9 Manfaat Minum Madu Alami Untuk Kesehatan, Nomor 4 Pasti Suka

Bloggers.id – Madu memang sudah turun temurun dikenal sebagai bahan makanan alami yang sering digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman bahkan sebagai pelengkap masakan agar terasa lebih lezat. Cairan manis berwarna keemasan yang berasal dari lebah ini memang banyak digemari dan digunakan oleh masyarakat secara luas. Hal ini mungkin dikarenakan cara pengolahannya yang memang sangat sederhana dan tidak memerlukan pengolahan yang rumit. Anda cukup mencampurkan madu kedalam makanan, minuman atau masakan agar cita rasa makanan, minuman atau masakan terasa lebih lezat. Selain digunakan sebagai bahan makanan ternyata ada manfaat minum madu secara rutin yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh loh.

Seperti yang kita ketahui, Madu, terutama madu murni atau madu asli memang sudah digunakan sebagai obat tradisional yang digunakan secara turun temurun sejak zaman dahulu. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada pada madu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berbagai macam khasiat yang ada pada madu sepertinya sudah menjadi rahasia umum.

Anda mungkin dapat melihat atau menemukan sendiri berbagai macam produk kecantiikan dan kesehatan yang menjadikan Madu sebagai bahan utama ataupun bahan tambahan. Hal ini sudah cukup menjadi bukti bahwa madu sendiri memang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan kita sebagai orang Indonesiapun sudah sangat mengenal madu sebagai campuran atau bahan pelengkap minuman yang menyegarkan dan menyehatkan tentunya.

Sekilas Mengenai Madu Asli atau Madu Murni

Madu adalah cairan yang berwarna keemasan yang berasal dari nectar. Nektar ini sendiri dihasilkan oleh lebah. Ada beragam jenis madu yang dihasilkan oleh lebah, hal ini tergantung pada jenis bunga yang ada di sekitar sarang lebah. Madu Alami memiliki rasa manis yang khas. Rasa yang dihasilkan madu ini begitu khas dikarenakan mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.

Unsur yang ada pada madu ini memang cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan rasa manis yang dihasilkan oleh gula. Selain kedua unsur tersebut, Madu juga memiliki beberapa kandungan atau unsur lainnya yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya adalah kandungan karbohidrat seperti sukrosa, maltrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Madu juga memiliki kandungan anti-oksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

Manfaat Minum Madu Alami bagi Kesehatan

Dari beragam unsur atau kandungan yang ada pada madu seperti yang disebutkan diatas, tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  Madu memang dipercaya memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Yang perlu diperhatikan disini adalah Madu alami memiliki khasiat yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan madu kemasan yang sudah dicampur dengan bahan campuran lainnya. Hal inilah yang menyebabkan madu alami akan lebih kental dari madu kemasan.

Nah, dengan hal itu, kita bisa mengetahui bahwa madu asli tentu akan sangat baik dan cocok jika dikonsumsi oleh semua orang. Salah satunya adalah penderita diabetes. Lah, kok bisa? Untuk lebih jelasnya mengenai Manfaat minum madu secara rutin, simak 9 manfaat minum madu asli bagi kesehatan berikut ini.

Baca Juga :  Knalpot Purbalingga Tipe Klasik? Sniper Knalpot Juaranya

1# Mencegah Diabetes

Manfaat minum madu yang pertama adalah mencegah penyakit diabetes. Penyakit Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula yang ada dalam darah. Hal ini banyak disebabkan karena pola makan yang buruk. Salah satunya adalah seringnya mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung rasa manis dari Gula. Diabetes saat ini memang menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat pada masa kini. Hal ini tidak lain dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat. Agar kita terhindar dari bahaya penyakit diabetes, maka salah satu jalannya adalah membatasi konsumsi gula, apalagi bagi penderita diabetes konsumsi gula memang harus benar-benar dikontrol.

9 Manfaat Minum Madu Alami Untuk Kesehatan mencegah diabetes

Lantas, bagaimana kita membatasi konsumsi gula? Salah satu solusinya adalah mengganti konsumsi gula dengan madu sebagai pemanis. Seperti yang disebutkan diatas, Madu memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gular darah. Rasa manis yang dihasilkan oleh madu sangat jauh berbeda dengan rasa manis yang dihasilkan oleh gula. Dengan begitu, penyakit diabetes dapat dikontrol atau tidak akan kambuh dan menyebabkan komplikasi yang dapat membahayakan penderitanya.

2# Mencegah Kanker

Salah satu kandungan yang juga banyak terkandung dalammadu adalah antioksidan. Anda tentunya sudah memahami bahwa antioksidan sangat berguna dalam melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab utama munculnya banyak sel jahat, termasuk sel kanker. Madu mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal pertumbuhal sel-sel jahat dalam tubuh, salah satunya adalah kanker.

9 Manfaat Minum Madu Alami Untuk Kesehatan mencegah kangker

Dengan adanya antioksidan akan memperlambat proses oksidasi molekul yang ada di dalam. Dengan begitu, resiko munculnya sel kanker akan menjadi lebih kecil tak lain dikarenakan terhambatnya reaksi kimia dalam tubuh yang menghasilkan radikal bebas. Jadi manfaat minum madu memang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita.

3# Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Menurut penelitian di School od Medicine, Cardiff University, Inggris. Kandungan yang ada pada Madu dapat merangsang produksi sel-sel imun tubuh. Dengan nutrisi yang terkandung didalam madu dapat menyebabkan metabolisme dan stamina tubuh meningkat. Hal tersebut tentunya akan membuat badan kita terasa  lebih fit dan bertenaga.

9 Manfaat Minum Madu Alami Untuk Kesehatan memperkuat sistem imun

Dari penelitian yang sama tersebut juga diketahui bahwa madu memiliki manfaat yang berguna dalam melawan bakteri dalam tubuh. Bakteri adalah salah satu sumber yang akan membuat tubuh kita mudah dalam terserang penyakit. Hal ini dapat dicegah atau diatasi dengan cara rutin mengonsumsi Madu alami. Dengan begitu, manfaat madu tidak hanya akan menguatkan sistem imun tubuh namun, madu juga dapat menjadi penangkal berbagai macam penyakit akibat infeksi virus atau bakteri.

4# Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat minum madu sejak dulu memang dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengecilkan perut buncit. Madu dipercaya mampu menurunkan berat badan. Untuk hal itu, Anda dapat mencoba rutin mengkonsumsi madu yang dicampurkan dengan air hangat ditambah dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Kedua bahan Alami tersebut sangat ampuh untuk mengecilkan perut secara alami. Ini dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

9 Manfaat Minum Madu Alami Untuk Kesehatan menurunkan kolesterol

Kandungan alami yang dimiliki Madu dan jeruk nipis akan mampu mendorong pembakaran lemak secara efektif. Selain itu, kedua bahan alami tersebut juga dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan lemak dan sisa makanan tidak terlalu lama mengendap dalam tubuh yang dapat menyebabkan perut buncit.

Baca Juga :  5 Tips Kembali Berbisnis di 2021 ! Ayo Coba

Hal ini diperkuat dengan sebuah studi yang terbit dalam Journal of American College of Nutrition pada 2010 yang menyebutkan dan menemukan bahwa kandungan yang ada dalam madu dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan. Dengan mengonsumsi madu sebelum tidur, akan membuat tubuh membakar lebih banyak lemak selama jam-jam awal tidur.

5# Sumber Energi Bagi Tubuh

Bagi Anda para pekerja, pelaku bisnis dan berbagai kesibukan lainnya stamina adalah salah satu factor penentu keberhasilan. Aktivitas atau pekerjaan sehari-hari memang  biasanya sangat menguras stamina dan seringkali membuat tubuh mudah terasa lelah. Apalagi dengan kurangnya aktivitas fisik seperti berolahraga akan memperparah kondisi fisik dan menjadi menjadi sumber utama tubuh mudah sekali kelelahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dengan rutin mengonsumsi madu dapat menjadi salah satu solusi.

9 Manfaat Minum Madu Alami Untuk Kesehatan sumber energi

Salah satu kandungan utama yang ada pada madu adalah karbohidrat alami. Kandungan alami karbohidrat ini mampu menggantikan sumber energi yang hilang dalam tubuh dengan cepat. Tidak hanya itu, madu Alami juga memiliki kandungan kalsium, kalium, dan juga zat besi yang dapat menjaga kekuatan otot dan tulang. Hal ini akan membuat Anda tidak mudah kelelahan pada saat beraktivitas bahkan jika melakukan aktivitas berat sekalipun.

Melansir dari Healthline, kandungan yang dimiliki oleh madu dalam satu sendok makan adalah 64 kalori dan 17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa. Kandungan yang ada tersebut dapat menjadikan madu menjadi sumber energi yang sangat baik. Glukosa dalam madu dapat diserap oleh tubuh dengan cepat dan memberikan dorongan energi langsung. Sementara itu, fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat. Madu juga berperan menjaga kadar gula darah cukup konstan dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

6# Obat Alami untuk Flu dan Batuk

Manfaat minum madu selanjutnya adalah obat alami flu dan batuk. Batuk dan pilek adalah salah satu penyakit yang cukup sering diderita di Indonesia. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal Pediatrics  pada tahun 2012 menemukan bahwa dengan mengonsumsi dua sendok teh madu akan dapat membantu Anda untuk menyembuhkan dan meredakan batuk yang membandel. Hal ini dikarenakan sifat anti-mikroba dalam madu yang dapat membunuh bakteri tertentu.

batuk dan flu

Tidak hanya itu, kandungan yang ada dalam madu juga sangat berkhasiat untuk meringankan sakit tenggorokan yang disebabkan karena iritasi secara alami dan juga meningkatkan imunitas tubuh sehingga gejala flu bisa segera teratasi. Jadi, jika Anda mengalami batuk dan pilek, akan sangat baik untuk mengonsumsinya agar dapat mempercepat proses penyembuhan gejala flu tersebut. 

7# Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat minum madu selanjutnya adalah menekan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena madu tidak hanya mengandung antioksidan, namun juga flavonoid. Kandungan Flavonoid inilah yang mampu membuat jantung Anda menjadi lebih sehat. Kandungan yang ada dalam madu juga dapat membuat peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko munculnya penyakit kardiovaskular dan juga stroke.

mencegah jantung

Sepertin yang disebutkan diatas, Kandungan Antioksidan yang ada pada madu dapat mengurangi dampak kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang menempel di dinding arteri pembuluh darah akan menjadi plak pada saat terpapar dengan radikal bebas. Plak pada dinding arteri inilah yang akan menyumbat aliran darah dalam tubuh.

8# Membuat tidur makin nyenyak

Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur, atau kualitas tidur Anda kurang baik atau kurang nyenyak? Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi kurang fit dan bertenaga. Untuk itu, Anda perlu mencoba untuk mengonsumsi madu secara rutin. Melansir dari NDTV Food, madu Alami dapat melepaskan serotonin.  

Baca Juga :  Tren SEO Digital Marketing Populer untuk sukses 2021
tidur

Didalam tubuh, serotonin ini selanjutnya akan dibuah menjadi melatonin. Melatonin adalah senyawa kimia yang dapat mengatur kualitas tidur. Untuk itu, Anda dapat mencoba menambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu hangat atau secangkir teh. Maka Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan menyebabkan tubuh Anda akan semakin fit.

9# Menyembuhkan Luka

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh untuk dikonsumsi , madu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat luar. Madu dapat mengobati luka luar, termasuk luka akibat jatuh dan luka bakar. Dalam sebuah tinjauan terhadap 26 penelitian ditemukan, madu adalah bahan yang paling efektif untuk digunakan dalam menyembuhkan luka bakar dan luka parsial yang terinfeksi setelah operasi.

menyembuhkan luka

Para peneliti percaya, khasiat penyembuhan yang dimiliki oleh madu berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk memelihara jaringan di sekitarnya.  Dengan cara mengoleskannya pada luka atau kulit yang tergores, madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Cara Membedakan Madu Alami dan Campuran

Madu alami berasal dari nektar bunga yang diambil oleh lebah dan disimpan  didalam sarang. Madu yang diperoleh dari sarang lebah tersebut, ada beberapa yang langsung mengemas dan menjualnya ke pasaran. Namun, tidak dipungkiri juga, disebabkan karena permintaan konsumen sangat membludak, maka tak jarang ada penjual madu yang sengaja mencampurkan madu  dengan kandungan lainnya.

Dan tentunya kualitas dari madu asli dengan campuran cukup jauh berbeda, begitupun khasiatnya. Sebagai konsumen, Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan mana madu asli dan yang telah dicampur dengan bahan lain diantaranya adalah

Uji dengan Kertas

Cara yang pertama adalah dengan mengujinya dengan menggunakan kertas. Pada saat dituang pada kertas, madu akan membuat kertas menjadi lebih sulit untuk dirobek. Jadi, ketika kertas masih mudah robek meski telah tertuang, maka besar kemungkinan madu tersebut telah mendapatkan beragam campuran di dalamnya.

Rebus dengan Sendok

Cara lain untuk mengetesnya adalah dengan merebusnya menggunakan sendok. Ambil sendok dan tuang madu di atasnya, lalu panaskan di atas api kecil. Jika muncul busa yang banyak hingga lumer, itu berarti madu tersebut masih murni dan berkualitas baik.

Nah itulah 9 Manfaat minum madu yang dapat dijelaskan dan dirangkum dari berbagai sumber serta cara membedakan madu alami dan madu campuran. Manfaat minum madu memang sangat besar khasiatnya bagi tubuh kita. Apalagi jika kita mengkonsumsinya dengan rutin. Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat madu Murni yang berkhasiat Anda dapat mencoba Produk Madu Az Zahra Rumah Madu.

Madu Az Zahra Purbalingga

Madu Az Zahra adalah Madu yang dihasilkan oleh lebah APIS MELIFERA yang dibudidayakan di hutan Alas Roban Kabupaten Batang Jawa tengah, Madu Murni tanpa campuran Bahan Apapun. Tentunya memiliki semua manfaat yang sudah disebutkan diatas. Dan Bahkan ada beberapa testimoni pada penyintas Covid 19 yang sembuh berkat mengonsumsi madu Az-Zahra Secara rutin. Agar lebih jelasnya, Anda dapat menonton video testimoni berikut ini

Anda dapat memesan Madu Murni Az Zahra melalui tautan dibawah ini. Dan mulai merasakan manfaat minum madu murni secara rutin

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (2)