Ciri-ciri Benda Tiga Dimensi Kelas 4 Tema 8

Daftar Isi

Bloggers.id – Hai sobat bloggers semua, kali ini kita akan membahasa jawaban Ciri-ciri Benda Tiga Dimensi kelas 4 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2. Pembelajaran kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran 1. Nah bagaimana materinya? Yuk kita simak bersama sama.

Aku bangga sekali dengan daerah tempat tinggal keluarga besarku, Yogyakarta. Di Yogyakarta ada kampung yang terkenal dengan kerajinan gerabah. Kampung itu nama Kasongan. Kasongan terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gerabah merupakan satu di antara karya tiga dimensi. Selain gerabah, benda-benda ukiran juga merupakan karya tiga dimensi. Apakah kamu dapat menyebutkan karya tiga dimensi lainnya? Dapatkah kamu menggambar benda tiga dimensi? Ayo, kita belajar bersama-sama.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar benda-benda berikut.

Benda-benda pada gambar di atas merupakan gambar benda tiga dimensi. Apakah yang dimaksud benda tiga dimensi? Tuliskan pendapatmu mengenai pengertian benda tiga dimensi pada kolom berikut.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Bunga Paling Berharga Kelas 5

Ciri-ciri benda tiga dimensi adalah

Jawab :

Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun. Dan memiliki volume.

Ayo Membaca

Benda Tiga Dimensi

Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.

Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.

1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.

Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.

1. Benda Kubistis

Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.

2. Benda Silindris

Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.

3. Benda Bebas

Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kamu lebih memahami karya benda tiga dimensi.

1. Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi.

Jawab : memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume.

2. Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?

Jawab : benda kubistis, benda silindris dan benda bebas

3. Apa saja contoh lain benda tiga dimensi yang dapat ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari hari?

Jawab : kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas, botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci, buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain

4. Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?

Jawab :

Baca Juga  Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 37

Ayo Berlatih

Kamu telah memahami jenis-jenis benda yang bisa kamu tuangkan dalam gambar tiga dimensi. Sekarang perhatikan gambar benda tiga dimensi berikut. Kelompokkan gambar-gambar yang ada berdasarkan jenisnya.

Tuliskan dalam buku tugasmu ada berapa jenis benda dalam kelompok benda kubistis, kelompok benda silindris, dan kelompok benda bebas? Presentasikan di depan kelas secara bergantian.

Jawab :
Kubistis : nomer 1 dan 9
Silindris : nomer 2,3,4,5 dan 7
Benda bebas : nomor 6, 8, dan 10

Jenis benda tiga dimensi banyak bentuknya. Kamu bisa menemukan benda-benda tiga dimensi di lingkungan tempat tinggalmu. Adakah perajin atau penjual gerabah di tempat tinggalmu? Lakukan kegiatan berikut.

Ayo Mengamati

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Lakukan kunjungan secara kelompok ke tempat perajin atau penjual gerabah di lingkungan tempat tinggalmu. Amati gerabah yang dijual atau dibuat perajin. Tuliskan nama gerabah yang termasuk jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tuliskan sesuai tiga kelompok jenis benda tiga dimensi!

Teko merupakan benda tiga dimensi. Saat kita melihat teko, mengingatkan kita pada cerita “Aladin dan Lampu Ajaib”. Cerita Aladin dan Lampu Ajaib merupakan contoh cerita fiksi. Tahukah kamu cerita Aladin dan Lampu Ajaib ? Coba, cari tahu mengenai cerita Aladin dan Lampu Ajaib.

Ayo Berdiskusi

1. Coba cari tahu mengenai cerita fiksi Aladin dan Lampu Ajaib dengan cara bertanya kepada orang tua, kakak, guru, atau siapapun yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa mencari tahu melalui berbagai media. Jika kamu akan membuka internet, mintalah pendampingan dari orang tuamu atau orang dewasa.

2. Tuliskan kembali dengan singkat cerita Aladin dan Lampu Ajaib. Tuliskan juga tokoh-tokoh dan sifatnya. Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawab : Zaman dahulu hidup seorang pemuda miskin bernama Aladin, meski demikian dia mencintai salah satu putri yang ada di Negerinya yaitu putri yasmin. Singkat cerita aladin tidak diterima karena perbedaan strata yang terlalu jauh, hingga pada suatu hari dia menemukan sebuah lampu ajaib. Di dalamnya ada seorang jin yang sudah terperangkap sangat lama sampai Aladin membebaskannya akhirnya aladin mempunyai seorang Jin yang selalu membantunya.

Dia kembali ke kampung halamnnya dengan banyak harta dan berniat untuk melamar puteri yasmin. Akan tetapi raja mengetahui rahasia kenapa aladin bisa menjadi kaya dalam sekejap dan bermaksud untuk mencuri lampuu ajaib yang dimiliki aladin. Akhirnya pertempuran terjadi dan dimenangkan oleh aladin. Akhirnya aladin dan puteri yasmin dapat bersatu.

Tokoh dalam cerita

Aladin : baik dan pantang menyerah
Puteri yasmin : baik dan maumenerima apa adanya
Jin : baik
Raja : jahat dan licik

Hubungan Gaya dan Gerak

Benda tiga dimensi berupa teko dapat dibuat dengan cara dibentuk dari tanah liat. Karena pengaruh gaya saat membentuk, tanah liat yang tadinya tidak berbentuk menjadi bentuk teko. Masih ingatkah kamu dengan pembelajaran 1 yang membahas tentang hubungan gaya dan gerak? Dapatkah kamu menemukan hubungan gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan tempat tinggal? Amatilah gambar peristiwa berikut.

Baca Juga  Kunci Jawaban Bab 2 Topik B Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 43

Ayo Mengamati

Amatilah gambar peristiwa anak bermain ketapel, paman menimba dengan ember, dan perajin membuat gerabah berikut.

1. Anak bermain ketapel

Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya. pada gambar di samping Berhati-hatilah saat bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.

2. Paman menimba dengan ember

Paman menimba dengan menarik tali timba. Perhatikan gambar berikut.

3. Perajin membuat gerabah

Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibentuk oleh perajin menjadi berbagai bentuk. Perhatikan gambar berikut.

Bagaimana hubungan gerak dan gaya kaitannya dengan peristiwa tersebut? Coba, tuliskan dalam kotak-kotak berikut.

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa menimba adalah

Jawab : gaya dapat mempengaruhi arah gerak benda

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah

Jawab : gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah

Jawab : gaya dan gerak dapat merubah bentuk benda

Ayo Mencoba

Untuk membuktikan adanya hubungan antara gaya dan gerak, praktikkan permainan ketapel. Bawalah ketapel dari rumah atau Bapak/Ibu Guru akan menyiapkan ketapel. Praktikkan cara bermain ketapel. Berhati-hatilah, jangan mengarahkan ketapel kepada teman atau orang lain. Buktikan adanya hubungan antara gaya dan gerak. Bapak/Ibu Guru akan memberikan penjelasan kepadamu.

Kesimpulan

Demikian tadi pembahasan Jawaban Ciri-ciri Benda Tiga Dimensi Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2. Semoga bermanfaat bagi sobat semua dan dapat membantu menjawab pertanyaan yang ada pada buku. Nantikan pembahasan selanjutnya di bloggers.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.