Jawaban Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 37
Jawaban Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 37

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan Kelas 5

Bloggers.id – Hai Sobat bloggers, Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan adalah materi yang terdapat pada pembelajaran 4, subtema 1, tema 1 kelas 5. Materi tersebut adalah materi lanjutan dari materi kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia. Materi tersebut akan kita kupas tuntas kali ini ya Sobat. Sudahkah Sobat bloggers tahu, mengapa gotong royong bisa menjadi modal dasar dalam sebuah pembangunan? Supaya lebih dapat memahami, mari kita simak materinya bersama-sama di bawah ini.

Jawaban Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 37

Ayo Membaca

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.

Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.

Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yakni terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Baca Juga: Jawaban Kondisi Geografis Pulau-Pulau Besar di Indonesia

Baca Juga  Jawaban Bacaan Bekerja Sama dalam Keberagaman Kelas 4

Jawaban Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 38

Ayo Berlatih

Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.

ide pokok pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Jawaban:

Ide pokok paragraf 1: Gotong royong merupakan modal terwujudnya suasana masyarakat yang harmonis.

Ide pokok paragraf 2: Dalam gotong royong tidak ada perbedaan antara yang satu dengan yang lain.

Ide pokok paragraf 3: Prinsip-prinsip dalam gotong royong bisa menjadi modal pembangunan nasional.

Baca juga: Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila

Jawaban Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 39

Ayo Menulis

Berdasarkan ide pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf.

membuat paragraf dari ide pokok

Jawaban:

Paragraf 1

Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa  yang harus terus diterapkan dalam  kehidupan sehari-hari. Musyawarah mufakat hendaknya selalu dipraktikkan untuk membuat keputusan yang menyangkut kepentingan bersama atau orang banyak. Dengan nilai tersebut, dapat terwujud kehidupan masyarakat yang berkeadilan serta guyub rukun.

Paragraf 2

Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara. Kebebasan memeluk agama sudah diatur dalam UUD 1945 pasal 29. Siapapun boleh memiliki agama atau keyakinan sesuai dengan keinginan masing-masing. Tidak boleh ada yang melarang atau menghina kepada seorang pun atas keyakinan yang dimiliki. Setia umat beragama hendaknya bertoleransi dengan umat beragam lain.

Selain pengetahuan dan keterampilan dalam beternak kelinci, ternyata Pak Rudi juga memiliki wawasan yang luas tentang bangsa dan negara. Pak Rudi banyak memberikan pengetahuan kepada Edo berkaitan dengan Pancasila dan kondisi geografis wilayah Indonesia.

Baca juga: Jawaban Bacaan Gerak Ikan dalam Air Kelas 5 Tema 1

Jawaban Gotong Royong Modal Pembangunan Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40

Ayo Renungkan

1. Dengan mengamati peta, kamu telah mengetahui kondisi geografis Indonesia dan kondisi geografis tempat tinggalmu. Apa yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan kondisi geografis lingkungan atau wilayah tempat tinggalmu?

Baca Juga  Jawaban Bacaan Pawai Budaya Kelas 4 Tema 1

Jawaban:

Terdapat beberapa hal yang dapat saya lakukan untuk memanfaatkan kondisi geografis lingkungan atau wilayah tempat tinggalmu. Pertama, tempat tinggal saya banyak terdapat kebun dan sawah. Saya akan belajar menanam sayur seperti jagung, wortel, dan bayam.

2. Gotong royong dan musyawarah merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Masihkah kedua perilaku tersebut diterapkan di wilayah tempat tinggalmu? Sebutkan contohnya!

Jawaban:

Gotong royong dan musyawarah, kedua nilai tersebut masih diterapkan di tempat tinggal saya. Buktinya adalah adanya kegiatan rutin kumpulan RT setiap bulan. Dalam kegiatan tersebut, pengurus RT dan warga masyarakat bermusyawarah tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh warga masyarakat.

Baca Juga: Berkreasi Membuat Gambar Ilustrasi Kelas 5 Tema 1

Kesimpulan

Selesai sudah pembahasan materi kita tentang Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4. Bagaimana, sobat bloggers menarik bukan materi belajar kita kali ini? Supaya Sobat dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih, semoga bermanfaat. [ Bloggers.id ]

Baca Juga: Jawaban Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *