Jawaban Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Terbaru
Jawaban Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Terbaru

Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Tema 5 Subtema 1

Bloggers.id –  Hai sobat bloggers, hari ini kamu akan belajar tentang pahlawan. Tahukan kamu apa yang dimaksud dengan pahlawan? Selain itu, kali ini bloggers juga akan membahas sifat-sifat cahaya kelas 4 tema 5 subtema 1 pembelajaran 1. Jawaban yang hadir pada pembahasan kali ini dapat menjadi acuan sobat semua dalam menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya!

Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Tema 5 Subtema 1

Amati gambar berikut.

sikap pahlawan Kelas 4 Tema 5 Subtema 1

Jawab pertanyaan di bawah ini!

1. Apa yang mereka lakukan?

Jawab : Pada gambar satu terlihat Beni dan kawan-kawannya sedang menjenguk Edo yang sedang sakit.

Pada gambar kedua terlihat dua orang anak yang sedang mengamati lingkungan sekitar.

Dan pada gambar ketiga dapat kita lihat ada Lani yang sedang menolong Siti mengemas barang-barangnya.

2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?

Jawab : ketiga contoh diatas sangat baik karena kita sebagai manusia harus bisa pedli kepada sesama manusia dan lingkungan sekitar kita.

3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?

Jawab : hal baik yang dapat kita contoh adalah sikap peduli terhadap sesama manusia dan peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga: Jawaban Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 6

Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Tema 5 Subtema 1

Bagaimanakah perjuangan para tokoh di masa Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam?

Baca Juga  Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Kelas 2

Bagaimanakah sikap kepahlawanan yang mereka miliki?

Sikap kepahlawanan juga tercermin dari perbuatan beberapa raja di masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Mari kita pelajari lebih lanjut!

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.

peninggalan Raja Purnawarman, Panji Segala Raja

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!

1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!

Jawab : Membangun saluran air diantaranya aliran sungai Gangga dan alur Sungai Cupu sehingga bisa mengalir ke kerajaan dan

Memberantas perompak yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan

2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!

Jawab : Peduli terhadap orang lain, berani

3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman?

Jawab : yang dirasakan oleh rakyat Kerajaan Tarumanegara adalah mereka merasa senang dan kehidupan menjadi aman dan sejahtera

4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?

Jawab : maka mereka akan hidup dengan tidak aman karena banyaknya perompak dan juga tidak sejahtera.

5. Ceritakan kembali secara tertulis isi teks berdasarkan jawaban-jawabanmu.

Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar.

Baca Juga  Beni dan Teman-Teman Bermain Peran Kelas 2

Jawab :

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon dan ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Sehingga kehidupan menjadi aman dan sejahtera.

Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Baca Juga: Jawaban Proses Pembuatan Kain dan Baju Kelas 4 Tema 4

Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.

Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, tetapi juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah menginspirasi bangsa Indonesia.

Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.

Amati gambar di atas! Apa yang ingin kamu ketahui tentang perjuangan mereka?

Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!

Siapakah Mahapatih Gajah Mada?

Berasal dari manakah Raja Balaputradewa?

Apa perjuangan yang dilakukan oleh sultan Hasanudin?

Diskusikan pertanyaan tersebut dengan temanmu untuk mengetahui jawabannya!

Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.

Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang memengaruhi masyarakat atau daerah di tempat kamu tinggal. Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda- benda bersejarah.

Jawab : menyesuaikan dengan daerah tempat tinggal siswa.

Dayu sangat kagum dengan perjuangan Raja Purnawarman. Banyak yang telah dilakukan untuk rakyatnya. Sambil duduk di tepi kolam yang jernih airnya, Dayu masih Raja Purnawarman memikirkan jasa-jasa Raja Purnawarman, terutama pembangunan saluran air. Ia berpikir, pasti saluran tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat saat itu.

Baca Juga  Sultan Agung Sultan Besar Materi Kelas 4

Dayu terus berpikir sambil memandangi wajahnya yang terpantul di kolam. Tahukah kamu mengapa Dayu bisa melihat dirinya di air kolam? hal ini berkaitan dengan sifat-sifat cahaya kelas 4

Air kolam bisa memantulkan cahaya. Kamu akan belajar tentang sifat-sifat cahaya kelas 4 melalui percobaan berikut.

Sifat-Sifat Cahaya

1. Cahaya merambat lurus

Sifat-Sifat Cahaya Cahaya merambat lurusKelas 4

Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan karton-karton dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap karton sehingga setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaannya!

2. Cahaya menembus benda bening

Cahaya menembus benda bening Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Tema 5 Subtema 1

Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

Baca Juga: Pentingnya Budaya Tegur Sapa Kelas 4 Tema 4

3. Cahaya dapat dipantulkan

Cahaya dapat dipantulkan sifat-sifat cahaya

Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul?

4. Cahaya dapat dibiaskan

Cahaya dapat dibiaskan Sifat-Sifat Cahaya Kelas 4 Tema 5 Subtema 1

Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjangnya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

Catat proses percobaan dan peristiwa yang terjadi tersebut dalam lembar laporan berikut.

Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

 Percobaan 1Percobaan 2Percobaan 3Percobaan 4
Nama percobaanCahaya merambat lurusCahaya menembus benda beningCahaya dapat dipantulkanCahaya dapat dibiaskan
Tujuan Percobaan  Untuk membuktikan bahwa cahaya merambat dengan lurusUntuk membuktikan bahwa menembus benda beningUntuk membuktikan bahwa cahaya dapat dipantulkanUntuk membuktikan bahwa cahaya dapat dibiaskan
Alat dan Bahan  Lilin dan tigabuah karton tebal yang sudah dilubangi pada bagian tengahnyaGelas bening dan senterDua buah cermin datar dan senterAir dalam gelas dan pensil
Langkah Kerja  Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan karton-karton dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap karton sehingga setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan apa yang terjadi!  Letakkan benda bening diantara senter dan tembok. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih melalui benda bening tersebut. Perhatikan apa yang terjadi. Ganti benda dengan berwarna gelap lalu arahkan senter kearah tembok melalui benda bening tersebut. Perhatikan apa yang terjadiLetakan cermi dengan berhadapan kemudian arahkan senter ke arah salah satu cermin hingga memantul pada cermin satunya. Atur dengan berbagai posisi kemudian amati apa yang terjadi.Isilah air dalam gelas. Kemudian masukan pensil ke dalam gelas berisi air.
Hasil PengamatanPada saat karton berada pada posisi  dengan tiga lubang sejajar, maka kita dapat melihat nyala lilin. Ketika kita menggeser salah satu dari karton , maka nyala lilin jadi tidak terlihatKetika menggunakan benda bening, cahaya senter dapat mencapai tembok. Ketika kita menggantinya dengan benda gelap cahaya senter tidak dapat mencapai tembok.Pada saat kita mengarahkan cahaya senter ke cermin, maka sinarnya akan memantul dan ketika sinar pantulan itu diarahkan ke cermin lain, sinarnya kembali memantul.Ketika kita mengamati pensil diudara maka pensil itu lurus, namun ketika kita memasukan ke dalam air di dalam gelas, pensil itu nampak bengkok

Kesimpulan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

Kesimpulan yang didapat dari percobaan sifat-sifat cahaya adalah cahaya merambat lurus, cahaya dapat menembus benda bening, cahaya dapat dipantulkan serta cahaya dapat dibiaskan.

Kesimpulan

Demikian tadi pembahasan sifat-sifat cahaya kelas 4 tema 5 subtema 1 pembelajaran 1. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu sobat semua dalam menjawab pertanyan yang ada pada buku siswa. Jawaban-jawaban yang tersaji dapat menjadi acuan sobat semua dan pastinya sobat semua masih bisa mengembangkannya sesuai kondisi daerah tempat tinggal sobat masing-masing. [Bloggers.id]

Baca Juga: Cara Lain Pengolahan Sampah Kelas 4 Tema 4

Pencarian Populer : sifat sifat cahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *