Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 11

Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 11

Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 11 – Halo Sobat Bloggers, kali ini kita akan membahas tentang “Ayo, Kita Diskusikan” IPA kelas 9 semester 2 halaman 11. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan Sobat Bloggers dapat memahami tentang sifat magnet.

Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 11

Apakah benda yang ditolak oleh magnet dapat dikategorikan sebagai benda diamagnetik?

Jawaban Ayo, Kita Diskusikan IPA Kelas 9 Halaman 11

Iya benar. Benda yang ditolak oleh magnet dapat dikategorikan sebagai diamagnetik. Diamagnetik merupakan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Misalnya perak, emas, temaga, dan bismut.

Selain itu, terdapat benda-benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet, benda tersebut termasuk pada kelompok benda feromagnetik, misal besi, baja, kobalt, dan nikel.

Dan terdapat pula benda-benda yang ditarik lemah oleh magnet, benda tersebut termasuk pada kelompok benda paramagnetik, misal magnesium, molibdenum, dan lithium.

Ayo, Kita Pahami

Cobalah ingat magnet elementer pada Gambar 6.9!

Besi dan baja dapat dijadikan magnet jika magnet elementernya tersusun rapi dan kutub-kutub yang senama menghadap ke arah yang sama! Coba cermati Gambar 6.13 agar dapat memahami konsep partikel elementer pada benda yang disajikan magnet!

Rangkuman

  1. Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan dapat menarik benda lain. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub yang senama bila didekatkan akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub yang berbeda nama bila didekatkan akan saling tarik-menarik.
  2. Lobster duri, bakteri, merpati, elang, salmon, dan penyu laut memanfaatkan prinsip medan magnet bumi untuk navigasi, menghindari predator, dan mencari mangsa.
  3. Gaya magnet ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik seperti elektron dan proton (partikel elementer penyusun magnet).
Baca Juga  Ayo, Kita Cari Tahu IPA Kelas 9 Halaman 53

  1. Berdasarkan kekuatan magnet untuk menarik benda, bahan magnet dibagi menjadi tiga, yaitu feromagnetik, diamagnetik, dan paramagnetik.
  2. Magnet dapat dibuat dengan cara menggosok, induksi (mendekatkan), dan induksi magnetik (elektromagnet).
  3. Sifat kemagnetan bahan dapat dihilangkan dengan cara memukul-mukul, memanaskan, dan meliliti magnet dengan arus bolak-balik atau AC.
  4. Interaksi kawat berarus dalam sebuah medan magnet akan menghasilkan gaya, yang disebut sebagai gaya Lorentz.

  1. Besarnya gaya Lorentz dipengaruhi oleh besarnya kuat medan magnet, arus listrik, dan panjang kawat. Contoh penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari adalah motor listrik, bel listrik, sakelar elektromagnetik, dan telepon kawat.
  2. Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet dan medan magnet yang mampu menghasilkan listrik. Contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah generator, dinamo AC/DC, dan transformator.
  3. Transformator adalah alat yang digunakan untuk mengubah besar tegangan listrik. Berdasarkan penggunaannya, transformator dibagi menjadi dua jenis, yaitu transformator stepdown dan transformator step-up.
  4. Prinsip kemagnetan diterapkan dalam teknologi MRI (Magnetic Resonance Imaging), kereta maglev, dan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Nah, itu dia pembahasan Ayo, Kita Diskusikan IPA kelas 9 semester 2 halaman 11 tentang sifat magnet. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Sobat Bloggers semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *