Soal dan Jawaban Kurikulum Merdeka SMA SMK
Soal dan Jawaban Kurikulum Merdeka SMA SMK

Jawaban Aktivitas 1.4 halaman 12 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Bloggers.id – Jawaban Aktivitas 1.4 halaman 12 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka– Jumpa kembali Sobat Bloggers, pada kesempatan ini kami akan membagikan materi pembelajaran Kurikulum Merdeka mengenai Jawaban Aktivitas 1.4 halaman 12 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Jawaban yang kami bagikan disertai dengan pembahasan supaya memudahkan kamu memahami materi pelajaran. Yuk langsung saja kita menuju ke pembahasan soal dan jawaban.

Jawaban Aktivitas 1.4 halaman 12 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 1.4

1. Kalian akan mengukur satu benda yang sama, dengan menggunakan tiga alat ukur yang berbeda. Menurut pendapat Kalian, apakah hasil pengukurannya akan sama atau berbeda? Jelaskanlah alasannya.

Jawaban:

Dalam percobaan ini tiga alat ukur yang di gunakan adalah jangka sorong, mikrometer sekrup, dan penggaris.

Hasil pengukuran sama atau tidaknya sesui dengan benda yang akan diukur. Misal disini benda yang akan di ukur adalah Baut.

Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 80

Maka, hasil pengukuran seharusnya antara jangka sorong dan mikrometer sekrup akan sama karena alat ini sangatlah cocok untuk benda bulat atau memiliki diameter. Sedangkan menggunakan penggaris tidak disarankan, karena penggaris hanya bisa digunakan untuk mengukur benda lurus dan penggunann penggaris tidak cocok untuk mengukur secara teliti.

2. Salinlah dan isi tabel dengan hasil pengukuran ketiga alat tersebut pada buku latihan Kalian.

Jawaban:

Lakukan Percobaan dan tulis hasilnya dalam tabel.

3. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan, adakah besaran yang diukur dengan alat ukur yang tidak sesuai? Besaran apa saja yang diukur dengan alat ukur yang tidak sesuai? Jelaskan mengapa alat ukurnya tidak sesuai?

Jawaban:

Beberapa benda ada yang tidak sesuai dengan alat ukurnya.

a. Diameter dalam tutup botol sesuai diukur menggunakan Jangka sorong dan lebih teliti. Tidak sesuai diukur menggunakan mikrometer sekrup dan penggaris.

b. Diameter luar tutup botol sesuai diukur menggunakan Jangka sorong dan mikrometer sekrup karena lebih teliti. Tidak sesuai diukur menggunakan penggaris.

c. Panjang botol sesuai diukur menggunakan Penggaris. Tidak sesuai diukur menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup karena panjang pada alat tersebut tidak cukup untuk mengukur panjang botol.

d. Tebal buku ketiga alat ini dapat di gunakan untuk mengukur ketebalan buku hanya berbeda di toleransi ukuran.

e. Lebar buku tulis sesuai diukur menggunakan Penggaris. Tidak sesuai diukur menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup karena panjang pada alat tersebut tidak cukup untuk mengukur panjang botol.

f. Panjang buku tulis sesuai diukur menggunakan Penggaris. Tidak sesuai diukur menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup karena panjang pada alat tersebut tidak cukup untuk mengukur panjang botol.

Baca Juga  Bagaimana penyediaan buku untuk peserta didik berkebutuhan khusus?

Hasil pengukuran sama atau tidaknya sesui dengan dimensi benda yang akan diukur.

4. Berdasarkan hasil perbandingan hasil pengukuran yang Kalian dapatkan, alat ukur apa yang cocok dan tidak cocok untuk mengukur diameter baut? Seberapa teliti pengukurannya? Jelaskan alasannya.

Jawaban:

Alat yang tidak cocok untuk mengukur diametr baut adalah penggaris karena ketelitan kurang dan tidak disarankan untuk pengukuran benda bulat atau memiliki diameter. Pembuatan baut memiliki toleransi dan ketelitian yang presisi.

Alat ukur yang cocok adalah jangka sorong dan mikrometer sekrup karena memiliki ketelitian 0.01 mm. Dalam pembuatan baut harus presisi dan memiliki toleransi sehinngga baut dapat berfungsi.

 

Penutup

Selesai sudah pembahasan mengenai Jawaban Aktivitas 1.4 halaman 12 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Sobat diperbolehkan mengembangkan jawaban pada jawaban yang bersifat open minded. Semoga pembahasan materi kali ini dapat membantu Sobat memahami materi yang sedang dipelajari. Terima kasih dan tetap pantau pembahasan materi kurikulum merdeka yang akan kami bagi selanjutnya.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *