Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 168

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 168

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 168 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo Kita Lakukan” IPA kelas 9 semester 1 halaman 168. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang interaksi dua benda bermuatan terhadap jaraknya.

Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 168

Aktivitas 4.2 Bagaimana Interaksi Dua Benda Bermuatan terhadap Jaraknya?

Apa yang kamu perlukan?

  1. 1 buah penggaris
  2. 1 buah statif
  3. 2 buah balon yang sudah ditiup
  4. Benang
  5. Kain wol (dapat diganti dengan rambut yang kering)

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Gosokkan kedua balon tersebut pada kain wol atau rambut yang kering selama 30 sekon.
  2. Gantung kedua balon dengan menggunakan tali sepanjang 50 cm pada masing-masing statif yang diletakkan secara berjauhan sehingga kedua balon terpisah pada jarak ± 25 cm, seperti pada Gambar 4.4! Amati interaksi yang terjadi!
Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 168
  1. Ulangi langkah pertama dan kedua. Buat variasi lamanya waktu untuk menggosok balon, misalnya dengan menggosokkan balon ke kain wol atau rambut yang kering selama 60 sekon.
  2. Ulangi langkah pertama hingga ketiga, namun dengan memisahkan kedua balon sedikit lebih dekat, misalnya 15 cm.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Bagaimana interaksi kedua balon dengan adanya perubahan jarak? Apakah jarak memengaruhi besarnya gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menarik kedua balon? (Bandingkan hasil pengamatan nomor 1a dengan 1b atau nomor 2a dengan 2b)
  2. Bagaimana interaksi kedua balon dengan adanya perubahan lamanya waktu menggosok? Apakah besar muatan memengaruhi besar gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menarik kedua balon? (Bandingkan hasil pengamatan nomor 1a dengan 2a atau nomor 1b dengan 2b)
Baca Juga  7 Keahlian Yang Wajib Dimiliki Guru SD di Era Moderen

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Bagaimana hubungan antara gaya tarik menarik atau tolak menolak dengan jarak dan besar tiap-tiap muatan?

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 168

Tabel 4.2 Data Pengamatan Kuat Interaksi Kedua Balon terhadap Lamanya Waktu menggosok dan Jarak Kedua Muatan

NoLamanya Waktu Menggosok dengan Kain Wol atau Rambut yang Kering (sekon)Jarak Kedua Balon (cm)Kuat Interaksi Kedua Balon
130a) 25Sangat lemah
  b) 15Lemah
260a) 25Lemah
  b) 15Kuat

Jawaban Apa yang Perlu Kamu Diskusikan

  1. Iya, jarak memengaruhi besarnya gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menarik. Jika jarak yang tercipta di antara kedua balon kecil, maka gaya tolak-menolaknya semakin besar dapat dilihat dari kuatnya interaksi yang semakin kuat. Sedangkan, jika jarak yang tercipta di antara kedua balon semakin besar, maka gaya tolak-menolaknya akan semakin kecil.
  2. Iya, lamanya waktu menggosok pada kedua balon memengaruhi interaksi kedua balon, yang mana semakin lama waktu menggosok pada kedua balon, maka interkasi yang dihasilkan akan semakin kuat. Dengan bergitu maka muatan yang diberikan akan semakin besar dan gaya tolak-menolak atau tarik-menarik yang dihasilkan akan semakin besar.

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa, jarak kedua balon akan memengaruhi besaran gaya listrik yang dihasilkan.

Rangkuman

  1. Listrik statis terjadi akibat adanya perbedaan muatan listrik.
  2. Muatan listrik terdiri dari muatan listrik positif dan negatif. Muatan listrik sejenis (positif dengan positif atau negatif dengan negatif) bersifat tolak-menolak. Muatan listrik yang berbeda (positif dengan negatif) bersifat tarik-menarik.
  3. Besarnya gaya tolak atau gaya tarik kedua muatan listrik dapat dihitung dengan menggunakan persamaan hukum Coulomb.
  4. Medan listrik merupakan daerah di sekitar muatan yang dapat menimbulkan gaya listrik terhadap muatan lain.
  5. Potensial listrik merupakan usaha yang diperlukan untuk memindahkan elektron dari satu titik ke titik lainnya yang jauhnya tak terhingga (jarak tidak berpengaruh).
  6. Beda potensial listrik dapat dihitung dengan membandingkan besar energi listrik yang diperlukan dengan jumlah muatan listrik yang dipindahkan.
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 44

  1. Petir merupakan contoh beda potensial yang terdapat pada lingkungan. Beda potensial pada dua awan yang berbeda atau pada awan dan bumi dapat menyebabkan perpindahan elektron.
  2. Kelistrikan pada tubuh berkaitan dengan komposisi ion yang terdapat pada sel saraf.
  3. Sel saraf tersusun atas bagian dendrit, badan sel, inti sel, dan neurit atau akson.
  4. Sel saraf dapat menghantarkan rangsang karena adanya muatan yang tarik menarik. Tarik-menarik muatan listrik pada saraf terjadi bila terdapat rangsangan dari neurotransmitter.
  5. Muatan listrik pada sel saraf terdapat pada bagian akson atau neurit. Pada saat sel saraf tidak menghantarkan impuls, muatan listrik negatif terdapat di dalam sel saraf dan muatan listrik positif terdapat pada bagian luar sel saraf.
  6. Hewan tertentu dapat menghasilkan listrik, misalnya ikan belalai gajah, ikan pari elektrik, hiu kepala martil, echidna, belut listrik, dan lele elektrik.
  7. Teknologi listrik dimanfaatkan pada alat pengendap elektrostatis pada cerobong asap, pengecatan mobil, dan mesin fotokopi.

Nah, itu dia pembahasan Ayo Kita Lakukan IPA kelas 9 semester 1 halaman 168 tentang interaksi dua benda bermuatan terhadap jaraknya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca juga

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 129

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 136

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 138

Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 143

Jawaban Ayo Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 144

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 149

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 150

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 9 BAB 3 Halaman 157

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 165

Baca Juga  Soal Latihan Pretest PPG Penjas Materi Pedagogik

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 167

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *