Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1
Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1

Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1

Bloggers.idMencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 – Hai Sobat bloggers, sekarang kita akan mempelajari materi yang terdapat pada pembelajaran 3, subtema 2, tema 1 kelas 4. Materi belajar kita kali ini sangat seru karena membahas permainan tradisional yaitu bakiak. Selain mempelajari materi permainan tradisional bakiak, kita juga akan membahas secara lengkap pertanyaan-pertanyaan yang tersedia. Sudah siapkah Sobat semua? Mari, kita simak materinya bersama-sama di bawah ini.

Jawaban Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 100

Ayo Mencoba

Salah satu permainan tradisional Indonesia yang sangat menarik adalah permainan bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatra Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatra Barat merupakan permainan yang membutuhkan kekompakkan.

permainan bakiak dari sumatra barat

Hari ini kamu akan mencoba permainan tradisional bakiak dengan teman-temanmu.

Sebelum melakukan permainan Bakiak, kamu harus memperhatikan hal berikut.

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 orang.

2. Masukkan masing-masing kaki ke dalam tali Bakiak.

3. Anggota kedua memegang bahu anggota di depannya. Anggota ketiga memegang bahu anggota di depannya.

4. Anggota paling depan memberi tanda kapan berjalan dan kapan berhenti.

5. Diskusikan kaki mana yang akan diangkat terlebih dahulu, kaki kanan atau kaki kiri.

6. Untuk menjaga kekompakan, semua anggota bisa berteriak saat berjalan: kiri, kanan, kiri,…

7. Cobalah berkali-kali permainan ini dengan kelompokmu sampai terasa gerakan yang semakin baik dan kompak.

Baca Juga  Kunci Jawaban Bacaan Siput Bukanlah Hewan Lemah Kelas 5

8. Kelompok yang pertama mencapai garis akhir adalah pemenangnya.

permainan bakiak kelas 4

Baca juga: Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4

Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!

1. Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?

Jawaban: Ya, kelompok saya berhasil mencapai tujuan tepat waktu karena kami bekerja sama menyamakan Langkah. Kami dapat berjalan dengan kompak dan lancar menggunakan bakiak.

2. Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?

Jawaban: Gerak setiap anggota kelompok sangat menentukan permainan bakiak. Jika setiap anggota mampu menyamakan Gerakan, maka Langkah bakiak menjadi lancar. Sedangkan jika salah satu anggota tidak bisa bergerak sama dengan anggota lain, maka Langkah bakiak akan tersendat.

3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?

Jawaban: Kesulitan yang saya hadapi saat bermain Bakiak adalah bekerja sama dengan anggota kelompok untuk menyamakan langkah.

4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?

Jawaban: Sikap saya terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak adalah harus mau bekerja sama supaya tujuan tercapai. Tidak lupa juga bersabar jika ada teman yang belum mampu bekerja sama menyamakan langkah bakiak.

bekerja sama

Baca juga: Jawaban Bacaan Tari Kipas Pakarena Kelas 4 Tema 1

Jawaban Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 103

Ayo Berlatih

ditiupkan guru dan aba-aba temanmu. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan pendengaran yang baik.

Masih ingatkah kamu tentang pentingnya indra pendengar? Ayo, kita mengingatnya kembali.

Bekerjalah dalam kelompok. Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas.

Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas.

Jawaban:

Indra Pendengar

Bagian-bagian: Daun telinga, gendang telinga, telinga dalam.

Fungsi: Mendengar berbagai suara atau bunyi.

Cara Kerja: Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.

Cara Merawat:

1. Rutin membersihkan telinga menggunakan air.

2. Tidak mendengarkan suara atau bunyi yang terlalu keras, yang dapat membuat telinga terasa sakit.

Telinga sangat penting bagi kita. Dengan telinga kita dapat mendengar bunyi-bunyian. Kamu sudah melakukan percobaan tentang sumber bunyi. Kamu bisa mendengar alat musik tradisional karena telingamu berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, rawatlah telingamu dengan baik.

Baca Juga  Jawaban Keragaman Umat Beragama Kelas 4 Tema 1

Nah, sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan mencoba membunyikannya. Kamu bisa mencari berbagai peralatan seperti kertas, kayu, dan sebagainya.

Baca juga: Jawaban Bacaan Permainan Tradisional Kelas 4 Tema 1

Lakukanlah permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian kamu bisa menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.

•• Ambillah berbagai macam benda.

•• Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.

•• Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.

•• Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.

Berapa kali kamu bisa menebak sumber bunyi?

Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak?

Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak?

Tulislah laporanmu pada tempat yang tersedia.

Laporan Kegiatan Percobaan Tebak Bunyi Benda Kelas 4 tema 1 subtema 2 pembelajaran 3

Laporan Kegiatan Percobaan (Tebak Bunyi Benda )

Nama Percobaan: Tebak Bunyi Benda

Tujuan Percobaan: Mengidentifikasi sumber dan jenis bunyi benda.

Alat dan Bahan: Kayu, kertas, batu, besi.

Langkah Kerja:

1. Ambillah berbagai macam benda.

2. Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.

3. Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.

4. Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.

Hasil Percobaan:

– Kita dapat menebak arah sumber bunyi dengan mengamati bunyi benda secara seksama.

-.Kita dapat membedakan bunyi benda dari berbagai benda yang ada.

Kesimpulan:

Setiap benda memiliki jenis bunyinya masing-masing. Semakin keras benda, maka bunyinya semakin nyaring,

Baca juga: Siap Menghadapi Musim Hujan Kelas 4 Tema 1

Jawaban Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 106

Ayo Membaca

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.

Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf 1 bacaan tong sampah gotong-royong

Jawaban:

Paragraf 1

Gagasan pokok: Kegiatan setelah senam pagi di hari Minggu.

Gagasan pendukung:

1. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung.

2. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan.

Baca Juga  Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila

3. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain.

4. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf 2 bacaan tong sampah gotong-royong

Paragraf 2

Gagasan pokok: Kegiatan ibadah keluarga Pak Made dan gotong royong warga.

Gagasan pendukung:

1. warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru.

2. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bamboo menjadi keranjang sampah.

3. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon.

4. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih.

5. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf 3 bacaan tong sampah gotong-royong

Paragraf 3

Gagasan pokok: Menghias tong sampah

Gagasan pendukung:

1. Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru.

2. Lani turut membantu Dayu.

3. Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah.

4. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong.

5. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik.

Baca juga: Jawaban Bacaan Bekerja Sama dalam Keberagaman Kelas 4

Jawaban Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 109

Ayo Renungkan

•• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

Jawaban: Pentingnya bekerja sama dalam kelompok (permainan bakiak).

Dengan melakukan permainan Bakiak, saya semakin terlatih dalam melakukan kerja sama dan kekompakan.

•• Mengapa saling menghormati perbedaan sangat penting?

Jawaban:

Saling menghargai perbedaan dalam bekerjasama akan membantu mencapai tujuan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita tentang Mencoba Permainan Tradisional Bakiak yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3. Bagaimana sobat bloggers, menarik bukan materi belajar kita kali ini? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Baca juga: Bacaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi Kelas 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *