Jawaban Keragaman Karakteristik Individu Kelas 4 Tema 8

Bloggers.id – Hai Sobat bloggers sekalian. Kembali kita akan membahas Jawaban Keragaman Karakteristik Individu kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4. Udin menonton pentas ketoprak, Gadjah Mada: Sumpah Palapa Membawa Petaka. Ketoprak dipentaskan oleh murid sekolah dasar. Udin senang dengan tokoh utamanya yaitu Patih Gadjah Mada. Mereka senang dengan peran Patih Gadjah Mada. Keluarga Udin keturunan Jawa. Ia merasa bangga dengan keberagaman kesenian Jawa.

Jawaban Keragaman Karakteristik Individu

Ayo Bermain Peran

Bentuklah kelompok terdiri atas tiga anak. Kemudian, carilah cerita fiksi yang di dalamnya memiliki minimal tiga tokoh. Tuliskan nama dan sifat tokoh yang ada pada cerita yang telah dipilih. Peragakan peran dengan sifatnya yang sesuai dari cerita itu di depan kelompok lain. Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog saat bermain peran sebagai berikut.

Patih Gadjah Mada : “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan kedua prajurit, tangan kanan menuding ke arah musuh)

Dua Prajurit : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)

(Patih Gadjah dan Dua Prajurit, berlari)

Ayo Mengamati Jawaban Keragaman Karakteristik Individu

Gambar di atas menunjukkan gambar cerita Cindelaras ? Pernahkah kamu membaca cerita Cindelaras ? Atau mungkin kamu melihat video drama Cindelaras ? Coba, kamu cari informasi tentang cerita Cindelaras. Kamu bisa membaca buku atau kamu bisa memutar video. Kemudian, tuliskan ringkasan mengenai cerita Cindelaras pada kotak di bawah.

Cerita Tentang Cindelaras

Pada zaman dahulu, di sebuah kerajaan jenggala. Hiduplah seorang raja yang bernama raden putra. Ia mempunyai seorang permaisuri dan seorang selir. Kedua istri raja tinggal di istana yang sangat megah. Selir mulai merencanakan kejahatan untuk menggantikan posisi permaisuri. Ia bekerja sama dengan seorang tabib istana, untuk melaksanakan rencananya.

Suatu hari, selir raja pura-pura sakit. Raja segera memanggil tabib. Setelah memeriksa keadaan selir, raja pun menanyakan apa yang terjadi. Dan disebutkan bahwa permaisuri sudah meracuni selir. Mendengar yang di katakan selir, raja sangat marah dan langsung memerintahkan patih untuk mengusir permaisuri yang sedang mengandung dan membunuhnya di hutan.

Patih Pun Langsung Membawa Permaisuri Pergi Ke Hutan Belntara. Namun, Patih Yang Sangat Bijak Itu Tidak Membunuh Permaisuri. Ia Tahu Ini Rencana Jahat Selir Tersebut. Patih Pun Menangkap Seekor Kelinci. Patih tersebut menggunakan darah kelinci untuk membuat raja dan selir percaya bahwa permaisuri sudah dibunuh.

Baca Juga  Bacaan Bermain Estafet Bola Kelas 2

Setelah beberapa bulan permaisuri tinggal di dalam hutan, ia pun melahirkan seorang anak laki-laki. Anak itu di beri nama cindelaras. Cindelaras tumbuh menjadi anak yang cerdas dan tampan. Sejak kecil ia sudah terbiasa berteman dengan binatang.

Suatu hari, cindelaras sedang asik bermain. Tiba-tiba, seekor rajawali menjatuhan sebutir telur tepat di sebelah cindelaras. Cindelaras langsung mengambil telur itu dan menetaskannya. Tiga minggu kemudian, menetaslah telur tersebut menjadi seekor anak ayam yang lucu.cindelaras merawat ayam tersebut dengan sangat baik.

Tubuh ayam itu terlihat kuat dan kekar, paruhnya kokoh dan runcing seperti paruh burung rajawali. Kedua kakinya kekar berotot dan memiliki kuku yang runcing tajam seperti kuku rajawali. Namun, suara kokoknya sangat berbeda dengan ayam-ayam lainnya. Suara kokoknya sangat aneh, ‘’ kukuruyuk, tuanku cindelaras, rumahnya di dalam hutan belantara, atap rumahnya terbuat dari daun kelapa, ayahnya raden putra raja jenggala.” Bunyi kokok ayam cendelaras.

Cindelaras sangat terkejut dan langsung menunjukannya kepada ibunya. Permaisuri pun merasa sangat terkejut mendengar suara kokok si ayam. Ia pun langsung menceritakan siapa ayahnya dan mengapa mereka tinggal di dalam hutan. Mendengar cerita ibunya, cindelaras memutuskan untuk pergi ke istana untuk bertemu ayahnya.

Awalnya ibunya tidak mengijinkan cindelaras pergi. Namun, ia terus memaksa. Setelah ibunya mengijinkannya pergi. Ia langsung berangkat di temani ayam jantannya. Namun, di tengah perjalanan cindelaras bertemu dengan orang-orang yang sedang mengadu ayam. Mereka melihat cindelaras membawa ayam jagonya dan mengajaknya ikut menguji kehebatan ayamnya.

Ternyata, ayam jantan milik cindelaras dapat mengalahlan lawan setelah beberapa kali di adu. Namun, ayamnya tidak dapat di kalahkan.

Berita tentang kehebatan ayam jantannya cindelaras terdengar hingga teling raja raden putra. Raja langsung menyruh hulubalangnya mengundang cindelaras datang ke istana. Cindelaras pun sampai istana.

Akhirnya, di adulah ayam jantan milik cndelaras melawan ayam jantan milik raja. Namun, raja mengajukan satu syarat kepada cindelaras. Jika ia kalah, ia harus bersedia menyerahkan ayam jantannya dan kepalanya di pancung. Namun, jika ia menang. Raja raden putra akan memberikan setengah kekayaannya.

Dua ekor ayam jantan bertarung dengan sangat gagah. Dalam beberapa menit, ayam jantan milik cindelaras dapat mengalahkan ayam jantan milik raja. Penonton pun bersorak memberikan selamat kepada cindelaras.

Cindelaras, langsung membungkuk dan membisikka sesuatu kepada ayamnya. Beberapa menit kemudian. Ayam jantan tersebut mengeluarkan suara.

“kukuruyuk… tuanku cindelaras, rumahnya di dalam hutan, atapnya terbuat dari daun kelapa, ayahnya raden putra…,” ayam jantan itu berkokok berulang-ulang.

Mendengar suara tersebut Raja langsung menanyakan kebenarannya. Cindelaras mengatakan dengan tegas bahwa itu adlah benar.

Raja raden putra, langsung memangil patih. Patih pun langsung menceritakan kebenarannya.

Raja raden putra langsung memeluk cindelaras dan meminta maap atas semua kesalahannya itu. Raden putra, patih dan hulubalang langsung pergi ke hutan dan menjemput permaisuri.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Kali Gajah Wong kelas 4 tema 8

Akhirnya raja raden putra, permaisuri dan cindelaras hidup bersama dan bahagia. Setelah raden putra meninggal. Cinderalaslah yang menggantikan ayahnya sebagai raja. Ia memimpin kerajaab dengan adil dan bijaksana.

Berdasarkan cerita ”Cindelaras”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawab : tokoh utama dalam cerita adalah cindelaras

2. Siapakah yang menjadi tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawab : tokoh tambahannya adalah Raden Putra, Ibu Cindelaras (Permaisuri), Patih kerajaan, dan selir

3. Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawab :  tokoh yang berwatak antagonis adalah selir

4. Mengapa tokoh dalam soal nomor 2 dikatakan berperan antagonis?

Jawab :  karena tokoh tersebut memiliki watak yang jahat yaitu licik dan pendengki

5. Siapa lawan dari tokoh antagonis? Tuliskan contoh tokoh yang berperan protagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawab : lawan dari tokoh antagonis adalah tokoh protagonis. Tokoh yang berperan protagonis adalah cindelaras, Raden Putra, Permaisuri dan patih kerajaan

Kamu telah mampu menunjukkan tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”. Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan?

Tokoh Utama dan Tokoh Pembantu Ayo Menulis

Coba, kamu ingat kembali pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan. Selanjutnya, tuangkan kembali dalam bentuk tulisan tentang pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan sesuai ingatanmu. Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawab :

Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu cerita. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.

Tokoh tambahan (pembantu) adalah tokoh yang memiliki peranan tidak penting dalam cerita. Kehadiran tokoh pembantu sekadar menunjang tokoh utama.

Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam-macam. Dalam kehidupan sehari-hari pun, karakter manusia juga beragam. Meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Selain itu sebagai manusia, kita harus saling membantu. Mengapa demikian? Kita hidup pasti memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan hidup?

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan kegiatan ekonomi. Coba amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasikan kegiatan ekonomi orang-orang di daerahmu. Apakah pekerjaan mereka? Pekerjaan yang dimaksudkan yaitu mata pencaharian sehari-hari yang hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mata pencaharian penduduk dapat dilihat dari corak kehidupan penduduk setempat, yaitu corak kehidupan tradisional (sederhana) dan corak kehidupan modern (kompleks).

Mata pencaharian penduduk yang memiliki corak sederhana sangat berhubungan dengan pemanfaatan lahan dan sumber daya alam. Contohnya pertanian, perkebunan, dan peternakan. Adapun mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern biasanya lebih mendekati sektor jasa, transportasi, dan pariwisata. Bagaimanakah dengan penduduk di lingkungan tempat tinggalmu?

Ayo Mengamati

Kamu telah memahami berbagai jenis pekerjaan berdasarkan corak kehidupan penduduk setempat. Lakukan pengamatan terhadap kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu! Apa saja jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah semua penduduk di sekitarmu menekuni pekerjaan sesuai corak kehidupan sederhana atau sebaliknya sesuai corak kehidupan modern? Tuliskan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu sesuai hasil pengamatanmu! Buat kesimpulan sesuai dengan corak kehidupan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu? Tuliskan dalam kotak berikut.

Baca Juga  Bernyani Lagu Yamko Rambe Yamko Kelas 4 Tema 8

Ayo Membaca Jawaban Keragaman Karakteristik Individu

Keragaman Karakteristik Individu

Adanya keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik individu dalam masyarakat. Adanya karakteristik individu dalam masyarakat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Contohnya sebagai berikut.

1. Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Sikap nasionalisme dalam diri setiap individu dapat tumbuh dengan adanya rasa cinta tanah air. Rasa cinta tanah air tecermin dari sikap mau menerima keragaman karakteristik individu dalam masyarakat sebagai kekayaan khazanah budaya bangsa Indonesia. Dengan demikian, masyarakat akan senantiasa menjaga keragaman karakteristik individu dalam masyarakat, bukan menghilangkan keragaman tersebut.

2. Menciptakan Identitas Bangsa di Mata Internasional

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia telah dikenal bangsa-bangsa dunia sebagai identitas diri bangsa Indonesia. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang beragam karakteristik masyarakatnya, tetapi bisa bersatu dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Alat Pemersatu Bangsa

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia pada hakikatnya menjadi alat pemersatu bangsa, bukan sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Kunci sukses mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam keragaman yaitu memegang teguh semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

4. Sebagai Ikon Pariwisata

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia akan memperkaya khazanah budaya bangsa. Kekayaan khazanah budaya masyarakat Indonesia yang beragam memberikan nilai keunikan dan keindahan tersendiri sehingga mampu menarik wisatawan manc negara untuk mengetahui dan mempelajari keragaman budaya Indonesia.

5. Menambah Pendapatan Nasional

Dengan menjadi simbol pariwisata, otomatis akan menambah devisa atau pendapatan negara. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke tempattempat pariwisata Indonesia.

6. Memupuk Sikap Toleransi

Adanya keragaman karakteristik masyarakat Indonesia menuntut sikap toleransi yang tinggi dari segenap masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ayo Menulis Jawaban Keragaman Karakteristik Individu

Sudahkah kamu memupuk sikap toleransi dalam keragaman dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apa bentuk tindakan memupuk sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Coba, kamu tuliskan tindakan-tindakanmu yang mencerminkan sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Tuliskan dalam kotak berikut.

Kesimpulan

Demikian tadi pembahasan Jawaban Keragaman Karakteristik Individu kelas 4 tema 8 subtema 3 pembelajaran 4. Menarik bukan pembahasan kali ini. Nah agar tidak ketinggalah materinya, sobat dapat mengikuti bloggers.id untuk updatetan selanjutnya. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.