Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 201

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 201

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 201 – Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Lakukan” IPA kelas 8 semester 2 halaman 201. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang diameter iris dan pupil ketika berada di tempat terang dan di tempat gelap.

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 201

Aktivitas 11.7 Mengukur diameter Iris dan Pupil

Sebelum melakukan pengamatan ini berkumpullah dengan teman satu kelompok (1 kelompok terdiri atas 3 orang). Lakukan pengamatan ini dengan cermat dan teliti.

Apa yang kamu perlukan?

  1. Penggaris
  2. Kertas
  3. Alat tulis

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Berbagilah tugas dengan teman satu kelompokmu! Lakukan pembagian tugas dengan bijaksana. Pembagian tugas adalah sebagai berikut, satu orang menjadi peraga yang nantinya akan diukur diameter iris dan pupilnya, satu orang yang akan mengukur diameter iris dan pupil,  dan satu orang lagi mencatat hasil pengamatan.
  2. Mintalah temanmu yang bertindak sebagai peraga untuk keluar menuju halaman kelas! Mintalah dia berdiam di halaman ± 3 menit!
  3. Ukurlah diameter iris dan pupil temanmu! Lakukan pengukuran dengan hati-hati! Jangan sampai penggaris yang kamu gunakan mengenai mata teman kamu.
  4. Catatlah hasil pengukuranmu pada buku IPA!
  5. Mintalah temanmu yang bertindak sebagai peraga untuk masuk ke kelas kembali! Mintalah temanmu berdiam di dalam kelas selama ± 3 menit!
  6. Ukurlah diameter iris dan pupil temanmu. Lakukan pengukuran dengan hati-hati! Jangan sampai penggaris yang kamu gunakan mengenai mata teman kamu!
  7. Catatlah hasil pengukuran pada buku IPA!
Baca Juga  Jawaban Ayo, Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 176

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Bagaimanakah diameter pupil jika berada di tempat terang? Mengapa demikian?
  2. Bagaimanakah diameter pupil jika berada di tempat gelap? Mengapa demikian?

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 201

Jawaban Apa yang perlu kamu diskusikan

  1. Apabila seseorang berada di tempat yang gelap, maka secara otomatis diameter pupil akan mengecil secara otomatis. Hal tersebut dikarenakan agar cahaya yang masuk ke dalam pupil tidak terlalu banyak.
  2. Apabila seseorang berada di tempat yang gelap, maka secara otomatis diameter pupil akan membesar atau melebar secara otomatis. Hal tersebut bertujuan untuk menyerap lebih banyak cahaya yang sampai ke retina sehingga dapat melihat dengan jelas.

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, pupil akan mengecil ketika berada di tempat yang terang dan akan membesar atau melebar ketika di tempat gelap, hal tersebut bertujuan untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam mata.

Tahukah Kamu?

Iris memberi warna pada mata. Seperti sidik jari, iris dapat digunakan sebagai pengenal pribadi dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Ayo, Kita Pahami

Mata kamu dapat mendeteksi cahaya yang dipancarkan atau dipantulkan oleh objek atau benda. Lensa pada mata akan memfokuskan cahaya untuk menghasilkan bayangan yang akan jatuh pada bagian belakang mata. Sel-sel khusus yang terletak di belakang mata akan mengubah bayangan menjadi sinyal elektrik (impuls). Sinyal elektrik ini kemudian akan ditransfer ke otak, yang kemudian akan diterjemahkan sebagai objek atau benda yang kamu lihat.

Rangkuman

  1. Cahaya memiliki sifat-sifat khusus. Cahaya dapat merambat lurus, dipantulkan, dibiaskan, dan merupakan gelombang elektromagnetik.
  2. Pemantulan cahaya dapat berupa pemantulan baur dan pemantulan teratur.
  3. Pemantulan baur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang tidak rata, seperti aspal, tembok, batang kayu, dan lainnya.
  4. Pemantulan teratur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti cermin datar atau permukaan air danau yang tenang. Pada pemantulan baur dan pemantulan teratur, sudut pantulan cahaya besarnya selalu sama dengan sudut datang cahaya.
  5. Cahaya yang mengenai benda sebagian akan dipantulkan ke mata dan sebagian lagi akan diserap benda sebagai energi.
  6. Cahaya dapat dipantulkan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
  7. Cahaya akan dibiaskan ketika melalui dua medium dengan kerapatan optik yang berbeda.
Baca Juga  Bacan Roda Pengubah Wajah Dunia Kelas 6

  1. Cahaya dapat dibiaskan pada lensa cekung dan lensa cembung.
  2. Warna cahaya yang dapat dilihat tergantung pada panjang gelombang dari gelombang cahaya yang masuk ke mata.
  3. Benda hanya akan memantulkan spektrum cahaya yang warnanya sama dengan warna permukaan benda tersebut, sehingga kita dapat mengindrai dengan tepat warna-warna benda tersebut.
  4. Gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik, sehingga merupakan gelombang elektromagnet.
  5. Gelombang cahaya matahari memancar ke segala arah sampai ke bumi meskipun melalui ruang hampa udara. Hal ini berarti gelombang cahaya dapat merambat pada ruang kosong (hampa udara) tanpa adanya materi.
  6. Pembentukan bayangan pada cermin dan lensa menggunakan sinar-sinar istimewa.

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Kita Lakukan IPA kelas 8 semester 2 halaman 201 tentang diameter iris dan pupil ketika berada di tempat terang dan di tempat gelap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *