6 Cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis Agar lebih Produktif
6 Cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis Agar lebih Produktif

6 Cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis Agar lebih Produktif

Bloggers.id – Kali ini, bloggers akan membagikan 6 Cara Manajemen Waktu dalam bisnis agar bisnis yang Anda kelola akan lebih produktif lagi. Mungkin saat ini, Anda kebetulan dalam proses memulai bisnis sendiri dirumah. Dan Anda mungkin merasa tidak mempunyai cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan semua hal dalam bisnis Anda. Padahal, bagi Anda yang menjalankan bisnis kecil, setiap menit adalah uang. 

6 Cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis Agar lebih Produktif

Dalam studi yang dilakukan oleh Microsoft, para peneliti menemukan bahwa pekerja hanya menggunakan sekitar 60% dari waktu kerja yang tersedia. Hal ini berarti dari lima hari kerja dalam seminggu, para pekerja menggunakan waktu produktif mereka hanya tiga hari. Nah, apabila hal itu diterapkan itu pada bisnis. Dan jika waktu adalah uang, lalu bagaimana perasaan Anda tentang menghasilkan uang hanya 60% dari waktu yang Anda habiskan di tempat kerja?

Kenyataannya adalah waktu amat mudah untuk disia-siakan. Hal ini akan terjadi ketika Anda tidak memiliki aturan yang ditetapkan sebelumnya tentang bagaimana Anda akan mengatur waktu Anda. Yang akan terjadi adalah waktu itu akan berlalu, bahkan sebelum Anda menyadarinya. Namunjangan khawatir , berikut ini adalah 6 Cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis yang dapat digunakan setiap pemilik bisnis agar Anda dapat memanfaatkan waktu mereka sebaik-baiknya.

Cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis

1# “Abaikan” Ponsel

Strategi manajemen waktu yang satu ini mungkin terdengar aneh dan terlihat sepele. Karena biasanya kebanyakan orang akan memiliki kecenderungan untuk memeriksa ponsel mereka setiap 5-10 menit untuk memeriksa apakah ada pesan masuk. Namun perlu diingat, jika menambahkan semua menit yang diperlukan untuk membuka ponsel dan memeriksa kotak masuk pesan dan kemudian membalas. Masih belum cukup dengan hal itu, Anda akan tertarik membaca berita terbaru, atau sekedar menonton video. Nah, bukankah hal tersebut terlihat seperti pemborosan waktu.

Alih-alih menjadi ‘budak’ ponsel Anda, buatlah batasan waktu Anda sendiri dan sisihkan dua periode dalam sehari untuk memeriksa dan menanggapi semua pesan yang masuk ke Ponsel Anda. Untuk dapat sukses dalam strategi manajemen waktu dengan cara ini, Anda harus serius dan memotivasi diri untuk membiasakan hal baru Ini . Namun ingat, hal ini Anda lakukan agar Anda dapat mencurahkan fokus dan waktu untuk tugas-tugas lainnya yang lebih penting dan mendesak daripada memeriksa pesan dan ponsel Anda.

Dan jika anda khawatir orang-orang akan tersinggung dengan tenggat waktu yang Anda butuhkan untuk merespons pesan mereka, Anda dapat mempersiapkan penjawab otomatis yang memberi tahu orang-orang bahwa Anda memerlukan waktu 10-12 jam untuk merespons.Kami yakin, orang-orang akan mengerti dengan hal tersebut. Bagaimana jika ada yang mendesak? Jika ada keadaan yang mendesak biasanya orang cenderung akan menelpon alih-alih mengirim pesan. Jadi ketika ada kepentingan yang mendesak, Anda pasti akan mengetahuinya.Dan Ini adalah contoh manajemen waktu sederhana yang dapat Anda lakukan dalam bisnis.

Baca Juga  Daftarkan Usaha di Google My Bussines tingkatkan penjualan

Baca Juga: Bagaimana Cara Menganalisis Peluang Usaha di Sekitar?

2# Hindari Multi Tasking

Orang yang dapat mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu adalah orang yang hebat. Namun, dalam Psychonomic Bulletin and Review , para ahli menunjukkan bahwa hanya sekitar 2,5% orang yang mampu melakukan banyak tugas secara efektif  dan masih melakukannya dengan baik di setiap aktivitas. Selain itu, Institute of Psychiatry di University of London menunjukkan bahwa IQ seseorang turun 10 poin ketika mereka terlalu distimulasi oleh email, pesan, dan panggilan telepon. Jadi, apakah Anda masih ingin mengerjakan banyak hal dalam satu waktu setelah mengetahui hal tersebut?

Hindari Multi Tasking cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis

Sedangkan di sisi lain, ahli manajemen waktu memperkirakan bahwa fokus pada satu hal pada satu waktu akan menggandakan produktivitas, hasil kerja, dan kinerja. Sehingga ketika Anda menjalankan bisnis. Fokus pada satu kegiatan dalam satu waktu bisa membuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Jadi mulai sekarang, paksakan diri Anda untuk focus dalam melakukan satu hal pada satu waktu. Gunakan alarm untuk jangka waktu tertentu dan fokuslah pada satu tugas tersebut hingga Anda menyselesaikannya. Pekerjaan yang Anda kerjakan akan lebih produktif, hasil dan kinerja Anda pun akan lebih maksimal.

Baca Juga: 9 Tips Mengelola Bisnis Kecil Dengan Baik

3# Tetapkan Sasaran Langkah demi Langkah

Strategi manajemen waktu yang ketiga adalah menetapkan sasaran atau tujuanDalam menetapkan tujuan adalah satu hal yang penting. Dan tidak disangkal jika mungkin Anda memiliki tujuan lain dalam bisnis Anda. Untuk itu, menetapkan tujuan terperinci di mana Anda menyusun langkah-langkah dan peningkatan akan sangat berguna bagi Anda. Perincian tersebut dapat anda uraikan terlebih dahulu. Ada banyak orang menetapkan tujuan umum dalam bisnis yang dijalani, namun  tidak jarang pula ditemukan orang yang tidak menindaklanjuti tujuannya itu. Contohnya pada saat mereka merencanakan resolusi di Tahun Baru. Ada banyak ide baru dan ide bagus yang di inginkan, namun hal tersebut hanyalah ide atau impian tanpa tahu bagaimana menerapkannya. Oleh karena itu, selain menetapkan berbagai macam tujuan, Anda juga perlu menerapkan langkah-langkah menuju tujuan tersebut sampai dengan tujuan tercapai.

Anda dapat memanfaatkan waktu Anda dengan sebaik-baiknya dalam bisnis Anda. Setiap rangakaian waktu yang Anda miliki  harus terdiri dari juga dari serangkaian tujuan yang memiliki langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh kecilnya adalah jika tujuan Anda dalam seminggu ini mendapatkan lima pelanggan baru, Maka Anda harus memikirkannya dan menuliskan semua langkah yang dapat dan harus Anda ambil untuk mencapainya. Dengan memecah tujuan yang lebih besar menjadi langkah-langkah yang lebih kecil, Anda akan dapat mencapai tujuan Anda dengan lebih efektif. Hal itu dikarenakan Anda tahu persis langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dan Anda akan mengetahui sejauh apa langkah untuk mencapai tujuan tersebut Anda capai. Yang terbaik adalah dengan mengetahui pencapaian Anda sendiri untuk sebuah tujuan akan dapat memotivasi Anda dan memberikan penguatan positif pada diri Anda sendiri. Jadi tunggu apalagi? Buka file Anda, buka tujuan Anda sebelumnya, buatlah langkah-langkahnya dan buatlah check list yang menunjukan sejauh apa pencapaian Anda saat ini.

Baca Juga  Cara Membuka Bisnis Online dari 0 bisa dicoba dirumah

Baca Juga: 4 tips mengelola keuangan dengan baik! Coba Sekarang

4# Atur Ruang Kerja Dan Waktu

Akan sangat sulit untuk bekerja secara efektif dan efisien pada saat segala sesuatu di sekitar Anda kacau balau. Langkah pertama untuk meningkatkan produktivitas adalah membersihkan dan kemudian mengatur ruangan kerja Anda. Anda dapat menyingkirkan semua yang tidak Anda perlukan. Setelah itu rapikan dan organsasikan hal-hal yang Anda perlukan saat bekerja. Contohnya, Anda dapat menggunakan folder file denga kode warna Merah untuk item-item atau pekerjaan yang mendesak dan harus diselesaikan pada hari itu juga. Atau folder lain dengan kode warna kuning untuk pekerjaan yang bisa menunggu hingga besok atau seminggu. Anda juga dapat melakukan hal yang sama pada file di PC atau Laptop Anda dengan menggunakan sistem organisir yang sama.

Selain ruang kerja, Anda juga perlu waktu Anda. Ada banyak alat aplikasi gratis pada ponsel Android atau PC Anda yang dapat Anda gunakan untuk mengorganisir tugas lengkap dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Dan Anda dapat menambahkan perkiraan waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan agar tidak diburu waktu pada saat mendekati deadline. Bukan berarti Anda dapat bersantai ketika pekerjaan tersebut sudah Anda atur jadwalnya, namun lebih kepada kelonggaran waktu yang Anda tetapkan sendiri agar dapat terfokus pada satu pekerjaan dengan lebih efektif dan produktif. Anda dapat mengatur waktu tersebut dan kemudian mengetahui ketika waktunya sudah habis dengan menggunakan Alarm yang ada pada aplikasi. Tidak ada lebih baik dari berpacu dengan waktu untuk seseorang yang memiliki jiwa kompetitif. Cara Manajemen Waktu ini sangat mudah untuk dilakukan, Cobalah hal itu.

Baca Juga: Ide Usaha Rumahan Kreatif Pasca Pandemi Covid 19

5# Menulis Catatan

Cara Manajemen Waktu selanjutnya adalah membuat atau menulis catatat. Catatan tertulis akan membuat Anda lebih berkomitmen pada sebuah rencana atau tujuan yang ingin dicapai. Berbeda dengan ketika Anda hanya memikirkan Rencana dan Tujuan Anda tersebut, itu akan menjadi angan-angan dan dapat hilang seiring waktu berjalan. Dengan menuliskan rencana tindakan yang Anda pikirkan (termasuk detail dan langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut). Buku catatan tersebut akan menjadi “senjata” Anda yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan. Tentu saja tidak semudah itu mencapai tujuan, karena Anda pastinya akan dihadapkan dengan rintangan dan gangguan yang ada. Namun yang perlu diingat adalah Anda memiliki pemahaman dan langkah yang jelas tentang apa yang perlu Anda capai untuk tujuan itu. Anda akan lebih focus pada tujuan yang ada, daripada menyimpang tanpa tujuan yang jelas. Bahkan Anda dapat membuat rencana dan tujuan yang akan dicapai di setiap harinya.

Menulis Catatan Cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis

Beberapa ahli percaya jika seseorang harus membuat daftar harian pada malam sebelumnya. Dengan hal tersebut, Anda akan dapat memulai hari berikutnya dengan persiapan penuh. Hal ini akan sangat berguna untuk Anda, karena Anda tidak akan disibukan dengan membuang-buang waktu untuk memutuskan bagaimana dan apa yang akan Anda lakukan pada hari itu. Sederhananya adalah buatlah jurnal harian Anda sendiri sebagai salah satu strategi manajemen waktu dalam bisnis Anda!

Baca Juga  5 cara menjalankan bisnis online selama masa pandemi

Baca Juga: Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Indonesia

6# Ubah Diri Anda Menjadi Portable

Pernahkah Anda merasakan jika Anda membuang waktu dan berharap bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan saat Anda menunggu klien atau menunggu rapat dimulai? Nah, Daripada membuang-buang waktu yang berharga ini, Anda dapat mengubah diri Anda menjadi portable. Gunakan sumber daya yang ada seperti ponsel atau notebook untuk menyelesaikan  beberapa tugas sembari Anda menunggu. Anda dapat menggunakan smartphone atau laptop Anda  mengerjakan website atau situs Anda, membuat konten untuk kampanye digital marketing bisnis Anda atau hal lain yang lebih produktif. Percayalah, kadang inspirasi datang pada saat Anda menunggu!

Pepatah lama menyebutkan bahwa ” waktu adalah uang ” hal ini didasarkan pada kebenaran yang sepertinya tidak akan pernah berubah. Dan jika Anda menjalankan bisnis sendiri, cara termudah untuk meningkatkan penghasilan Anda adalah dengan memperhatikan strategi manajemen waktu Anda , dan kemudian membuat penyesuaian untuk membantu Anda menggunakannya dengan lebih baik. Demikianlah 6 Cara Manajemen Waktu Dalam Bisnis Agar lebih Produktif.  Jika Anda memiliki saran lain untuk memaksimalkan waktu Anda pada bisnis Anda, sebutkan dalam kolom komentar untuk dapat bloggers update pada artikel ini. Semoga bermanfaat! [ Bloggers.id ]

Baca Juga: Cara Menyusun Bisnis Plan Cafe Sederhana dan contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *