Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 141

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 141

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 141 – Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Lakukan” kelas 8 semester 2 halaman 141. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang struktur, fungsi, dan proses pendengaran.

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 141

Aktivitas 10.10 Struktur, fungsi, dan proses pendengaran

STRUKTUR DAN FUNGSI INDRA PENDENGARAN
Agar mengetahui proses mendengar, kita perlu memahami terlebih dahulu struktur telinga sebagai alat pendengaran.
Apa yang kamu perlukan?

  1. Kertas karton/manila
  2. Gunting
  3. Lem kertas
  4. Pensil warna/krayon

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Buatlah sebuah model telinga sederhana, dengan membuat pola seperti Gambar 10.13, dengan ukuran yang lebih besar agar lebih mudah dicoba.
  1. Setelah dipotong, susunlah struktur tersebut dan lekatkan memanjang sehingga terlihat struktur dari telinga bagian luar, tengah, dan dalam.
  2. Setelah kamu gunakan simpanlah untuk pembelajaran pada pertemuan selanjutnya!
  3. Baca dan pahami alat-alat dalam sistem pendengaran dari berbagai sumber yang dapat diperoleh!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

  1. Dimanakah tulang maleus ditemukan?
  2. Dimanakah dapat kita temukan silia?
  3. Struktur apakah yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan pada telinga dalam dan mulutmu?
  4. Struktur apakah yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal suara ke otak?

Apa yang perlu kamu diskusikan lebih lanjut?

Mengapa pada saat kita sedang flu atau pilek, bepergian dengan pesawat dapat mengganggu pendengaran?

PROSES PENDENGARAN

Apa yang kamu perlukan?

  1. Plastik pembungkus
  2. Mangkuk plastik
  3. Beras
  4. Kawat/tali
  5. Pemotong kawat/ gunting
Baca Juga  Melakukan Percobaan Gerhana Matahari Kelas 6

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Regangkan plastik pembungkus dan tutupkan di atas mangkuk. Ikat dengan kawat atau tali agar tak lepas!
  2. Letakkan tepung atau beras di atas plastik pembungkus!
  3. Mintalah temanmu untuk memukul panci/drum di dekat perangkat yang telah kamu buat!
  4. Amatilah apa yang terjadi pada plastik!

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 141

STRUKTUR DAN FUNGSI INDRA PENDENGARAN
Jawaban Apa yang perlu kamu diskusikan

  1. Tulang maleus ditemukan pada tulang bagian tengah dan tulang ini berbentuk seperti martil yang melekat pada gendang telinga. Ada tiga tulang pada telinga dalam yaitu tulang maleus atau martil yang melekat pada gendang telinga, inkus atau landasan yang menghubungkan martil dengan sanggurdi, dan tulang stapes. Tulang ini berfungsi untuk menerima dan melanjutkan getaran suara sehingga kita dapat mendengar.
  2. Silia dapat ditemukan dalam organ korti yang ada pada saluran berongga yang berbentuk seperti rumah siput. Silia ini merupakan reseptor bagi suara yang masuk dalam bentuk getaran. Sel rambut akan memberi respon terhadap frekuensi suara yang berbeda dan mengubahnya menjadi gelombang saraf. Gelombang saraf ini lalu berjalan di sepanjang serabut saraf pendengar yang akan dibawa ke otak.
  3. Struktur yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan pada telinga dalam dan mulut adalah saluran eustachius. Saluran ini mengurangi tekanan udara di telinga tengah sehingga tekanan udara di luar dan di dalam akan sama. Keseimbangan tekanan ini akan menjaga gendang telingan supaya tidak rusak. Saluran ini juga akan menutup dalam keadaan biasa dan akan terbuka jika kita menelan sesuatu.
  4. Struktur yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal suara ke otak adalah saraf yang diterima oleh reseptor resonik yang berupa organ korti yang ada pada rumah siput.
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 30

Jawaban Apa yang perlu kamu diskusikan lebih lanjut
Ketika kita sedang flu atau pilek dan bepergian dengan pesawat pendengaran akan terganggu, hal tersebut dikarenakan saluran eustachius kita sedang bermasalah. Kondisi ini disebut juga dengan oklusi tuba atau sumbatan pada saluran tuba eustachius yang merupakan saluran yang dimulai dari telinga tengah dan berakhir di belakang hidung. Atau bisa juga terjadi di daerah pangkal tenggorokan yang biasanya memiliki tekanan yang seimbang tiba-tiba terjadi perbedaan tekanan yang sangat signifikan sehingga telinga mengalami gangguan.

PROSES PENDENGARAN
Gelombang suara yang ditimbulkan dari pukulan panci akan menggetarkan plastik. Jadi getaran ini akan dirambatkan dengan medium udara dalam bentuk gelombang. Sama halnya dengan telinga kita, saat ada suara maka muncul karena bergetarnya pita suara. Getaran tersebut selanjutnya dirambatkan dalam bentuk gelombang yang kemudian diterima oleh gendang telinga kita.

 

Rangkuman

  • Mendengar adalah kemampuan untuk mendeteksi vibrasi mekanis yang disebut suara.
  • Organ pendengaran pada manusia adalah telinga yang berfungsi menangkap gelombang suara dan memberikan rangsang pada sel saraf untuk diterjemahkan di otak.
  • Telinga manusia dibagi menjadi 3 area, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.
  • Getaran merupakan gerak bolak-balik melalui titik kesetimbangannya yang energinya akan merambat dalam bentuk gelombang.
  • Gelombang-gelombang yang berbeda dapat memiliki periode, frekuensi, dan panjang gelombang yang berbeda.
  • Berdasarkan arah rambatnya, gelombang dibedakan menjadi gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya. Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya.
  • Telinga manusia mampu mendengar bunyi dengan frekuensi 20-20.000 Hz yang disebut bunyi audiosonik. Beberapa hewan dapat mendengar bunyi dengan frekuensi di bawah 20 Hz yang disebut bunyi infrasonik, dan bunyi dengan frekuensi di atas 20.000 Hz yang disebut bunyi ultrasonik.
  • Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena benda lain yang memiliki frekuensi sama bergetar di sekitarnya.
  • Sonar merupakan suatu sistem penggunaan gelombang ultrasonik untuk menaksirkan ukuran, bentuk, atau kedalaman yang biasa dipakai di kapal atau hewan tertentu seperti lumbalumba dan kelelawar.
Baca Juga  Jawaban Ayo Berlatih IPA Kelas 10 Halaman 91

 

Nah, itu dia pembahasan “Ayo, Kita Lakukan” IPA kelas 8 semester 2 halaman 141 tentang struktur, fungsi, dan proses pendengaran. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *