Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 175

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 175

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 175 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo Kita Lakukan” IPA kelas 8 semester 1 halaman 175. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang uji kandungan vitamin C pada buah.

Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 175

Aktivitas 4.4 Uji Kandungan Vitamin C pada Buah

Vitamin C banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Tiap-tiap jenis buah memiliki kadar vitamin C yang berbeda-beda. Untuk mengetahui kadar vitamin C pada masing-masing jenis buah, lakukan kegiatan berikut ini.

Apa yang kamu perlukan ?

  1. 4 tabung reaksi
  2. Gelas
  3. Rak tabung reaksi
  4. Tepung maizena
  5. 2% iodium tinktur
  6. Pipet
  7. Pengaduk kayu
  8. Timbangan
  9. Beberapa jenis sari buah misalnya sari buah jambu, sari buah jeruk, sari buah tomat, sari buah mangga, sari buah pepaya, sari buah salak, atau sari buah yang ada di lingkunganmu.
  10. Perlu kamu perhatikan! Jangan mencicipi salah satu sari buah. Iodium dapat menodai kulit dan pakaian. Bila terkena mata dapat menyebabkan iritasi. Beritahu gurumu jika terjadi tumpahan.

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Beri tanda empat tabung reaksi A-D (sesuai dengan jumlah sari buah yang hendak kamu uji).
  2. Isi masing-masing tabung reaksi 5 mL dengan sari buah yang berbeda.
  3. Larutkan 0,3 g tepung maizena, dalam 50 mL air.
  4. Tambahkan 5 mL larutan maizena ke masing-masing tabung reaksi, aduk sampai rata.
  5. Teteskan iodium tinktur ke tabung reaksi A-D sambil diaduk. Catat jumlah tetesan yang dibutuhkan untuk mengubah sari buah sampai berubah menjadi ungu.
  6. Ulangi langkah 5 sampai 3 kali.
  7. Tulislah data hasil percobaanmu pada Tabel 4.9! Catatan: Semakin banyak jumlah tetesan tinktur untuk mengubah warna menjadi ungu makin banyak kandungan vitamin C.
Baca Juga  Jawaban Jenis Usaha Masyarakat Indonesia Kelas 5

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Berdasarkan jumlah tetesan iodium tinktur, sari buah apa yang mengandung vitamin C paling tinggi?
  2. Berdasarkan hasil percobaanmu, apa yang dapat kamu sarankan pada penderita sariawan?

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 175

  1. Berdasarkan jumlah tetesan iodium tinktur, sari buah yang mengandung vitamin C paling tinggi adalah jambu biji.
  2. Berdasarkan hasil percobaan, yang dapat disarankan pada penderita sariawan adalah jeruk.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil percobaan dan diskusi yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa, vitamin C dari buah jambu biji merah adalah yang paling tinggi. Vitamin C yang berasal dari bahan alami seperti tomat, jeruk, jambu biji lebih baik dikonsumsi daripada bahan makanan yang mengandung vitamin C tetapi sudah dicampur dengan zat buatan.

Rangkuman

  1. Makanan memiliki peran yang penting bagi kehidupan manusia sebagai sumber energi dan bahan penyusun tubuh manusia.
  2. Kebutuhan energi manusia dinyatakan dalam satuan kalori. Satu kalori itu menunjukkan jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan 1 gram air sebesar 1°C.
  3. Karbohidrat adalah sumber energi utama pada tubuh yang sumbernya dapat berasal dari nasi, roti, sagu, atau kentang.
  4. Lemak merupakan salah satu komponen yang penting bagi tubuh karena dapat melarutkan beberapa macam vitamin dan merupakan cadangan energi yang paling besar.
  5. Protein berperan sebagai penghasil energi, pembangun massa tubuh, dan pembentuk enzim, antibodi, serta hormon.
  6. Vitamin merupakan bahan yang wajib ada dalam bahan makanan walaupun dalam jumlah yang sedikit karena vitamin berperan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapa macam penyakit.

  1. Makanan diproses dalam tubuh melalui empat tahap yaitu: ingesti (pemasukan makanan), digesti (pencernaan), absorpsi (penyerapan), dan defekasi (pengeluaran).
  2. Organ pencernaan manusia terdiri atas saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Saluran pencernaan adalah organ-organ yang dilewati oleh bahan makanan yang terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Organ pencernaan tambahan berupa organ-organ penghasil enzim yaitu hati, empedu, dan pankreas.
  3. Pencernaan makanan terbagi atas dua macam yaitu pencernaan mekanis dan pencernaan kimiawi. Pencernaan mekanis terjadi ketika makanan dikunyah, dicampur, dan diremas. Pencernaan kimiawi, terjadi reaksi kimia yang menguraikan molekul besar makanan menjadi molekul yang lebih kecil.
  4. Pencernaan mekanis dalam mulut dibantu oleh gigi dan lidah. Gigi terdiri atas beberapa jenis, yaitu (1) gigi seri, berfungsi untuk memotong makanan, (2) gigi taring, berfungsi untuk mencabik-cabik makanan, dan (3) gigi geraham, yang berfungsi untuk mengunyah makanan.
Baca Juga  Komponen pembelajaran apa yang berubah di SMK pada Kurikulum Merdeka?

  1. Otot kerongkongan dapat berkontraksi sehingga menimbulkan gerakan meremas yang mendorong bolus ke dalam lambung yang disebut gerakan peristaltik.
  2. Di dalam lambung terjadi pencernaan mekanis dan kimiawi. Secara mekanis otot lambung berkontraksi mengaduk-aduk bolus. Secara kimiawi bolus tercampur dengan getah lambung yang mengandung asam klorida (HCl), enzim pepsin, dan enzim renin.
  3. Usus halus terdiri atas tiga bagian yaitu, usus 12 jari (duodenum, usus tengah (jejunum), dan usus penyerapan (ileum).
  4. Getah pankreas mengandung enzim lipase, amilase, dan tripsin.
  5. Usus besar terdiri atas kolon asendens (naik), kolon transversum (mendatar), dan kolon desendens (menurun) dan berakhir pada anus.
  6. Zat-zat sisa yang berada dalam usus besar dibusukkan dengan bantuan bakteri Escherichia coli.

  1. Hati berperan dalam proses detoksifikasi, menyimpan vitamin A, D, E, K, dan B12, menjaga keseimbangan kadar glukosa darah, dan menghasilkan getah empedu.
  2. Pankreas merupakan kelenjar endokrin yang menghasilkan hormon insulin yang berfungsi mengatur proses pengubahan glukosa dalam darah menjadi glikogen yang disimpan dalam hati.
  3. Obesitas adalah suatu kondisi tubuh memiliki kandungan lemak yang berlebih, sehingga dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan.
  4. Karies gigi atau gigi berlubang, merupakan kerusakan gigi akibat infeksi bakteri yang merusak lapisan gigi sehingga merusak struktur gigi.
  5. Mag (gastritis) merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan atau iritasi pada lapisan lambung.
  6. Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh virus hepatitis, bakteri, jamur, Protozoa, racun seperti alkohol, dan penggunaan obat secara terus menerus, seperti parasetamol.

Nah, itu dia pembahasan Ayo Kita Lakukan IPA kelas 8 semester 1 halaman 175 tentang uji kandungan vitamin C pada buah. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca Juga  Latihan Soal PAT IPS Kelas 8

Baca juga

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 114

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 122

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 127

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 131

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 8 Halaman 136

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 8 BAB 3 Halaman 149

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 157

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 8 Halaman 158

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 167

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 170

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *