Jawaban Modul Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A Topik 4 (Post Test)
Jawaban Modul Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A Topik 4 (Post Test)

Jawaban Modul Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A Topik 4

Bloggers.idJawaban Modul Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A dalam Topik 4 – Halo Sobat Bloggers terutama Sobat guru di manapun Anda berada, pada kesempatan ini kami akan membagikan materi mengenai jawaban post test yang terdapat pada Topik 4 Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A. Jawaban yang Bloggers bagikan adalah paket lulus untuk setiap post test. Soal yang keluar saat mengerjakan post test sama, namun nomornya selalu diacak. Jadi, silahkan Sobat bloggers bisa mengerjakan post test dengan lebih fokus mengamati isi soal. Berikut ini adalah soal dan jawaban post testnya.

Jawaban Modul Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A Topik 4 (Post Test)

Jawaban Modul Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A Topik 4 (Post Test)

1. Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor. Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di sekolahnya?

a. Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian rapor

Baca Juga  Kunci Jawaban Bab 5 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 142

b. Membuat portofolio untuk divariasikan bersamaan dengan pembagian rapor

c. Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor

d. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor

2. Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas 4 pada mata pelajaran Matematika berikut.

Sebagian besar pemahaman murid tentang satuan panjang dan berat belum memadai.

Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?

a. Mengubah strategi belajar yang sudah dilakukan, antara lain dengan mengganti alat bantu mengajar dan mengantarkan materi lewat cara lain.

b. Mengubah teknik asesmen

c. Tetap melanjutkan pembelajaran. Murid-murid yang kemampuannya sudah memadai berperan sebagai tutor teman sebaya.

d. Merancang program pembelajaran kontekstual. Pemahaman dan penerapan konsep pengukuran berat dan panjang dilakukan dalam kegiatan memasak dan membuat kemasan makanan, disertai diferensiasi kebutuhan para murid.

3. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.

a. Benar

b. Salah

4. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.

1) Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.

2) Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.

3) Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.

4) Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.

5) Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.

Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?

a. 1 dan 3

Baca Juga  Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6

b. 2 dan 4

c. 3 dan 5

d. 2 dan 3

e. 1 dan 5

5. Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data ….

a. Asesmen formatif

b. Asesmen sumatif

c. Asesmen formatif dan sumatif

d. Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif bergantung pada pertimbangan satuan pendidikan

6. Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.

a. Benar

b. Salah

7. Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada ….

a. Capaian pembelajaran

b. Alur tujuan pembelajaran

c. Poin penting dari materi yang sudah diberikan

d. Semua benar

8. Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.

Guru: “Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?

Murid: “Hmm… judul?

Guru: “Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?

Murid: “Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi”

a. Klarifikasi

b. Nilai

c. Perhatian

d. Saran

e. Apresiasi

Selesai sudah Sobat mengerjakan soal dan Jawaban Modul Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A Topik 4. Setelah ini Sobat bisa mengerjakan post test pada topik dan juga modul lainnya, juga tak ketinggalan mengerjakan latihan pemahaman beserta cerita reflektifnya. Oke, sekian informasi kali ini yang dapat Bloggers bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan Sobat semua. Dan jika terdapat kekurangan, silahkan Sobat dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *