Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 28

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 28

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 28 – Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Lakukan” IPA kelas 9 semester 2 halaman 27. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang peristiwa induksi kumparan.

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 28

Aktivitas 6.6 Menyelidiki Peristiwa Induksi Elektromagnetik

Apa yang kamu perlukan?

  1. Kumparan 600 dan 1.200 lilitan (kamu dapat membuat kumparan sendiri dengan cara melilitkan kawat tembaga pada pipa)
  2. Magnet batang 2 buah
  3. Galvanometer 1 buah
  4. Kabel penjepit buaya (penjepit tembaga) 2 buah

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buat rangkaian tertutup untuk galvanometer dan kumparan 600 lilitan.
  2. Gerakkan magnet batang masuk-keluar kumparan secara perlahan. Amati penyimpangan yang terjadi pada jarum galvanometer. Catat hasil pengamatanmu pada Tabel 6.3!
  3. Gerakkan magnet batang masuk-keluar kumparan secara cepat. Amati penyimpangan yang terjadi pada jarum galvanometer. Catat hasil pengamatanmu pada tabel data.
  1. Gunakan dua magnet batang sekaligus dan gerakkan dua batang magnet tersebut keluar-masuk kumparan secara perlahan. Amati penyimpangan yang terjadi pada jarum galvanometer. Catat hasil pengamatanmu pada Tabel 6.3.
  2. Gunakan dua magnet batang sekaligus dan gerakkan dua batang magnet tersebut keluar-masuk kumparan secara cepat. Amati penyimpangan yang terjadi pada jarum galvanometer. Catat hasil pengamatanmu pada tabel data.
  3. Ulangi langkah 1 hingga 5 untuk kumparan 1.200 lilitan.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Berdasarkan data hasil pengamatan, bandingkan simpangan jarum galvanometer dengan jumlah magnet dan kecepatannya!
  2. Bandingkan juga simpangan jarum galvanometer dengan jumlah lilitan!
  3. Mengapa terjadi penyimpangan pada jarum galvanometer dan mengapa penyimpangannya berubah-ubah?
  4. Coba amati peristiwa yang terjadi jika kutub magnet yang dimasukkan ke kumparan tetap diam di dalam kumparan? Coba jelaskan mengapa fenomena tersebut dapat terjadi!
Baca Juga  Prinsip Pembelajaran dan Prinsip Asesmen Kurikulum Merdeka

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan data yang dilakukan, apakah yang dimaksud induksi elektromagnetik? Faktor-faktor apakah yang memengaruhi besar gaya gerak listrik yang dihasilkan pada induksi elektromagnetik?

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 28

  1. Bersarkan data hasil pengamatan maka, semakin banyak jumlah magnet, semakin jauh simpangan jarum galvanometer. Semakin cepat pergerakan magnet keluar masuk kumparan, semakin jauh pula simpangan jarum galvanometer.
  2. Bersarkan data hasil pengamatan maka, semakin banyak jumlah lilitan yang digunakan, semakin jauh simpangan jarum galvanometer.
  3. Penyimpangan pada jarum galvanometer terjadi karena perubahan medan magnet di sekitar kumparan, yang menyebabkan dihasilkannya arus listrik atau disebut dengan gaya gerak listrik induksi.
  4. Apabila kutub magnet yang dimasukkan ke kumparan tetap diam di dalam kumparan, maka tidak terjadi perubahan medan magnet di sekitar kumparan.

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan, faktor-faktor yang memengaruhi induksi elektromagnetik adalah jumlah magnet, banyaknya lilitan, dan kecepatan perubahan medan magnet. Gaya gerak listrik induksi yang dihasilkan semakin besar apabila jumlah magnet dan jumlah lilitan semakin banyak dan perubahan medan magnet semakin cepat.

Rangkuman

  1. Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan dapat menarik benda lain. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub yang senama bila didekatkan akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub yang berbeda nama bila didekatkan akan saling tarik-menarik.
  2. Lobster duri, bakteri, merpati, elang, salmon, dan penyu laut memanfaatkan prinsip medan magnet bumi untuk navigasi, menghindari predator, dan mencari mangsa.
  3. Gaya magnet ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik seperti elektron dan proton (partikel elementer penyusun magnet).

  1. Berdasarkan kekuatan magnet untuk menarik benda, bahan magnet dibagi menjadi tiga, yaitu feromagnetik, diamagnetik, dan paramagnetik.
  2. Magnet dapat dibuat dengan cara menggosok, induksi (mendekatkan), dan induksi magnetik (elektromagnet).
  3. Sifat kemagnetan bahan dapat dihilangkan dengan cara memukul-mukul, memanaskan, dan meliliti magnet dengan arus bolak-balik atau AC.
  4. Interaksi kawat berarus dalam sebuah medan magnet akan menghasilkan gaya, yang disebut sebagai gaya Lorentz.
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8 Halaman 8

  1. Besarnya gaya Lorentz dipengaruhi oleh besarnya kuat medan magnet, arus listrik, dan panjang kawat. Contoh penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari adalah motor listrik, bel listrik, sakelar elektromagnetik, dan telepon kawat.
  2. Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet dan medan magnet yang mampu menghasilkan listrik. Contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah generator, dinamo AC/DC, dan transformator.
  3. Transformator adalah alat yang digunakan untuk mengubah besar tegangan listrik. Berdasarkan penggunaannya, transformator dibagi menjadi dua jenis, yaitu transformator stepdown dan transformator step-up.
  4. Prinsip kemagnetan diterapkan dalam teknologi MRI (Magnetic Resonance Imaging), kereta maglev, dan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Kita Lakukan IPA kelas 9 semester 2 halaman 28 tentang peristiwa induksi kumparan. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *