Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 18

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 18

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 18 – Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Lakukan” IPA kelas 9 semester 2 halaman 18. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang pola medan magnet.

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 18

Aktivitas 6.3 Menyelidiki Pola Medan Magnet

Apa yang kamu perlukan?

  1. Pasir besi
  2. Plastik mika atau kertas
  3. Magnet dengan berbagai bentuk

(Catatan: Jika tidak ada pasir besi, kamu dapat mencarinya dengan cara meletakkan magnet batang pada tumpukan pasir hitam, pasir yang ditarik oleh magnet adalah pasir besi yang dapat kamu gunakan untuk percobaan ini).

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Letakkan magnet batang di bawah kertas atau mika untuk menghindari kontak langsung dengan pasir besi.
  2. Taburkan pasir besi di atas kertas atau mika tersebut.
  3. Amati perubahan pola yang dibentuk pasir besi di atas kertas atau mika tersebut.
  4. Gambarkan pola tersebut di atas selembar kertas.
  5. Ulangi kegiatan 1-4 untuk magnet U dan bentuk magnet lainnya.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

Bagian manakah dari magnet batang, magnet U, dan magnet lainnya yang paling banyak ditempeli pasir besi? Mengapa?

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 18

Bagian magnet yang paling banyak ditempeli pasir besi adalah ujung kutub utara dan kutub selatan, baik dari magnet batang, magnet U maupun magnet lainnya. Hal ini terjadi dikarenakan pada bagian tersebut pengaruh medan magnet paling besar.

Baca Juga  Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 9 Halaman 167

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa daerah di sekitar magnet yang dapat memengaruhi magnet atau benda feromagnetik disebut medan magnet. Pola-pola yang dibentuk oleh pasir besi dari percobaan yang telah dilakukan merupakan bentuk garis gaya magnet yang digunakan untuk menggambarkan medan magnet. Medan magnet terbesar terletak pada ujung-ujung kutub magnet. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pasir besi yang ditarik oleh ujung-ujung kutub magnet (garis-garis gaya magnetnya sangat rapat).

Rangkuman

  1. Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan dapat menarik benda lain. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub yang senama bila didekatkan akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub yang berbeda nama bila didekatkan akan saling tarik-menarik.
  2. Lobster duri, bakteri, merpati, elang, salmon, dan penyu laut memanfaatkan prinsip medan magnet bumi untuk navigasi, menghindari predator, dan mencari mangsa.
  3. Gaya magnet ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik seperti elektron dan proton (partikel elementer penyusun magnet).

  1. Berdasarkan kekuatan magnet untuk menarik benda, bahan magnet dibagi menjadi tiga, yaitu feromagnetik, diamagnetik, dan paramagnetik.
  2. Magnet dapat dibuat dengan cara menggosok, induksi (mendekatkan), dan induksi magnetik (elektromagnet).
  3. Sifat kemagnetan bahan dapat dihilangkan dengan cara memukul-mukul, memanaskan, dan meliliti magnet dengan arus bolak-balik atau AC.
  4. Interaksi kawat berarus dalam sebuah medan magnet akan menghasilkan gaya, yang disebut sebagai gaya Lorentz.

  1. Besarnya gaya Lorentz dipengaruhi oleh besarnya kuat medan magnet, arus listrik, dan panjang kawat. Contoh penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari adalah motor listrik, bel listrik, sakelar elektromagnetik, dan telepon kawat.
  2. Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet dan medan magnet yang mampu menghasilkan listrik. Contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah generator, dinamo AC/DC, dan transformator.
  3. Transformator adalah alat yang digunakan untuk mengubah besar tegangan listrik. Berdasarkan penggunaannya, transformator dibagi menjadi dua jenis, yaitu transformator stepdown dan transformator step-up.
  4. Prinsip kemagnetan diterapkan dalam teknologi MRI (Magnetic Resonance Imaging), kereta maglev, dan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).
Baca Juga  Peristiwa Perlawanan terhadap Belanda Kelas 5 Tema 7

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Kita Lakukan IPA kelas 9 semester 2 halaman 18 tentang pola medan magnet. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.