Mengapa Kurikulum Merdeka dijadikan opsi, Apa kriteria sekolah yang boleh menerapkan Kurikulum Merdeka?

Bagaimana mengukur ketercapaian profil pelajar Pancasila?

Bagaimana mengukur ketercapaian profil pelajar Pancasila? – Sobat bloggers, terutama bapak dan ibu guru pastinya sering mendengar mengenai kurikulum merdeka. Namun apakah bapak ibu guru sobat bloggers semuanya sudah mengetahui beberapa poin penting pada kurikulum merdeka?

kali ini Bloggers akan membahas mengenai beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai kurikulum merdeka, salah satunya adalah Bagaimana mengukur ketercapaian profil pelajar Pancasila?. Yuk langsung saja kita pahami satu persatu pada Pertanyaan seri Kurikulum Merdeka yang bloggers rangkum dari Kemendikbud.

Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Bagian 15

Jika profil pelajar Pancasila masuk sebagai Renstra Kemendikbudristek, bagaimana pelaksanaannya di satuan pendidikan?

Implementasi profil pelajar Pancasila dilakukan dengan melaksanakan kegiatan (pembelajaran, program, projek, dsb.) yang tujuannya adalah ketercapaian profil pelajar Pancasila. Kepala satuan pendidikan, guru, tenaga kependidikan, dan pelaku pendidikan lainnya juga diharapkan untuk memiliki profil ini, dengan kerja sama antara satuan pendidikan, orang tua, dan masyarakat, serta didukung oleh para pemangku kepentingan dan pemangku kebijakan.

Bagaimana mengukur ketercapaian profil pelajar Pancasila?

Projek profil pelajar Pancasila memiliki rapor tersendiri yang akan membantu rekam jejak ketercapaian profil pelajar Pancasila. Pada satuan PAUD sendiri tidak ada rapor khusus untuk projek profil pelajar Pancasila. Rapor projek profil terintegrasi dengan laporan perkembangan CP dan diharapkan muncul di portofolio anak. Profil pelajar Pancasila merupakan tujuan akhir dari hasil pendidikan, sehingga satuan pendidikan juga seyogyanya tidak terburu-buru dalam mengukur ketercapaian profil, melainkan membangun kompetensi dan karakter tersebut secara konsisten dan melihat perkembangannya melalui penilaian projek.

Baca Juga  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 SD Tema 6 Sub Tema 2 Pembelajaran 2

Apakah projek penguatan profil pelajar Pancasila diampu oleh guru yang sama dengan guru mata pelajaran?

Projek penguatan profil pelajar Pancasila diajarkan secara kolaboratif (team teaching) oleh guru mata pelajaran dan guru kelas. Karena projek ini memiliki target utama pengembangan profil Pelajar Pancasila, maka semua guru, baik guru mata pelajaran maupun guru kelas perlu terlibat dalam perencanaan, pengajaran, dan asesmen. Di satuan PAUD, guru yang mengampu projek penguatan profil pelajar Pancasila sama dengan guru kelas. Sejumlah 20-30 persen jam pelajaran dari setiap mapel dialokasikan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Apakah projek tersebut akan diimplementasikan per mapel atau terintegrasi antarmapel?

Target utama projek ini adalah penguatan profil pelajar Pancasila sebagai tujuan jangka panjang pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan projek ini tidak berkaitan langsung dengan konten/capaian pembelajaran dari mapel yang sedang dipelajari. Dalam implementasinya, guru kelas dan guru mapel berkolaborasi dan fokus pada pencapaian dimensi profil pelajar Pancasila dalam perencanaan dan fasilitasi kegiatan projek ini. Penentuan 20-30 persen alokasi waktu untuk projek tidak berlaku untuk satuan PAUD.

Dalam rangkaian kegiatannya, peserta didik akan menggali pemahaman dan mencari solusi mengenai isu-isu yang dikemas dalam tujuh tema berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals atau SGDs). di SD, SMP, SMA, SMK, dan sederajat serta empat tema di satuan PAUD. Berbagai macam keterampilan dan pengetahuan akan dikembangkan untuk pendalaman isu, penyelesaian masalah, dan tidak dipisah-pisah dalam mata pelajaran.

Bagaimana bentuk pelaporan hasil projek?

Hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila dilaporkan dalam rapor akhir tahun (semester 2) peserta didik. Format rapor tersebut berbeda dengan format hasil belajar intrakurikuler. Rapor hasil projek menggambarkan perkembangan sub elemen profil pelajar Pancasila yang dipilih dalam tema projek di tahun ajaran. Pada satuan PAUD, pelaporan hasil projek tidak terpisah dengan rapor intrakurikuler. Perkembangan projek dan dimensi profil ditunjukkan dalam portofolio anak.

Baca Juga  Kunci Jawaban Bab 4 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 117, Percobaan 3

Nah demikian tadi pembahasan mengenai beberapa pertanyaan seputar Kurikulum Merdeka. Sobat bloggers bisa mendapatkan pertanyaan dan jawaban seputar kurikulum merdeka melalui buku saku Kurikulum merdeka yang bisa diunduh melalui tautan dibawah ini

DOWNLOAD BUKU SAKU TANYA JAWAB KURIKULUM MERDEKA

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *