Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 36

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 36

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 36 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo Kita Lakukan” IPA kelas 8 semester 1 halaman 36. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang jaringan otot.

Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 36

Aktivitas 1.6 Mengamati Jaringan Otot

Apa yang kamu perlukan?

  1. Preparat awetan otot jantung, otot rangka, dan otot polos
  2. Mikroskop
  3. Buku dan alat tulis

Jika di sekolah kamu tidak tersedia preparat awetan otot jantung, otot rangka, otot polos, dan mikroskop mintalah kepada gurumu untuk menyediakan gambar otot jantung, otot rangka, dan otot polos.

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Lakukan pengamatan pada preparat awetan atau gambar yang telah disediakan. Hal yang perlu kamu amati adalah bentuk sel dari masing-masing jenis otot. Lakukan kegiatan pengamatan ini dengan cermat dan teliti, agar kamu dapat mengidentifikasi perbedaan dari ketiga jenis otot ini.
  2. Gambarlah hasil pengamatanmu kemudian berikan keterangan pada bagian-bagian otot yang tampak.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

Sebutkan perbedaan dari ketiga jenis otot yang telah kamu amati!

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 36

  1. Otot jantung
    Bentuk : silindris memanjang dan bercabang
    Jumlah inti : lebih dari satu
    Letak inti sel : di tengah sel
    Letak : jantung
    Reaksi : lambat
    Sistem kerja : bekerja tidak di bawah kesadaran
  2. Otot rangka
    Bentuk : silindris memanjang
    Jumlah inti : banyak
    Letak inti sel : di tepi sel
    Letak : melekat pada tulang dengan perantara tendon
    Reaksi : cepat
    Sistem kerja : bekerja di bawah kesadaran
  3. Otot polos
    Bentuk : gelondong
    Jumlah inti : 1
    Letak inti sel :di tengah sel
    Letak : dinding lambung, usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah
    Reaksi : lambat
    Sistem kerja : bekerja tidak di bawah kesadaran
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 213

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat tiga jenis otot yaitu otot jantung, otot rangka, dan otot polos. Otot rangka bekerja di bawah kesadaran, sedangkan otot jantung dan otot polos bekerja tidak di bawah kesadaran.

Rangkuman

  1. Jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh, sedangkan perpindahan merupakan jumlah lintasan yang ditempuh dengan memperhitungkan posisi awal dan akhir benda.
  2. Gerak Lurus dibedakan menjadi dua, yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
  3. Gerak Lurus Beraturan (GLB) terjadi apabila kecepatan gerak suatu benda konstan.
  4. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) terjadi apabila suatu benda bergerak dengan percepatan yang konstan.
  5. Gaya adalah tarikan atau dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda.
  6. Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh contohnya adalah gaya otot dan gaya gesek. Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Gaya gesek adalah gaya yang diakibatkan oleh adanya dua buah benda yang saling bergesekan. Gaya tak sentuh adalah gaya yang tidak membutuhkan kontak langsung dengan benda yang dikenai.
  1. Hukum I Newton menyatakan bahwa benda yang tidak mengalami resultan gaya (ΣF=0) akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan.
  2. Hukum II Newton menyatakan bahwa percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya.
  3. Hukum III Newton menyatakan bahwa ketika benda pertama mengerjakan gaya (Faksi) pada benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya (Freaksi) yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau Faksi=−Freaksi.
  4. Fungsi rangka yaitu memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh kita; melindungi organ dalam, misalnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak; tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif sehingga dapat menggerakkan tulang; sebagai tempat pembentukan sel darah (pada jenis tulang tertentu, seperti tulang paha).
  5. Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi empat jenis tulang, yaitu tulang panjang (misalnya tulang lengan atas atau humerus), tulang pipih (misalnya tulang dada atau sternum), tulang pendek (misalnya tulang ruas jari atau falang), dan tulang tidak beraturan (misalnya tulang punggung atau vertebra).
  1. Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Sendi dapat dikelompokkan berdasarkan banyak sedikitnya gerakan yang mungkin dilakukan. Sendi yang tidak dapat digerakkan disebut dengan sinartrosis, misalnya sendi yang terdapat pada tulang tengkorak. Sendi yang dapat digerakkan namun terbatas disebut dengan amfiartrosis, misalnya sendi antarruas tulang belakang. Sendi yang dapat digerakkan dengan bebas disebut dengan diartrosis. Sendi diartrosis dibagi menjadi sendi peluru, sendi engsel, sendi putar, sendi pelana, dan sendi geser.
  2. Ada tiga jenis jaringan otot yang menyusun tubuh manusia, yaitu otot rangka, otot jantung, dan otot polos.
  3. Ada beberapa macam gangguan dan kelainan yang terjadi pada sistem gerak antara lain, riketsia, osteoporosis, fraktura (patah tulang), artritis, lordosis, kifosis, dan skoliosis.
  4. Hewan yang hidup di air dapat melayang-layang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi karena adanya gaya angkat oleh air.
  5. Kecenderungan hewan yang hidup di darat adalah memiliki otot dan tulang yang kuat. Hal tersebut diperlukan untuk mengatasi inersia (kecenderungan tubuh untuk diam) dan untuk menyimpan energi pegas (elastisitas) untuk melakukan berbagai aktivitas.
  1. Berdasarkan asal datangnya rangsangan, gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga, yaitu gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
  2. Gerak endonom adalah gerak yang terjadi akibat rangsangan yang berasal dari dalam sel atau tubuh tumbuhan.
  3. Gerak higroskopis adalah gerak yang terjadi karena adanya perubahan kadar air di dalam sel secara tidak merata. Contohnya membukanya buah polong-polongan dan membukanya dinding sporangium tumbuhan paku.
  4. Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar tubuh tumbuhan (lingkungan sekitar). Berdasarkan arah respons gerak yang dilakukan tumbuhan, gerak esionom dapat dibedakan menjadi gerak tropisme, gerak taksis, dan gerak nasti.
Baca Juga  Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 8, Halaman 80 dan 88

Nah, itu dia pembahasan Ayo Kita Lakukan IPA kelas 8 semester 1 halaman 36 tentang jaringan otot. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca juga

Jawaban Bandingkanlah IPA Kelas 7 Halaman 12

Jawaban Ayo Kita Latihan IPA Kelas 7 Halaman 13

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 3

Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 8 Halaman 7

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 10

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 12

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 13

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 20

jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 27

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *