Jawaban Lembar Aktivitas 13 Mengenal Fintech, IPS Halaman 199 Kelas X

Jawaban Lembar Aktivitas 13 Mengenal Fintech IPS

Jawaban Lembar Aktivitas 13 Mengenal Fintech, IPS Halaman 199 Kelas X – Hai sobat bloggers, kali ini bloggers akan membahas mengenai lembar Aktivitas 13 Buku IPS SMA Kelas X yang membahas mengenai materi mengenal Fintech. Apa sih fintech itu?

Apabila kalian melakukan transaksi daring untuk berbelanja atau menyimpan uang, kalian telah menjadi salah satu pelaku teknologi finansial.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut lembaga keuangan nonbank untuk beradaptasi hingga lahirlah teknologi finansial. Teknologi finansial merupakan inovasi finansial dengan sentuhan teknologi modern (Sukma, 2016).

Berdasarkan penjelasan OJK, aktivitas teknologi finansial meliputi peminjaman dan pembayaran yang berbasis teknologi informasi. OJK juga mencatat per 14 Agustus 2020 sudah ada 127 perusahaan fintech yang terdaftar di Indonesia. Kalian dapat menemukan informasi tersebut di situs web OJK.

Agar kalian lebih memahami tentang fintech kerjakan tugas di bawah ini!

Jawaban Lembar Aktivitas 13 Mengenal Fintech Halaman 199

Petunjuk kerja:

  • Kerjakan tugas secara berkelompok.
  • Gunakanlah berbagai sumber belajar untuk mengerjakan tugas.
  • Untuk mencari informasi tentang fintech, kalian dapat mencari secara daring ataupun melakukan wawancara dengan narasumber yang menurut kalian dapat membantu tugas kalian.
  • Sampaikan temuan kalian di kelas!
Baca Juga  Jawaban Aktivitas 6.3 IPA Kelas 10 Halaman 136

Tugas:

Carilah informasi dua contoh fintech yang terdaftar secara resmi di OJK!

Jawaban

Melansir dari situs OJK, Sampai dengan 25 Agustus 2021, total jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang terdaftar dan berizin di OJK adalah sebanyak 116 penyelenggara.cTerdapat penambahan 9 (sembilan) penyelenggara fintech lending berizin sehingga jumlah penyelenggara fintech lending berizin menjadi 77 penyelenggara. Adapun penambahan 9 (sembilan) penyelenggara fintech lending berizin dimaksud yaitu:

  1. PT Tani Fund Madani Indonesia;
  2. PT Ringan Teknologi Indonesia;
  3. PT Grha Dana Bersama; 
  4. PT Gradana Teknoruci Indonesia;
  5. PT Inclusive Finance Group; 
  6. PT IKI Karunia Indonesia; 
  7. PT Bursa Akselerasi Indonesia; 
  8. PT iGrow Resources Indonesia; dan 
  9. PT Adiwisista Finansial Teknologi.

Sumber : Otoritas Jasa Keuangan

Informasi mengenai 2 fintech yang memiliki izin resmi dari OJK.

PT Tani Fund Madani Indonesia

TaniFund, bagian dari Tanihub, bersama 68 P2P lending lainnya menyandang predikat berizin dan diawasi OJK. TaniFund sebagai satu-satunya fintech yang bergerak di bidang agrikultur yang mengantongi izin OJK.

TaniFund memberikan pinjaman Modal kerja yang bisa dipergunakan para petani, peternak, dan nelayan untuk melakukan budidaya komoditas yang bervariasi, seperti padi, telur ayam, daging kambing, dan lainnya. Dengan pangsa segmen borrower terbagi ke dalam kelompok tani dan pengusaha di industri makanan dan minuman

PT Ringan Teknologi Indonesia

Ringan adalah pinjaman berbasis online yang memberikan pinjaman dana tunai tanpa agunan yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. PT Ringan Teknologi Indonesia merupakan lembaga jasa keuangan yang menyediakan pinjaman secara online, didirikan pada November 2019. Di bawah naungan Ping An Insurance Group, salah satu perusahaan finansial terbesar di dunia.

Pada tanggal 2 Agustus 2021, Ringan telah memperoleh perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka menjalankan kegiatan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (atau dikenal dengan peer-to-peer fintech lending)

Baca Juga  Jawaban PMM Topik Kurikulum Merdeka

Lakukan analisis keungulan dan kelemahan dari fintech!

Jawaban

Setelah membaca dari berbagai sumber bacaan yang ada, kami sudah menganalisis keunggulan fintech dan kelemahan fintech. Berikut ini adalah daftarnya

Keunggulan Fintech

  1. Mudah dalam Melayani Konsumen
  2. Informasi Cepat dan Murah
  3. Keamanan Terjamin
  4. Proses Cepat
  5. Mudai Disetujui dalam 24 Jam
  6. Pelayanan Efisien
  7. 7 Notifikasi Pembayaran dan Nominal Akurat

Kelemahan Fintech

  1. Wajib Terkoneksi Internet
  2. Hanya Menjangkau Pebisnis yang Melek Internet
  3. Rawan Penipuan
  4. Biaya Tinggi

Jawaban Lembar Aktivitas 13 Mengenal Fintech Halaman 200

Bandingkan dengan lembaga keuangan bank, terutama layanan dari bank umum dengan layanan fintech?

Jawaban

Jawaban Lembar Aktivitas 13 Mengenal Fintech vs bank

Baik fintech maupun bank umum memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan pelayanan keuangan. Yang membedakan adalah Sedangkan bank memiliki layanan finansial yang lebih lambat namun mementingkan keamanan dan manajemen risiko nasabah.

Sebagai contoh, Anda perlu membawa bermacam dokumen waktu ingin membuka rekening bank, selain itu ada biaya administrasi dan minimal deposit. Namun, bank menjamin keamanan uang nasabah dan siap bertanggung jawab atas segala macam kerugian yang dialami oleh nasabah.

Sedangkan, fintech memberikan layanan finansial yang cepat, instan, dan persyaratan mudah demi meningkatkan pengalaman konsumen ketika menggunakan layanan mereka. Sebagai contoh dompet digital bisa dibuat dengan cepat tanpa harus datang ke kantor cabang. Selain itu tidak ada biaya administrasi bulanan jika menyimpan uang di sini.

4. Jelaskan pendapat kalian tentang prediksi perkembangan fintech dalam kurun waktu 10 tahun mendatang!

Jawaban

Syarat utama dalam perkembangan fintech adalah teknologi. Walaupun melihat kesenjangan perkembangan yang ada pada Indonesia dan negara-negara maju lain saat ini. Saat ini Indonesia dipercaya mampu mengadopsi perkembangan tersebut dengan cepat.

Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 256

Hal ini membuat para pemain fintech mancanegara tertarik membuka startup-nya di Indonesia. Melihat peluang yang ada, tak heren jika kini Indonesia jadi pasar baru pemain fintech di dunia. Dan kemungkinan besar perkembangan fintech di Indonesia memiliki masa depan yang cukup cerah dalam kurun waktu 10 tahun kedepan. Walaupun begitu dalam hal Perkembangan bisnis FinTech dan industri lainnya di sektor jasa keuangan, sangat dipengaruhi oleh faktor kepercayaan (trust) dari masyarakat.

Demikianlah pembahasan mengenai Jawaban Lembar Aktivitas 13 Mengenal Fintech, IPS Halaman 199 Kelas X. Jawaban diatas, bloggers rangkum dari berbagai sumber. Dan bloggers hanya membagikan alternatif jawaban saja. Kalian bisa mengembangkan jawaban sesuai dengan pemahaman kalian sendiri ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *