Jawaban Ayo, Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 234

Jawaban Ayo, Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 234

Jawaban Ayo, Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 234 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Selesaikan” IPA kelas 9 semester 2 halaman 234. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang perilaku hemat energi dan kendala atau kekurangan dalam pelaksanaannya.

Ayo, Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 234

Selain perilaku hemat energi yang telah dipaparkan di atas, apakah yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar dapat menghemat energi? Tuliskan pada tabel berikut!

Jawaban Ayo, Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 234

  1. Perilaku hemat energi: mematikan lampu pada saat tidur
    Kendala/Kekurangan: tidak dapat tidur dengan keadaan gelap
  2. Perilaku hemat energi: Mematikan TV jika tidak digunakan
    Kendala/Kekurangan: banyak yang mematikan TV hanya dengan tombol otomatis saja, tanpa mematikan tombol off di TV secara langsung
  3. Perilaku hemat energi: berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk melakukan aktivitas sehari-hari
    Kendala/kekurangan: rasa malas untuk berjalan kaki atau bersepeda dan merasa cepat lelah.
  4. Perilaku hemat energi: mematikan AC ketika ruangan tidak digunakan
    Kendala/kekurangan: ingin memberikan udara yang segar pada ruangan dalam jangka waktu yang lama
  5. Perilaku hemat energi: memilih peralatan rumah tangga yang hemat energi
    Kendala/kekurangan: kurangnya peralatan rumah tangga yang hemat energi
  6. Perilaku hemati energi: tidak mengisi daya HP semalaman
    Kendala/kekurangan: sulit untuk mengubah kebiasaan ini, karena ketika bangun inginnya langsung menggunakan HP tanpa menunggu untuk diisi daya terlebih dahulu
  7. Perilaku hemat energi: menggunakan air secukupnya
    Kendala/kekurangan: memiliki kebiasaan boros air
Baca Juga  Jawaban bacaan Harimau Masuk Desa, Warga Cemas Kelas 4

Tahukah Kamu?

  1. Pembangkit listrik tenaga surya sudah digunakan secara besar-besaran di Portugal, Spanyol bagian selatan, Jerman, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Saat ini, Indonesia mulai menggunakan teknologi ini sebagai sumber energi pada lampu penerangan di berbagai kota dan untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah yang belum mendapat aliran listrik. Kita sebagai anak bangsa tentunya harus banyak belajar mengenai teknologi ini sehingga teknologi ini dapat diterapkan di seluruh pelosok Nusantara. Harapannya, semua penduduk Indonesia dapat menikmati manfaat aliran listrik.
  2. Tahukah kamu bahwa hydrogen power ini sudah banyak dikembangkan terutama sebagai bahan bakar mobil? Penerapan teknologi ini dimulai pada tahun 1990, Amory Lovin seorang fisikawan Amerika dan mahasiswanya mendesain mobil ringan, aman, dan menggunakan bahan bakar hidrogen. Ini merupakan dasar dari mobil-mobil berbahan bakar hidrogen yang saat ini sedang dikembangkan oleh pabrik mobil. Bahkan di Jepang, teknologi ini sudah dikembangkan untuk menghasilkan listrik yang dapat memenuhi kebutuhan listrik suatu kota kecil. Di Kanada, teknologi ini sudah diproduksi dengan skala yang tidak terlalu besar. Alat ini mampu menghasilkan H2 dari air. Alat ini juga dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan berbahan bakar hidrogen. Nah, bagaimana menurutmu? Tentunya kamu sangat tertarik untuk belajar teknologi ini bukan? Dengan mempelajari teknologi ini lebih lanjut dan lebih dalam tentunya kamu dapat menguasai teknologi ini dan mampu membuat mobil berbahan bakar hidrogen untuk masyarakat Indonesia.
  3. Tahukah kamu bahwa di Indonesia juga sudah mulai dikembangkan mobil tenaga listrik yang ramah lingkungan? Pada tahun 2013 Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) telah mengembangkan purwarupa mobil listrik yang berkapasitas empat orang. Mobil tersebut sudah meraih banyak kejuaraan dunia di antaranya di Jepang dan Australia. Mobil ini dapat mencapai kecepatan 100 km/jam dan memiliki daya simpan baterai sebesar 5 KW.
Baca Juga  Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 81

Rangkuman

  1. Berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan, teknologi dapat dibagi menjadi dua, yaitu teknologi ramah lingkungan dan teknologi tidak ramah lingkungan.
  2. Teknologi ramah lingkungan merupakan bentuk aplikasi teknologi dengan tujuan memberi kemudahan bagi aktivitas dan pemenuhan kebutuhan manusia dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. Beberapa prinsip teknologi ini di antaranya adalah tidak menghasilkan limbah yang berbahaya dan menggunakan energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbarui.
  3. Teknologi ramah lingkungan dapat diaplikasikan pada beberapa bidang kehidupan di antaranya bidang energi, lingkungan, industri, dan transportasi.

  1. Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi antara lain teknologi biofuel, biogas, sel surya, dan pembangkit listrik tenaga air, tenaga pasang surut air laut, tenaga angin, geotermal, hydrogen power, dan fuel cell.
  2. Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang lingkungan adalah biopori, fitoremediasi, teknologi toilet pengompos, dan teknologi pemurnian air.
  3. Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi, misalnya kendaraan hidrogen, bus surya, dan mobil listrik
  4. Contoh teknologi ramah lingkungan di bidang industri adalah biopulping.
  5. Teknologi tidak ramah lingkungan pada umumnya menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti minyak bumi atau batu bara.

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Kita Selesaikan IPA kelas 9 semester 2 halaman 234 tentang perilaku hemat energi dan kendala atau kekurangan dalam pelaksanaannya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca juga

Jawaban Ayo, Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 176

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 177

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 181

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 183

Jawaban UJI KOMPETENSI IPA Kelas 9 BAB 9 Halaman 196

Baca Juga  Jawaban Bacaan Pertempuran Ambarawa Kelas 6 Tema 2

Jawaban Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 207

Jawaban Ayo, Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 208

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 209

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 215

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 227

Leave a Reply

Your email address will not be published.