Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 167

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 167

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 167 — Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo Kita Cari Tahu” IPA kelas 9 semester 1 halaman 167. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang cara kerja elektroskop.

Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 167

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 167

Bagaimana cara mengetahui suatu benda bermuatan atau tidak? Salah satu cara untuk mengetahui muatan listrik pada benda adalah dengan menggunakan elektroskop. Perhatikan Gambar 4.2! Elektroskop memiliki tiga bagian utama, yaitu kepala elektroskop, daun elektroskop yang terbuat dari lempeng emas atau aluminium, dan logam penghantar atau konduktor yang menghubungkan kepala elektroskop dengan daun elektroskop. Daun elektroskop akan membuka apabila kepala elektroskop didekatkan dengan benda yang bermuatan listrik.

Agar dapat mengetahui jenis muatan listrik pada benda, maka elektroskop yang digunakan harus sudah bermuatan dan jenisnya telah diketahui. Jika lempeng daun elektroskop semakin membuka lebar, maka jenis muatan pada benda sama dengan jenis muatan pada elektroskop.

Sekarang, buatlah elektroskop dengan menggunakan alat dan bahan sederhana, seperti dari kertas aluminium serta botol minuman kemasan plastik. Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang cara kerja elektroskop! Carilah informasi dengan bertanya kepada guru atau membaca berbagai buku untuk melengkapi tugasmu!

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 167

Elektroskop bekerja dengan dua cara, yaitu dengan cara konduksi dan induksi

  1. Elektroskop dengan cara konduksi, dapat dilakukan pada sebuah elektroskop yang tidak netral. Bola logam dan daun elektroskop akan bermuatan negatif. Jika didekatkan dengan benda yang bermuatan positif maka muatan negatif pada daun akan ditarik ke bola logam dan daun-daun pada elektroskop akan saling menarik atau mendekat. Tapi ketika benda bermuatan negatif yang didekatkan pada logam, elektron akan turun menuju daun kaki sehingga kedua daun kaki akan saling tolak menolak atau saling menjauh.
  2. Elektroskop dengan cara induksi, dapat dilakukan pada sebuah elektroskop yang netral. Elektroskop yang netral jika didekatkan dengan benda yang bermuatan negatif maka akan menarik muatan positif dari gaun bola dan akan dihantarkan ke daun-daun elektroskop. Muatan negatif pada bola logam akan tolak menolak dengan muatan benda yang didekati dan akan menuju ke daun-daun elektroskop. Kedua daun elektroskop akan saling menjauh karena kelebihan elektron dan sama-sama bermuatan negatif. Semakin besar muatan, akan semakin jauh jarak di antara kedua daun elektroskop. Hal ini juga akan terjadi apabila benda bermuatan positif diinduksikan pada elektroskop.
Baca Juga  Jawaban Post Test Modul 1 Bolehkah Memaksa

Rangkuman

  1. Listrik statis terjadi akibat adanya perbedaan muatan listrik.
  2. Muatan listrik terdiri dari muatan listrik positif dan negatif. Muatan listrik sejenis (positif dengan positif atau negatif dengan negatif) bersifat tolak-menolak. Muatan listrik yang berbeda (positif dengan negatif) bersifat tarik-menarik.
  3. Besarnya gaya tolak atau gaya tarik kedua muatan listrik dapat dihitung dengan menggunakan persamaan hukum Coulomb.
  4. Medan listrik merupakan daerah di sekitar muatan yang dapat menimbulkan gaya listrik terhadap muatan lain.
  5. Potensial listrik merupakan usaha yang diperlukan untuk memindahkan elektron dari satu titik ke titik lainnya yang jauhnya tak terhingga (jarak tidak berpengaruh).
  6. Beda potensial listrik dapat dihitung dengan membandingkan besar energi listrik yang diperlukan dengan jumlah muatan listrik yang dipindahkan.

  1. Petir merupakan contoh beda potensial yang terdapat pada lingkungan. Beda potensial pada dua awan yang berbeda atau pada awan dan bumi dapat menyebabkan perpindahan elektron.
  2. Kelistrikan pada tubuh berkaitan dengan komposisi ion yang terdapat pada sel saraf.
  3. Sel saraf tersusun atas bagian dendrit, badan sel, inti sel, dan neurit atau akson.
  4. Sel saraf dapat menghantarkan rangsang karena adanya muatan yang tarik menarik. Tarik-menarik muatan listrik pada saraf terjadi bila terdapat rangsangan dari neurotransmitter.
  5. Muatan listrik pada sel saraf terdapat pada bagian akson atau neurit. Pada saat sel saraf tidak menghantarkan impuls, muatan listrik negatif terdapat di dalam sel saraf dan muatan listrik positif terdapat pada bagian luar sel saraf.
  6. Hewan tertentu dapat menghasilkan listrik, misalnya ikan belalai gajah, ikan pari elektrik, hiu kepala martil, echidna, belut listrik, dan lele elektrik.
  7. Teknologi listrik dimanfaatkan pada alat pengendap elektrostatis pada cerobong asap, pengecatan mobil, dan mesin fotokopi.
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 8

Nah, itu dia pembahasan Ayo Kita Cari Tahu IPA kelas 9 semester 1 halaman 167 tentang cara kerja elektroskop. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca juga

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 125

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 129

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 136

Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 138

Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 143

Jawaban Ayo Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 144

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 149

Jawaban Ayo Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 150

Jawaban Uji Kompetensi IPA Kelas 9 BAB 3 Halaman 157

Jawaban Ayo Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 165

Pencarian Populer : https://bloggers id/pendidikan/jawaban-ayo-kita-cari-tahu-ipa-kelas-9-halaman-167 html/27739/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *