Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4 Tema 1 subtema 2 pembelajaran 2
Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4 Tema 1 subtema 2 pembelajaran 2

Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4

Bloggers.id – Hai Sobat bloggers, jawaban bacaan tong sampah gotong royong adalah materi yang terdapat pada pembelajaran 2, subtema 2, tema 1 kelas 4. Materi tersebut akan kita kupas tutas secara lengkap kali ini ya Sobat. Sudah siapkah Sobat semua? Mari, kita simak materinya bersama-sama di bawah ini.

Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 86

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut.

Tong Sampah Gotong Royong

Tong Sampah Gotong Royong kelas 4 tema 1

Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

Tong Sampah Gotong Royong kelas 4 tema 1 pembelajaran 2

Pagi hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura. Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bamboo menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik.

tempat sampah yang cantik

Baca juga: Jawaban Bacaan Tari Kipas Pakarena Kelas 4 Tema 1

Baca Juga  Bacaan Wedang Jahe Buatan Ibu Kelas 4

Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 88

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks yang kamu baca, isilah grafik berikut!

Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 88

Jawaban:

Keberagaman:

1. Para warga rutin melakukan senam pagi

2. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Ada yang membawa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, ember bekas, tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain.

3. Para warga melakukan acara gotong-royong membuat tong sampah.

Kerja sama:

1. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bamboo menjadi keranjang sampah.

2. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih.

3. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

4. Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu.

5. Warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah

Manfaat Kerja Sama:

1. Dengan bekerja sama, pekerjaan yang berat akan terasa lebih ringan.

2. Bekerja sama dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

3. Dengan bekerja sama, dapat memupuk rasa persatuan dan persaudaraan dengan orang lain.

4. Dengan bekerja sama, tujuan bersama akan lebih mudah tercapai.

Setelah kamu mengisi grafik di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu.

1. Apa itu kerja sama?

Jawaban: Kerja sama adalah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.

2. Apa manfaat kerja sama?

Jawaban: – Dengan bekerja sama, pekerjaan yang berat akan terasa lebih ringan.

– Bekerja sama dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

– Dengan bekerja sama, dapat memupuk rasa persatuan dan persaudaraan dengan orang lain.

– Dengan bekerja sama, tujuan bersama akan lebih mudah tercapai.

3. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman?

Jawaban: Cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman adalah siap dan mau bekerja sama dengan siapapun tanpa membeda-bedakan orang karena agama, suku, atau warna kulit.

Setelah kamu mengisi grafik di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu. apa itu kerja sama

Kerja sama merupakan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Bagaimana dengan warga di daerahmu? Apakah mereka juga bekerja sama dalam keberagaman. Ceritakan satu bentuk kerja sama yang dilakukan di tempat tinggalmu.

Kerja sama merupakan

Sikap tersebut akan semakin memupuk persatuan dan kesatuan. Jika setiap dari kita bekerja sama dengan baik, maka kebersamaan dalam keberagaman akan terus terjaga.

Baca Juga  Bacaan Ade Rai Binaragawan Perkasa Indonesia kelas 5

Baca juga: Jawaban Bacaan Permainan Tradisional Kelas 4 Tema 1

Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 90

Ayo Mengamati

Rumah adat Indonesia
rumah adat minang

Keragaman budaya Indonesia juga terlihat dalam rumah adat. Rumah adat mencerminkan ciri khas suatu tempat. Mari amati rumah adat berikut.

Keragaman budaya Indonesia 
rumah adat minang

Diskusikan hasil jawabanmu dengan teman!

Temukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada kedua rumah adat tadi dengan cara melingkari dan memberi nama tiap sudutnya!

Jawaban:

Temukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada kedua rumah adat tadi dengan cara melingkari dan memberi nama tiap sudutnya!
Temukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada kedua rumah adat tadi dengan cara melingkari dan memberi nama tiap sudutnya 2

Dua sinar garis yang memiliki titik pangkal yang sama akan membentuk suatu sudut. Titik pangkal yang sama itu disebut titik sudut, sedangkan dua sinar garis disebut kaki sudut.

Jenis-Jenis Sudut

1. Sudut Siku-Siku

Suatu sudut disebut sudut siku-siku jika kaki-kaki sudutnya tegak lurus, yaitu ukurannya adalah 90 derajat.

Sudut Siku-Siku

2. Sudut Lancip

Suatu sudut disebut sudut lancip jika ukuran sudutnya lebih kecil dari sudut siku-siku, yaitu antara 0 dan 90 derajat (0o < sudut lancip < 90o ).

Sudut-sudut berikut adalah sudut lancip.

sudut lancip

3. Sudut Tumpul

Suatu sudut disebut sudut tumpul jika ukuran sudutnya lebih besar dari sudut siku-siku, yaitu antara 90 dan 180 derajat (90o < sudut tumpul <180o). Sudut-sudut berikut adalah sudut tumpul.

Sudut Tumpul

Bagaimana kita mengetahui besar sudut? Ayo kita mempelajarinya!

Baca juga: Siap Menghadapi Musim Hujan Kelas 4 Tema 1

Jawaban Bacaan Menggunakan Busur Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 92

Menggunakan Busur

Alat yang digunakan untuk mengukur sudut secara baku adalah busur. Sudut dilambangkan dengan “∠ “. Satuan sudut adalah derajat.

Untuk mengukur sudut secara  lebih akurat, mulai sekarang kamu dapat menggunakan busur derajat seperti gambar berikut.

busur derajat
besar sudut pada busur derajat

∠ AOB besarnya 45°

Besar sudut BOC adalah . . . .

Jawaban: 45°

Besar sudut COD adalah . . . .

Jawaban: 45°

Besar sudut DOE adalah . . . .

Jawaban: 45°

Berapakah besar setiap sudut berikut?

Sudut 45° pada busur

Jawaban: 45°

Sudut 90° pada busur

Jawaban: 90°

Sudut 180° pada busur derajat

Jawaban: 180°

Untuk mengukur sudut ABC, tempatkan busur di atas gambar sudut sehingga titik pusat busur terletak di titik sudut B; dan alas busur berimpit dengan sisi BA. Perhatikan gambar berikut.

menentukan ukuran sudut

Kita menggunakan skala bagian dalam untuk menentukan ukuran sudut ABC. Kita lihat bahwa sudut tersebut berukuran 60º. Kita tuliskan besar sudut ini sebagai berikut: ∠ABC = 60o

Baca juga: Jawaban Bacaan Bekerja Sama dalam Keberagaman Kelas 4

Lihatlah benda-benda di sekitarmu!

Baca Juga  Jawaban Bacaan Mozaik Kreasi Bersama

Temukan lima benda yang mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan dahulu sebelum kamu mengukurnya!

Jawaban:

Temukan lima benda yang mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan dahulu sebelum kamu mengukurnya!
No.BendaPerkiraan Besar SudutBesar Sudut Hasil PengukuranJenis Sudut
 Ujung buku90o90oSiku-siku
1.Ujung meja90o90oSiku-siku
2.Ujung papan tulis90o90oSiku-siku
3.Kipas lipat40o30olancip
4.Ujung rak buku100o115oTumpul
5.Kaki penyangga tiang bendera40o30olancip

Mencetak Sudut.

Temukan tiga benda yang memiliki sudut yang sama. Gambarlah sudutnya!

Jawaban:

Temukan tiga benda yang memiliki sudut yang sama. Gambarlah sudutnya!
Nama BendaBesar sudutGambar Sudut
Buku90o
Meja90o
Papan tulis90o

Apakah kamu menemukan benda yang besar sudutnya sama?

Jawaban: Ya, saya menemukan benda yang besar sudutnya sama.

Apakah gambar sudutnya sama?

Jawaban: Benar, gambar sudutnya sama.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban: Benda-benda yang memiliki bentuk yang sama walaupun berbeda ukuran, memiliki besar dan jenis sudut yang sama.

Apakah kamu menemukan benda yang besar sudutnya sama

Ya, meskipun benda ukurannya berbeda tapi besar sudutnya bisa sama.

Apakah besar sudut gambar berikut sama besar? Jelaskan!

Apakah besar sudut gambar berikut sama besar? Jelaskan!

Jawaban: Besar kedua sudut di atas sama besar, walaupun berbeda posisi.

Mana yang sudutnya lebih besar? Jelaskan!

Mana yang sudutnya lebih besar? Jelaskan!

Jawaban: Susut B lebih besar dari sudut A karena jarak antar kaki sudutnya lebih renggang.

Apa yang memengaruhi besar sudut?

Jawaban: Besar sudut dipengaruhi oleh bukaan kaki-kakinya. Besar Sudut tidak dipengaruhi oleh panjang sinar garis.

Contoh: Besarnya sama

Contoh sudut pada bangun segitiga

Selain rumah adat, kita dapat menemukan sudut di sekitar kita. Bangunan di sekitar kita, termasuk tempat ibadah juga terdapat sudut.

Sudut-sudut yang ada menjadikan ciri khas tersendiri. Keberagamannya semakin menjadikannya unik.

Baca juga: Bacaan Wedang Jahe Buatan Ibu Kelas 4

Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 97

Ayo Berkreasi

Kamu sudah berlatih gerakan dasar tarian Bungong Jeumpa. Sekarang kamu akan berlatih menarikan dengan menggunakan formasi.

Kamu akan dibagi dalam kelompok, satu kelompok 8 siswa. Lakukan gerakan dengan hitungan dan iringan musik.

Formasi Gerakan A

Formasi Gerakan A gerakan dasar tarian Bungong Jeumpa

Formasi Gerakan B

Formasi Gerakan B gerakan dasar tarian Bungong Jeumpa

Formasi Gerakan C

Formasi Gerakan C gerakan dasar tarian Bungong Jeumpa

Formasi Gerakan D

Formasi Gerakan D gerakan dasar tarian Bungong Jeumpa

Baca juga: Apresiasi Penampilan Tari Bungong Jeumpa

Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 99

Ayo Renungkan

•• Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban: Nilai yang saya pelajari adalah pentingnya kerja sama dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama dapat memupuk rasa persaudaraan serta membuat pekerjaan kita terasa lebih ringan dan cepat selesai.

•• Apakah kamu sudah bisa bekerja sama dengan teman-temanmu yang berbeda?

Jawaban: Ya, saya sudah bisa bekerja sama dengan teman-temanmu yang berbeda, baik berbeda agama atau pun berbeda suku.

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita tentang jawaban bacaan tong sampah gotong royong yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2. Bagaimana sobat bloggers, menarik bukan materi belajar kita kali ini? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *