Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 192 dan 198

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 192 dan 198

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 192 dan 198 – Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Lakukan” IPA kelas 8 semester 2 halaman 192 dan 198. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang pembentukan bayangan pada lensa cembung dan proses pembentukan bayangan pada mata.

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 192

Aktivitas 11.5 Pembentukan Bayangan pada Lensa Cembung

Apa yang akan kamu lakukan?

Mempelajari hubungan antara titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa cembung.

Apa yang kamu perlukan?

  1. Penjepit rel sebagai pemegang alat di atas rel presisi 5 buah
  2. 1 buah lampu dengan tiang/lilin
  3. 1 buah lensa cembung
  4. Layar putih
  5. Bangku optik

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Letakkan lilin di bangku optik (rel) di depan lensa cembung. Perhatikan Gambar 11.23!
  1. Geser-geserlah letak layar pada mistar bangku optik (rel) hingga didapatkan bayangan yang jelas pada layar putih!
  2. Ukur jarak layar dari lensa (sebagai s’) dan jarak lilin dari lensa (sebagai s)!
  3. Catat hasil pengukuran dalam Tabel 11.4.
  1. Ulangi langkah-langkah di atas dengan mengubah letak benda (s).

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Bagaimana hubungan antara titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa cembung?
  2. Berapakah jarak fokus lensa cembung yang digunakan dalam percobaan ini?
  3. Berapakah kekuatan lensa yang digunakan dalam percobaan ini?
Baca Juga  Twibbon Siap MPLS Tahun 2022 Download Gratis

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 198

Aktivitas 11.6 Proses Pembentukan Bayangan pada Mata

Pada percobaan kali ini, kita akan mencoba untuk mempelajari proses yang terjadi pada mata sehingga mata dapat melihat benda.

Apa yang kamu perlukan?

  1. 5 buah penjepit rel sebagai pemegang alat di atas rel presisi
  2. 1 buah lampu dengan tiang/1 batang lilin
  3. 1 buah lensa cembung
  4. 1 buah pemegang slide
  5. 1 buah slide panah
  6. 1 buah layar transparan

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Aturlah posisi benda-benda yang telah kamu siapkan dengan posisi seperti Gambar 11.26!
  1. Aturlah posisi lensa (gerak-gerakkan maju atau mundur) sehingga terbentuk bayangan yang jelas pada layar! Bayangan yang terbentuk adalah bayangan yang memiliki sifat sama dengan sifat bayangan yang ditangkap oleh mata manusia!
  2. Lakukan kegiatan ini dengan cermat dan teliti, jangan lupa bekerja samalah dengan teman satu kelompokmu!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Bagaimana sifat bayangan yang terbentuk pada percobaan tersebut?
  2. Berdasarkan percobaan yang telah kamu lakukan, analogkan benda-benda yang digunakan untuk percobaan dengan bagian-bagian mata manusia!
  3. Gambarkan jalannya cahaya pada mata manusia, sehingga manusia dapat melihat benda!

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 192

  1. Hubungan antara titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa cembung, yaitu:
    • Setiap sinar datang yang sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus di belakang lensa.
    • Setiap sinar datang yang menuju titik fokus di belakang lensa akan dipantulkan menjadi sejajar dengan sumbu utama.
    • Setiap sinar datang yang menuju titik pusat cermin (R) akan dipantulkan kembali dari R yang merupakan jari-jari kelengkungan cermin.
  2. Besar fokus cermin cekung dapat dihitung dengan menggunakan rumus:
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Pikirkan IPA Kelas 9 Halaman 230
  1. Besar kekuatan lensa dapat dihitung dengan menggunakan rumus

Keterangan:
P = kekuatan lensa kacamata
PP = titik dekat mata (cm)
Sn = titik dekat mata normal (cm)

Kesimpulan
Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung yaitu maya dan bersifat negatif.

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 198

  1. Sifat bayangan yang terbentuk pada percobaan yang telah dilakukan adalah nyata terbalik dan diperkecil.
  2. Benda-benda yang digunakan dalam percobaan jika dianalogkan sebagai bagian dari mata manusia, maka lampu dianalogkan sebagai sumber cahaya. Slide panah dianalogkan sebagai benda yang dilihat oleh mata. Lensa cembung dianalogkan sebagai lensa pada mata manusia. Layar transparan digunakan untuk menangkap bayangan yang dibiaskan oleh lensa cembung. Layar transparan dianalogkan sebagai retina yang memiliki fungsi untuk menangkap ayangan yang dibentuk oleh lensa mata.
  3. Gambar jalannya cahaya pada mata manusia, sehingga manusia dapat melihat benda.

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, sifat bayangan yang dihasilkan oleh lensa cembung adalah nyata, terbalik, dan diperkecil. Namun pada kenyataannya sifat bayangan dibentuk oleh mata adalah nyata, tegak, dan diperkecil. Hal tersebut dikarenakan adanya pemrosesan informasi di otak, sehingga bayangan seolah-olah terlihat tegak.

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Kita Lakukan IPA kelas 8 semester 2 halaman 192 dan 198 tentang pembentukan bayangan pada lensa cembung dan proses pembentukan bayangan pada mata. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *