Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 132 dan 133

 

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 132 dan 133

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 132 dan 133 – Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Lakukan” kelas 8 semester 2 halaman 132 dan 133. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang frekuensi pada garpu tala dan frekuensi nada pada senar.

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 132

Aktivitas 10.6 Frekuensi pada garpu tala

Apa yang kamu perlukan?

Tiga garpu tala yang berbeda-beda frekuensinya, misalnya 440 Hz, 400 Hz, dan 360 Hz.

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Siapkan garpu tala!
  2. Getarkan garpu tala secara bergantian!
  3. Dengarkan dan bandingkan bunyi yang terdengar!

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 133

Aktivitas 10.7 Frekuensi nada pada senar

Apa yang kamu perlukan?

Gitar

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Petiklah secara bergantian senar gitar nomor 1, 3, 6!
  2. Dengarkan bunyi yang dihasilkan masing-masing senar. Apakah bunyi yang dihasilkan semakin tinggi atau rendah frekuensinya? Bagaimana hubungan ketebalan tali dawai dengan frekuensi?
  3. Gaya tegang pada senar nomor 6 diperbesar dengan memutar setelannya, petiklah senarnya dan dengarkan nada yang dihasilkan. Kurangi tegangan senar dengan memutar setelannya, kemudian petik senarnya. Bandingkan bunyi senar yang dihasilkan ketika tegangannya diperbesar dan dikurangi!
Baca Juga  Kunci Jawaban Bab 4 Topik A Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 99, Percobaan 1

 

  1. Apakah frekuensi bunyinya semakin besar ketika tegangan diperbesar? Bagaimana hubungan tegangan dawai dengan frekuensi?
  2. Petiklah senar nomor 6 dengan menekan senar pada kolom 2, 3, 4 (panjang senar semakin pendek) secara bergantian. Bandingkan bunyi yang dihasilkan. Apakah semakin pendek senarnya akan semakin tinggi frekuensi bunyi yang dihasilkan?

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan yang telah kamu lakukan, buatlah simpulannya!

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 132

  • Garpu tala dengan frekuensi 440 Hz memiliki nada yang paling tinggi.
  • Garpu tala dengan frekuensi 400 Hz memiliki nada lebih rendah dari garpu tala dengan frekuensi 440 Hz.
  • Garpu tala dengan frekuensi 360 Hz memiliki nada yang paling rendah dari ketiga garpu tala yang dipercobakan.

 

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya nadi dipengaruhi oleh frekuensi bunyi. Semakin tinggi frekuensi bunyinya maka akan semakin tinggi nada yang dihasilkan, sebaliknya jika frekuensi bunyinya rendah maka akan semakin rendah nada yang dihasilkan. Jadi, pada percobaan yang telah dilakukan, garpu tala yang memiliki frekuensi 440 menghasilkan nada yang paling tinggi, dan garpu tala yang memiliki frekuensi 360 menghasilkan nada yang paling rendah.

Jawaban Ayo, Kita Lakukan IPA Kelas 8 Halaman 133

  • Ketika senar gitar nomor 1, 3, dan 6 dipetik bergantian maka bunyi yang dihasilkan akan semakin rendah frekuensinya, hal tersebut dikarenakan ketebalan tali dawai, semakin tebal tali dawai maka akan semakin rendah frekuensinya.
  • Ketika senar gitar nomor 6 diperbesar dengan cara memutar setelannya maka akan semakin tinggi nada yang dihasilkan, sebaliknya ketika senar gitar nomor 6 dikurangi ketegangannya maka akan semakin rendah nada yang dihasilkan.
  • Iya, ketika tegangan senar diperbesar maka frekuensi bunyinya akan semakin besar. Dengan demikian ketegangan senar gitar berpengaruh pada frekuensi yang dihasilkan, semakin tegang senar gitar maka frekuensinya akan semakin tinggi.
  • Iya, semakin pendek senarnya maka frekuensi bunyinya akan semakin tinggi.
Baca Juga  Jawaban Ayo Kita Selesaikan IPA Kelas 9 Halaman 77

 

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa:

  • Semakin panjang senar, maka semakin rendah frekuensi yang dihasilkan.
  • Semakin besar tengangan senar, maka semakin tinggi frekuensi yang dihasilkan.
  • Semakin kecil penampang senar, maka semakin tinggi frekuensi yang dihasilkan.

Rangkuman

  1. Mendengar adalah kemampuan untuk mendeteksi vibrasi mekanis yang disebut suara.
  2. Organ pendengaran pada manusia adalah telinga yang berfungsi menangkap gelombang suara dan memberikan rangsang pada sel saraf untuk diterjemahkan di otak.
  3. Telinga manusia dibagi menjadi 3 area, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

 

  1. Getaran merupakan gerak bolak-balik melalui titik kesetimbangannya yang energinya akan merambat dalam bentuk gelombang.
  2. Gelombang-gelombang yang berbeda dapat memiliki periode, frekuensi, dan panjang gelombang yang berbeda.
  3. Berdasarkan arah rambatnya, gelombang dibedakan menjadi gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya. Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya.

 

  1. Telinga manusia mampu mendengar bunyi dengan frekuensi 20-20.000 Hz yang disebut bunyi audiosonik. Beberapa hewan dapat mendengar bunyi dengan frekuensi di bawah 20 Hz yang disebut bunyi infrasonik, dan bunyi dengan frekuensi di atas 20.000 Hz yang disebut bunyi ultrasonik.
  2. Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena benda lain yang memiliki frekuensi sama bergetar di sekitarnya.
  3. Sonar merupakan suatu sistem penggunaan gelombang ultrasonik untuk menaksirkan ukuran, bentuk, atau kedalaman yang biasa dipakai di kapal atau hewan tertentu seperti lumba-lumba dan kelelawar.

 

Nah, itu dia pembahasan “Ayo, Kita Lakukan” IPA kelas 8 semester 2 halaman 132 dan 133 tentang frekuensi pada garpu tala dan frekuensi nada pada senar. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Baca Juga  Informasi Seleksi Akademik PPG Tahun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *