air.
    Kuda memiliki otot rangka yang sangat kuat untuk berlari di darat.
  4. Kecepatan
    a) Yang terjadi pada kecepatan mobil yang berada pada jarak di antara 2,6 km sampai 2,8 km adalah mobil tersebut mengalami percepatan atau pertambahan kecepatan
    b) Dari gambar A, B, C, D, dan E yang menunjukkan lintasan gerak mobil balap yang terekam pada grafik adalah gambar E.
  5. Besar gaya yang dikerjakan tanah () terhadap peloncat adalah lebih besar dari w dan sama dengan F, hal ini karena peloncat harus mampu untuk mengimbangi gaya gaya beratnya namun gaya tekan pada tanah nilainya sama dengan gaya yang diberikan tanah kepada peloncat (gaya aksireaksi).
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Pikirkan IPA Kelas 8 Halaman 77

Rangkuman

  1. Jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh, sedangkan perpindahan merupakan jumlah lintasan yang ditempuh dengan memperhitungkan posisi awal dan akhir benda.
  2. Gerak Lurus dibedakan menjadi dua, yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
  3. Gerak Lurus Beraturan (GLB) terjadi apabila kecepatan gerak suatu benda konstan.
  4. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) terjadi apabila suatu benda bergerak dengan percepatan yang konstan.
  5. Gaya adalah tarikan atau dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda.
  6. Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh contohnya adalah gaya otot dan gaya gesek. Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Gaya gesek adalah gaya yang diakibatkan oleh adanya dua buah benda yang saling bergesekan. Gaya tak sentuh adalah gaya yang tidak membutuhkan kontak langsung dengan benda yang dikenai.
  1. Hukum I Newton menyatakan bahwa benda yang tidak mengalami resultan gaya (ΣF=0) akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan.
  2. Hukum II Newton menyatakan bahwa percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya.
  3. Hukum III Newton menyatakan bahwa ketika benda pertama mengerjakan gaya (Faksi) pada benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya (Freaksi) yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau Faksi=−Freaksi.
  4. Fungsi rangka yaitu memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh kita; melindungi organ dalam, misalnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak; tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif sehingga dapat menggerakkan tulang; sebagai tempat pembentukan sel darah (pada jenis tulang tertentu, seperti tulang paha).
  5. Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi empat jenis tulang, yaitu tulang panjang (misalnya tulang lengan atas atau humerus), tulang pipih (misalnya tulang dada atau sternum), tulang pendek (misalnya tulang ruas jari atau falang), dan tulang tidak beraturan (misalnya tulang punggung atau vertebra).
  1. Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Sendi dapat dikelompokkan berdasarkan banyak sedikitnya gerakan yang mungkin dilakukan. Sendi yang tidak dapat digerakkan disebut dengan sinartrosis, misalnya sendi yang terdapat pada tulang tengkorak. Sendi yang dapat digerakkan namun terbatas disebut dengan amfiartrosis, misalnya sendi antarruas tulang belakang. Sendi yang dapat digerakkan dengan bebas disebut dengan diartrosis. Sendi diartrosis dibagi menjadi sendi peluru, sendi engsel, sendi putar, sendi pelana, dan sendi geser.
  2. Ada tiga jenis jaringan otot yang menyusun tubuh manusia, yaitu otot rangka, otot jantung, dan otot polos.
  3. Ada beberapa macam gangguan dan kelainan yang terjadi pada sistem gerak antara lain, riketsia, osteoporosis, fraktura (patah tulang), artritis, lordosis, kifosis, dan skoliosis.
  4. Hewan yang hidup di air dapat melayang-layang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi karena adanya gaya angkat oleh air.
  5. Kecenderungan hewan yang hidup di darat adalah memiliki otot dan tulang yang kuat. Hal tersebut diperlukan untuk mengatasi inersia (kecenderungan tubuh untuk diam) dan untuk menyimpan energi pegas (elastisitas) untuk melakukan berbagai aktivitas.
  1. Berdasarkan asal datangnya rangsangan, gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga, yaitu gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
  2. Gerak endonom adalah gerak yang terjadi akibat rangsangan yang berasal dari dalam sel atau tubuh tumbuhan.
  3. Gerak higroskopis adalah gerak yang terjadi karena adanya perubahan kadar air di dalam sel secara tidak merata. Contohnya membukanya buah polong-polongan dan membukanya dinding sporangium tumbuhan paku.
  4. Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar tubuh tumbuhan (lingkungan sekitar). Berdasarkan arah respons gerak yang dilakukan tumbuhan, gerak esionom dapat dibedakan menjadi gerak tropisme, gerak taksis, dan gerak nasti.
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 138

Nah, itu dia pembahasan Uji Kompetensi BAB 1 IPA kelas 8 semester 1 halaman 66 tentang gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca juga

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 10

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 12

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 13

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 20

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 27

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 32

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 36

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 44

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 8 Halaman 53

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 60

Pencarian Populer : jawaban uji kompetensi ipa kelas 8 halaman 66

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *