Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 3
Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 3

Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5

Bloggers.id – Jawaban bacaan organ gerak manusia dan hewan adalah materi Kelas 5 Tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 yang akan kita bahas kali ini ya Sobat bloggers. Materi ini adalah materi yang pertama kali dipelajari oleh siswa-siswa kelas 5 saat memasuki kelas 5. Kami ucapkan selamat bagi Sobat Bloggers yang baru saja naik ke kelas 5 ya. Materi kelas 5 akan kami bahas lengkap di sini seluruhnya.

Nah, terlebih dahulu kita akan belajar tentang organ gerak manusia dan hewan? Apakah sobat sudah memahami apa saja organ gerak manusia dan hewan? Supaya Sobat dapat lebih memahaminya, mari kita simak materinya yang terdapat pada buku tema kelas 5, tema 1, subtema 1, pembelajaran 1 bersama-sama.

Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3

Ayo Membaca

Organ Gerak Manusia dan Hewan

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi Sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Baca Juga  Jawaban Bacaan Pawai Budaya Kelas 4 Tema 1

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Jawaban Organ Gerak Manusia dan Hewan

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Baca juga: Jawaban Bacaan Bekerja Sama dalam Keberagaman Kelas 4

Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4

Ayo Berlatih

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Contoh:

Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari masing-masing paragraf.

Jawaban:

ParagrafIde PokokKalimat Pengembang
2Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak tersusun dalam sistem gerak.Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.
3Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
4Tulang merupakan alat gerak pasif.Tanpa adanya alat gerak aktif yang  memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.
5Otot merupakan alat gerak aktif.Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Baca juga: Jawaban Bacaan Tong Sampah Gotong Royong Kelas 4

Baca Juga  Jawaban Bacaan Gerak Kupu-Kupu Kelas 5 Tema 1 ST 1

Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 5

Ayo Menulis

Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf!

Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 5

Jawaban:

Organ gerak terdiri atas dua macam. à Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Organ gerak banyak sekali fungsinya. à Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.

Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak. à Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apaapa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.

Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 6

Ayo Berdiskusi

Kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba diskusikan dengan temanmu tentang Ide Pokok suatu bacaan.

Diskusikan tentang hal-hal berikut:

Jawaban:

No.Bahan DiskusiHasil Diskusi
1.Pengertian Ide Pokok BacaanIde pokok adalah ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf.
2.Fungsi Ide Pokok BacaanFungsi ide pokok bacaan adalah menjadi dasar pengembangan paragraf.
3.Cara Menentukan Ide Pokok BacaanMembaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama.

Tuliskan kesimpulan yang dapat kalian ambil dari diskusi ini.

Baca Juga  Mencoba Permainan Tradisional Bakiak Kelas 4 Tema 1

Jawaban:

Kesimpulan diskusi tentang ide pokok: Ide pokok adalah ide yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf. Cara menentukan ide pokok paragraf adalah dengan membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, kemudian menentukan inti paragraf tersebut

Kesimpulan

Selesai sudah pembahasan materi kita pada Artikel jawaban bacaan organ gerak manusia dan hewan yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1. Bagaimana, sobat bloggers sekarang sudah paham dengan baik mengenai organ gerak manusia dan hewan? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian. Mintalah bantuan kepada kedua orang tua untuk mengamati secara langsung organ gerak pada manusia dan hewan yang ada di lingkungan sekitar Kalian. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Semoga Bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *