Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 183

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 183

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 183 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita lakukan” IPA kelas 9 semester 2 halaman 183. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang tingkat kesuburan tanah.

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 183

Aktivitas 9.7 Mengidentifikasi Tingkat Kesuburan Tanah

Pada aktivitas ini kamu akan mencoba mengidentifikasi tingkat kesuburan tanah dengan salah satu sifat fisika tanah yakni dengan warna tanah dan sifat kimia tanah dengan mengukur pH tanah.

Apa yang kamu perlukan?

  1. Tanah
  2. Kertas lakmus atau pH universal atau kunyit
  3. Gelas air mineral
  4. Sendok
  5. Air

Apa yang harus kamu lakukan?

A. Mengukur pH Tanah

  1. Ambillah tanah dari tempat tinggalmu. Kamu dapat mengambil tanah dari beberapa titik di tempat tersebut. Campur semua tanah dari beberapa titik tersebut secara merata.
  2. Ambil 1/4 gelas tanah, kemudian campur dengan 200 mL air.
  3. Aduk campuran tanah dan air tersebut, kemudian tunggu hingga tanah mengendap.
  4. Setelah airnya mulai jernih, masukkan kertas lakmus atau pH universal dan tunggu hingga 1 menit. Usahakan agar kertas lakmus dan pH universalnya tidak terkena tanah yang mengendap di bawahnya!
  5. Jika menggunakan kunyit, potonglah kunyit sekitar 2 cm kemudian belah menjadi dua bagian. Masukkan satu bagian ke dalam campuran sampel tanah dan air, kemudian diamkan selama 30 menit. Bagian belahan kunyit yang lain digunakan sebagai pembanding.
  6. Amatilah perubahan yang terjadi pada indikatormu! Gunakan kriteria berikut untuk menentukan hasilnya!

Keterangan:
Jika menggunakan pH universal cocokkan warna kertas pH dengan skala dan warna di wadah indikator universal untuk menentukan nilai pH.

B. Menentukan Warna Tanah

  1. Ambil bongkahan tanah dari lingkungan sekitarmu!
  2. Amati warna tanahnya. Gunakan kriteria berikut untuk mendeskripsikan hasilnya!
    • Warna hitam dan gelap: mengandung banyak humus
    • Warna kemerahan: mengandung banyak mineral besi
    • Warna kuning cokelat: mengandung banyak mineral limonit
    • Warna pucat atau kekuning-kuningan: mengandung banyak kuarsa
  3. Selanjutnya, bandingkan tingkat produktivitas tanah dengan kriteria berikut.
Baca Juga  Kunci Jawaban Tahap 3: Membandingkan Pertumbuhan Kedua Pot Topik C.2 Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 28

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Berapa pH tanah yang kamu amati?
  2. Termasuk dalam warna apakah tanah yang kamu amati?
  3. Berdasarkan pH dan warna tanah, bagaimanakah tingkat kesuburan tanah yang kamu amati? Jelaskan!
  4. Apa yang dapat kamu simpulkan dari aktivitas ini?

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 183

  1. Ada 2 jenis tanah yang diambil untuk dijadikan sebagai sampel yaitu tanah yang berwarna kehitaman dan tanah yang berwarna agak kecokelatan. Sampel tanah yang berwarna kehitaman yang diambil dari tanah daerah pertama setelah dites menghasilkan pH 7 sehingga pH tanah pada sampel pertama termasuk tanah yang normal. Sedangkan pada sampel tanah yang berwarna agak kecokelatan yang diambil dari tanah daerah kedua setelah dites menghasilkan pH 5 sehingga pH tanah pada sampel kedua termasuk tanah yang asam.
  2. Warna tanah yang diamati ada 2 yaitu tanah yang diambil dari daerah pertama yang berwarna kehitaman dan tanah yang diambil dari daerah kedua yang memiliki warna agak kecokelatan.
  3. Pada tanah yang memiliki pH 7 yaitu tanah yang berwarna kehitaman memiliki tingkat kesuburan tanah yang amat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya jenis tumbuhan yang hidup di atasnya dan beberapa hewan yang merayap. Sedangkan pada tanah yang memiliki pH 5 yaitu tanah yang memiliki warna agak kecokelatan, tanah tersebut terlihat tidak subur dan tidak banyak tumbuhan yang hidup di atasnya. Tumbuhan yang hidup di atasnya adalah tumbuhan yang memiliki ketahanan tinggi seperti gulma dan rumput-rumputan.
  4. Berdasarkan aktivitas yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa tanah memiliki tingkat keasaman yang dapat dikukur dengan skala pH. Tanah yang subur akan memiliki pH yang normal, sedangkan tanah yang berada di bawah atau di atas pH normal (pH 7) merupakan tanah tidak baik untuk tumbuhan karena kurang subur.
Baca Juga  Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 170

Rangkuman

  1. Tanah berperan penting bagi tumbuhan dan hewan. Tanah menyediakan nutrisi bagi tumbuhan. Tanah merupakan habitat beberapa organisme tanah seperti cacing, serangga, jamur, alga, dan mikroorganisme. Tanah juga merupakan penunjang kesehatan dan penyedia keperluan manusia di bumi.
  2. Tanah adalah bagian permukaan bumi yang merupakan tempat tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan serta tempat hidupnya berbagai jenis hewan dan mikroorganisme. Tanah terbentuk dari pelapukan batuan secara biologis, fisikawi, dan kimiawi.
  3. Pelapukan secara biologis dibantu oleh mikroorganisme tanah.
  4. Faktor fisik yang memengaruhi pelapukan adalah iklim, adanya sinar matahari, dan curah hujan.
  5. Organisme tanah berperan sebagai pengurai bahan-bahan organik dalam tanah, mengatur kegemburan tanah, tekstur tanah, dan kesuburan tanah.

  1. Tekstur tanah ditentukan oleh besar kecilnya ukuran butiran yang menyusun tanah. Tekstur tanah merupakan proporsi relatif berbagai ukuran butiran yang menyusun suatu tanah.
  2. Tanah memiliki ukuran butiran yang berbeda-beda, oleh karena itu kita menggolongkan tanah menjadi beberapa jenis seperti tanah lempung, tanah liat, pasir, atau campuran dari ketiganya.
  3. Komponen tanah berupa batuan, udara, air, humus, mineral, dan komponen organik.
  4. Batuan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis berdasarkan proses terjadinya yaitu batuan beku, sedimen, dan metamorf.
  5. Humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi (penguraian) hewan atau tumbuhan yang telah mati, daun yang gugur, ataupun kotoran hewan oleh bakteri dan jamur.
  6. Organisme tanah berperan dalam menguraikan bahan-bahan yang berasal dari sisa makhluk hidup sehingga menghasilkan material organik di dalam tanah.
  7. Tanah tersusun atas lapisan-lapisan tanah yaitu horizon A, horizon B, horizon C, dan horizon D.

  1. Horizon A merupakan lapisan teratas, terdiri atas campuran dari pelapukan batuan dengan berbagai tekstur, organisme hidup, dan zat organik.
  2. Horizon B merupakan lapisan yang memiliki kandungan zat organik lebih sedikit dibandingkan dengan lapisan di atasnya.
  3. Horizon C merupakan lapisan yang tersusun atas batuan, yang berperan sebagai penyedia utama material untuk tanah bagian paling atas.
  4. Horizon D merupakan lapisan tanah yang terdiri atas bebatuan yang padat, keras, dan sulit mengalami perubahan.
  5. Tanah dapat kehilangan kandungan mineral dan nutrisi akibat beberapa kejadian alam seperti hujan dan banjir.
  6. Upaya untuk menjaga agar tanah tidak kehilangan nutrisinya di antaranya adalah dengan pengelolaan tanah menggunakan tanaman penutup tanah dan pengelolaan lahan miring untuk mengurangi erosi, mengurangi penggunaan pupuk kimia buatan, pengolahan tanah yang tepat untuk pertanian monokultur, dan daur ulang sampah yang sulit terurai.
Baca Juga  Jawaban Bacaan Kabupaten Tabanan Bali Kelas 4 Tema 8

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Lakukan IPA kelas 9 semester 2 halaman 183 tentang tingkat kesuburan tanah. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca juga

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 157

Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 160

Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 164

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 167

Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 170

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 173

Jawaban Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 176

Jawaban Ayo, Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 176

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 177

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 181

Leave a Reply

Your email address will not be published.