Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid

Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid

Daftar Isi

Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid – Halo Sobat Bloggers terutama Sobat guru di manapun Anda berada, pada kesempatan ini kami akan membagikan materi mengenai jawaban post test yang terdapat pada Modul 1 Memahami Murid.

Jawaban yang Bloggers bagikan adalah paket lulus untuk setiap post test. Soal yang keluar saat mengerjakan post test sama, namun nomornya selalu diacak. Jadi, silahkan Sobat bloggers bisa mengerjakan post test dengan lebih fokus mengamati isi soal. Berikut ini adalah soal dan jawaban post testnya.

Asesmen Awal Pembelajaran bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan potensi murid. Manakah penggunaan yang paling tepat atas data yang diperoleh dari asesmen awal pembelajaran?

Jawaban : A. Sebagai rujukan untuk merancang kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan murid

Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid.

Rekan Pak Arif menyarankan ia untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih dikuasai murid-murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses belajar murid.

Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran.

  1. Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai lembar kerja murid.
  2. Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu singkat.
  3. Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah
  4. Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti karier di masa depan
  5. Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya sendiri.

Jawaban yang tepat adalah:

Jawaban : B. 1, 3, 4

Baca Juga  Jawaban Modul Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka Topik 2

Dalam video, Bu Guru Tini tampak mengajarkan membaca dengan cara menunjukkan kartu kata ‘IBU’, membacakan, lalu mengeja kata pada kartu. dari hasil latihan di kelas, Bu Tini menyimpulkan bahwa muridnya telah mengetahui huruf I dan B, tetapi belum mengetahui huruf U. Dalam mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid, terdapat 6 indikator yang dapat digunakan, yaitu: mengenal bentuk dan melafalkan bunyi huruf, membaca suku kata, sikap membaca, pemahaman, jumlah kosakata, dan kemampuan menulis. Kita telah mengetahui bahwa ada 6 indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan membaca awal. Bagaimanakah sikap yang dapat ditunjukkan oleh Bu Guru Tini dalam menggunakan atau memanfaatkan aneka indikator ini?

Jawaban : B. Fleksibel dan terbuka terhadap adanya kemungkinan faktor lain yang juga dapat dijadikan sebagai indikator.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid, kecuali:

Jawaban : A. Bakat murid

Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?

Jawaban  : A. Memberikan instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil.

Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi mengenai kebutuhan murid.

Jawaban : A. Benar

Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?

Jawaban : B. Modifikasi produk akhir

Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:

1.            Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi projek.
2.            Menentukan capaian yang sama untuk seluruh murid di kelas.
3.            Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.
4.            Memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan umpan balik.
5.            Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar tampak menarik.
Strategi yang tepat adalah…

Baca Juga  Download Soal Latihan Pretest PPG Penjas

Jawaban : A. Nomor 1 dan 3.

Selesai sudah Sobat mengerjakan Post test Modul 1 Memahami Murid. Setelah ini Sobat bisa mengerjakan post test pada topik dan juga modul lainnya, juga tak ketinggalan mengerjakan latihan pemahaman beserta cerita reflektifnya.

Oke, sekian informasi kali ini yang dapat Bloggers bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan Sobat semua. Dan jika terdapat kekurangan, silahkan Sobat dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published.