Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 135

Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 135

Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 135 – Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Pikirkan” IPA kelas 9 semester 2 halaman 135. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang unsur mineral pembuat palu.

Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 135

Berdasarkan data kekerasan pada Tabel 8.4, kira-kira unsur atau mineral apakah yang akan kamu gunakan membuat palu? Apakah kamu akan membuat palu dari logam natrium? Jelaskan alasanmu!

Jawaban Ayo, Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 135

Unsur atau zat yang cocok digunakan untuk membuat palu adalah zat yang memiliki sifat sangat keras dan tidak mudah rusak. Contohnya seperti logam baja yang memiliki nilai kekerasan 4-4,5 Mohs.

Logam natrium tidak cocok digunakan sebagai bahan pembuatan palu, hal tersebut dikarenakan logam natrium bersifat lunak dengan nilai kekerasan hanya 0,5-0,6 Mohs.

Baca Juga : Latihan Soal PAT Akidah Akhlak Kelas 7

Rangkuman

  1. Setiap benda dan makhluk hidup tersusun oleh molekul-molekul. Molekul ini tersusun atas partikel yang lebih kecil yaitu atom.
  2. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton yang memiliki muatan positif, elektron yang memiliki muatan negatif, dan neutron yang tidak bermuatan.
  3. Sifat-sifat suatu materi atau benda yang berbeda disebabkan oleh perbedaan susunan molekul-molekul dalam materi itu, jenis ikatan kimia, serta perbandingan jumlah dan jenis atom dalam suatu molekul.
  4. Ada beberapa teori perkembangan atom, yaitu teori Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan teori atom modern.
Baca Juga  Jawaban Demi Air Bersih Kelas 5 Tema 8

 

  1. Partikel subatom banyak dimanfaatkan dalam kehidupan, misalnya elektron digunakan pada mikroskop elektron dan sinar-X.
  2. Setiap atom memiliki nomor atom dan nomor massa. Nomor atom menunjukkan jumlah proton, sedangkan nomor massa menunjukkan penjumlahan proton dan neutron.
  3. Molekul dan atom yang menerima atau melepas elektron menjadi bermuatan dan membentuk ion.
  4. Proses pembentukan ion disebut ionisasi. Ion yang bermuatan positif disebut kation, sedangkan ion yang bermuatan negatif disebut anion. Gaya tarik-menarik antara kation dan anion dalam senyawa tersebut disebut ikatan ionik.
  5. Pembentukan ikatan kimia melalui penggunaan bersama elektron antar dua atom disebut dengan ikatan kovalen.

 

  1. Susunan elektron di dalam suatu atom disebut dengan konfigurasi elektron.
  2. Tingkat energi dalam suatu atom berturut-turut adalah tingkat energi K, L, M, N, dan seterusnya. Tingkat energi K merupakan tingkat energi pada kulit ke-1 (n=1), tingkat energi L pada kulit ke-2 (n=2), dan seterusnya.
  3. Tingkat energi K atau n=1 dapat ditempati oleh 2 elektron, L atau n=2 dapat ditempati oleh 8 elektron, M atau n=3 dapat ditempati oleh 18 elektron dan seterusnya.
  4. Uji nyala dapat digunakan untuk mengetahui kandungan beberapa unsur dalam suatu senyawa secara sederhana
  5. Setiap zat memiliki sifat yang unik dan berbeda dengan zat lain yang disebabkan oleh perbedaan jumlah dan jenis atom penyusun suatu zat, perbedaan ikatan, atau perbedaan struktur (susunan) atom atau molekul-molekul penyusunnya.

 

  1. Intan dan grafit tersusun dari atom yang sama yaitu atom karbon (C), namun membentuk struktur dan jenis ikatan yang berbeda sehingga dapat dihasilkan karakteristik yang berbeda. Pada intan masing-masing atom karbon (C) mengikat empat atom karbon (C) lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral.
  2. Sifat fisika merupakan sifat yang dapat diamati dengan tanpa mengubah ciri-ciri dan komposisi suatu zat dan tidak berhubungan dengan pembentukan zat baru, misalnya kerapatan, kekerasan, elastisitas, daya hantar, viskositas, kemagnetan, titik didih, titik beku, dan titik leleh.
  3. Sifat kimia adalah sifat yang tampak pada suatu zat ketika zat tersebut mengalami perubahan atau reaksi menjadi zat lain, misalnya kestabilan, korosifitas, dan kereaktifan.
Baca Juga  Jawaban Keragaman Karakteristik Individu Kelas 4 Tema 8

 

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Kita Lakukan IPA kelas 9 semester 2 halaman 135 tentang unsur mineral pembuat palu. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.