Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109
Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109

Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4

Bloggers.idJawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 – Hai Sobat bloggers, sekarang kita akan mempelajari materi yang terdapat pada pembelajaran 4, subtema 2, tema 1 kelas 4. Materi belajar kita kali ini membahas tentang bacaan yang berjudul perbedaan bukanlah penghalang. Sudah siapkah Sobat semua? Yuk, kita simak materinya bersama-sama di bawah ini.

Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109

Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik.

Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?

Bacalah teks berikut.

Perbedaan Bukanlah Penghalang

Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi  ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Pawai Budaya Kelas 4 Tema 1

Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Baca juga: Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1

Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada tabel berikut.

carilah gagasan pokok dan gagasan pendukung bacaan perbedaan bukanlah penghalang

Jawaban:

Paragraf 1

Gagasan pokok: Lomba menghias kelas untuk menyambut hari kemerdekaan.

Gagasan pendukung:

1. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.

2. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan.

3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak.

4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah.

5. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu.

6. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2

Gagasan pokok: Hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir di pagi hari.

Gagasan pendukung:

1. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Gerak Kupu-Kupu Kelas 5 Tema 1 ST 1

2. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat.

3. Mereka harus pergi  ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi.

4. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan.

5. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan.

6. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik.

7. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Paragraf 3

Gagasan pokok: Semarak kerja sama menghias kelas.

Gagasan pendukung:

1. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin.

2. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka.

3. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah.

4. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas.

5. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa.

6. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya.

7. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas.

8. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai.

9. Kelas Udin sudah terlihat semarak.

10. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.

11. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan kebiasaannya bekerja sama.

Baca juga: Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4

Berikut adalah contoh-contoh kerja sama yang biasa dilakukan dalam masyarakat.

contoh-contoh kerja sama yang biasa dilakukan dalam masyarakat.

Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 113

Ayo Berdiskusi

Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4

Carilah informasi tentang salah satu kerja sama di lingkunganmu.

Presentasikan hasilnya di depan kelas.

Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 113

Jawaban:

Contoh kerja sama di lingkunganku:

1. Kerja bakti membersihkan selokan.

2. Ronda menjaga keamanan lingkungan di malam hari.

3. Gotong-royong membangun tempat ibadah.

4. Rutin mengadakan perayaan HUT Republik Indonesia.

Baca juga: Jawaban Bacaan Bekerja Sama dalam Keberagaman Kelas 4

Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 114

Ayo Mencoba

Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam  Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya.

Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!

Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!

Ukurlah besarnya sudut dengan menggunakan busur!

Jawaban:

jawaban sudut-sudut yang ada di Jam Gadang
Bagian rumah gadangPrediksikuBesar Sudut Sebenarnya
Atap30o45o
Lantai bagian atas135o135o
Lantai bagian bawah90o90o
Gedung lantai90o90o
Jendela/ventilasi90o90o

Baca juga: Jawaban Bacaan Tari Kipas Pakarena Kelas 4 Tema 1

Hitunglah dengan menggunakan busur besar sudut berikut.

Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 114

Jawaban:

Bangun pertama:

Sudut CAB =60o

Sudut ACB=60o

Sudut ABC=60o

Bangun Kedua:

Sudut BAC=90o

Sudut ABC=90o

Sudut AED=90o

Sudut BCD=135o

Sudut CDE=135o

Baca juga: Jawaban Bacaan Permainan Tradisional Kelas 4 Tema 1

Jawaban Bacaan Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 115

Ayo Renungkan

•• Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban:

Kita membutuhkan kerja sama dalam kehidupan sehari-hari.

•• Apakah manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Saling bekerjasama akan membantu mencapai tujuan bersama dengan lebih mudah.

Saat bekerjasama, pekerjaan akan terasa lebih ringan.

Baca juga: Bacaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi Kelas 4

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita tentang Mencoba Permainan Tradisional Bakiak yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3. Bagaimana sobat bloggers, menarik bukan materi belajar kita kali ini? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Baca juga: Jawaban Keragaman Umat Beragama Kelas 4 Tema 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *