Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 177

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 177

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 177 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita lakukan” IPA kelas 9 semester 2 halaman 177. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang komponen penyusun tanah.

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 177

Aktivitas 9.5 Mengidentifikasi Komponen Penyusun Tanah

Pada aktivitas ini kamu akan melakukan percobaan untuk mengetahui komponen-komponen penyusun tanah. Lakukanlah aktivitas ini bersama teman satu kelompokmu!

Apa yang kamu perlukan?

  1. 3 buah kantong plastik
  2. 3 lembar koran atau kertas bekas
  3. 1 buah kaca pembesar

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
  2. Ambillah tanah sebanyak 1 – 2 sekop. Kamu harus mengambil tanah dari tiga tempat yang berbeda. Hal yang harus kamu perhatikan pada saat mengambil tanah adalah kamu harus mengambil tanah dengan menancapkan sekop cukup dalam, sehingga tanah yang terambil tidak hanya tanah permukaan saja. Apabila pada tanah tersebut terdapat tumbuhan yang tumbuh atau ada hewan yang hidup di sana, maka sertakan pula tumbuhan dan hewan tersebut.
  3. Masukkan tiap-tiap tanah pada kantong plastik yang berbeda.
  4. Berilah label untuk tiap-tiap tanah yang diambil dari tempat berbeda.
  5. Letakkan tanah yang telah kamu ambil di atas koran atau kertas bekas.
  6. Amatilah apa saja yang terdapat pada tiap-tiap tanah tersebut.
  7. Tuliskan hasil pengamatanmu pada Tabel 9.4!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Apa sajakah komponen tanah yang kamu temukan selain tumbuh-tumbuhan dan hewan?
  2. Apakah kamu dapat menemukan batuan atau kerikil, daun-daun yang lapuk, atau air? Jika “ya” tanah dari manakah yang mengandung komponen-komponen tersebut?
  3. Menurut pendapatmu, apakah tempat pengambilan tanah atau jenis tanah memengaruhi komponen-komponen yang terkandung di dalamnya? Jelaskan alasanmu!
  4. Berdasarkan aktivitas pengamatan yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Baca Juga  Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 3 Revisi 2018

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 177

  1. Selain tumbuh-tumbuhan dan hewan komponen tanah lain yang ditemukan ada tanah, batuan, rongga udara, dan air. Untuk melihat ada atau tidaknya udara di dalam tanah, dapat dilakukan dengan cara memasukkan gumpalan tanah ke dalam air kemudian udara akan keluar dalam bentuk gelembung-gelembung. Percobaan ini dapat dilakukan untuk membuktikan adanya udara di dalam tanah yang bisa membantu organisme tanah bernafas dan melakukan metabolisme.
  2. Iya. Tanah yang mengandung komponen batuan, kerikil, daun-daun yang lapuk, dan air biasanya berasal dari kebun yang terdapat tumbuhan atau berasal dari tanah di sekitar sawah. Hal ini dikarenakan tanah yang dekat dengan persawahan dialiri oleh banyak air sehingga kandungan pasir dan batuan sangat melimpah namun memiliki jenis tanah yang sangat liat.
  3. Iya tempat pengambilan tanah atau jenis tanah mempengaruhi komponen-komponen yang terkandung di dalamnya, karena setiap tempat memiliki karakteristik makhluk hidup yang hidup di dalamnya. Keberadaan organisme tanah yang hidup di dalamnya tergantung dengan jenis tanah pada wilayah tersebut, karena jenis tanah dapat mendukung keberadaan organisme tanah yang hidup di dalamnya.
  4. Berdasarkan aktivitas pengamatan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa setiap tanah yang diambil dan dijadikan bahan pengamatan memiliki beberapa komponen pelengkap. Seperti batuan yang menjadi dasar dari komponen tanah, air, udara, dan dedaunan yang sudah kering atau membusuk.

Rangkuman

  1. Tanah berperan penting bagi tumbuhan dan hewan. Tanah menyediakan nutrisi bagi tumbuhan. Tanah merupakan habitat beberapa organisme tanah seperti cacing, serangga, jamur, alga, dan mikroorganisme. Tanah juga merupakan penunjang kesehatan dan penyedia keperluan manusia di bumi.
  2. Tanah adalah bagian permukaan bumi yang merupakan tempat tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan serta tempat hidupnya berbagai jenis hewan dan mikroorganisme. Tanah terbentuk dari pelapukan batuan secara biologis, fisikawi, dan kimiawi.
  3. Pelapukan secara biologis dibantu oleh mikroorganisme tanah.
  4. Faktor fisik yang memengaruhi pelapukan adalah iklim, adanya sinar matahari, dan curah hujan.
  5. Organisme tanah berperan sebagai pengurai bahan-bahan organik dalam tanah, mengatur kegemburan tanah, tekstur tanah, dan kesuburan tanah.
Baca Juga  Kunci Jawaban Bacaan Alat Transportasi, Kelas 3 SD

  1. Tekstur tanah ditentukan oleh besar kecilnya ukuran butiran yang menyusun tanah. Tekstur tanah merupakan proporsi relatif berbagai ukuran butiran yang menyusun suatu tanah.
  2. Tanah memiliki ukuran butiran yang berbeda-beda, oleh karena itu kita menggolongkan tanah menjadi beberapa jenis seperti tanah lempung, tanah liat, pasir, atau campuran dari ketiganya.
  3. Komponen tanah berupa batuan, udara, air, humus, mineral, dan komponen organik.
  4. Batuan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis berdasarkan proses terjadinya yaitu batuan beku, sedimen, dan metamorf.
  5. Humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi (penguraian) hewan atau tumbuhan yang telah mati, daun yang gugur, ataupun kotoran hewan oleh bakteri dan jamur.
  6. Organisme tanah berperan dalam menguraikan bahan-bahan yang berasal dari sisa makhluk hidup sehingga menghasilkan material organik di dalam tanah.
  7. Tanah tersusun atas lapisan-lapisan tanah yaitu horizon A, horizon B, horizon C, dan horizon D.

  1. Horizon A merupakan lapisan teratas, terdiri atas campuran dari pelapukan batuan dengan berbagai tekstur, organisme hidup, dan zat organik.
  2. Horizon B merupakan lapisan yang memiliki kandungan zat organik lebih sedikit dibandingkan dengan lapisan di atasnya.
  3. Horizon C merupakan lapisan yang tersusun atas batuan, yang berperan sebagai penyedia utama material untuk tanah bagian paling atas.
  4. Horizon D merupakan lapisan tanah yang terdiri atas bebatuan yang padat, keras, dan sulit mengalami perubahan.
  5. Tanah dapat kehilangan kandungan mineral dan nutrisi akibat beberapa kejadian alam seperti hujan dan banjir.
  6. Upaya untuk menjaga agar tanah tidak kehilangan nutrisinya di antaranya adalah dengan pengelolaan tanah menggunakan tanaman penutup tanah dan pengelolaan lahan miring untuk mengurangi erosi, mengurangi penggunaan pupuk kimia buatan, pengolahan tanah yang tepat untuk pertanian monokultur, dan daur ulang sampah yang sulit terurai.
Baca Juga  Tutorial MOOC Orientasi PPPK, Download Tutorialnya

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Lakukan IPA kelas 9 semester 2 halaman 177 tentang komponen penyusun tanah. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca juga

Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 136

Jawaban UJI KOMPETENSI IPA Kelas 9 BAB 8 Halaman 150

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 157

Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 160

Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 164

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 167

Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 170

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 173

Jawaban Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 176

Jawaban Ayo, Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 176

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *